Berapa Total Zona Waktu yang Ada di Dunia? Ini Penjelasannya

Berbeda sesuai lokasinya

Berapa Total Zona Waktu yang Ada di Dunia? Ini Penjelasannya

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Kamu tentu mengetahui kalau di Indonesia sudah terdapat 3 pembagian waktu yang berbeda. Namun saat pergi ke luar negeri, kita perlu menyesuaikan lagi dengan zona waktu negara setempat yang berbeda dengan di Indonesia. 

Kalau di negara kita saja memiliki 3 pembagian waktu, lalu berapa total zona waktu yang ada di dunia? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu membahas lebih lengkap dalam artikel ini. 

Apa itu zona waktu?

Sebelum menjawab berapa total zona waktu yang ada di dunia, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan zona waktu. Zona waktu mengacu pada waktu lokal suatu wilayah atau negara

Adapun perbedaan waktu di seluruh dunia didasarkan pada Coordinated Universal Time (UTC). UTC merupakan waktu standar universal yang dikoordinasikan melalui perjanjian internasional. Maka dari itu, UTC digunakan sebagai  waktu resmi di seluruh dunia. 

Namun, beberapa negara yang mengalami musim panas biasanya menyesuaikan waktu lokalnya dengan memajukan 1 jam. 

Berapa total zona waktu yang ada di dunia?

Totalnya, terdapat 24 zona waktu di seluruh dunia berdasarkan UTC dengan perbedaan waktu satu jam. Sistem tersebut sudah diterapkan secara Internasional dengan menetapkan total perbedaan waktu di seluruh dunia adalah 24 jam. 

Namun, karena terdapat beberapa zona waktu dengan offset sekitar 30 sampai 45 menit saja, maka kini ada lebih dari 24 zona waktu di dunia. Setiap zona waktu yang berlaku itu diukur menggunakan jarak dari titik 0 derajat bujur di Greenwich, London. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here