Acara & Perayaan Tahun Baru Imlek 2023 di Singapura

Daftar Acara, Perayaan, dan Parade Tahun Baru Imlek 2023 di Singapura

Destinasi terbaik untuk rayakan Imlek!

Daftar Acara, Perayaan, dan Parade Tahun Baru Imlek 2023 di Singapura

Perayaan tahun baru Imlek tengah ditunggu-tunggu bagi orang-orang Tiongkok. Pasalnya, Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting bagi etnis Tionghoa di seluruh penjuru dunia. 

Singapura menjadi destinasi yang kerap dikunjungi jelang perayaan Tahun Baru Imlek. Sudah dari jauh-jauh hari pernak-pernik Imlek menghiasi jalanan, hotel, taman ataupun fasilitas umum lainnya di Singapura.

Nggak hanya itu beberapa tempat di Singapura juga sudah menyiapkan acara meriah untuk menyambut Imlek, lho. Tertarik untuk berlibur ke sana pada Imlek tahun ini?

Nah, pada artikel kali ini Popbela mau memberikan daftar acara, perayaan, dan parade Tahun Baru Imlek 2023 yang akan diadakan di Singapura, nih. Untuk itu, simak terus artikel di bawah ini, ya!

1. Pawai Chingay

Daftar Acara, Perayaan, dan Parade Tahun Baru Imlek 2023 di Singapurasingaporetravelhub.com

Lokasi: Gedung F1 Pit, 1 Republic Boulevard, Singapura 038975
Tanggal: 3 & 4 Februari 2023
Harga Tiket: mulai dari S$20

Setelah 2 tahun merayakan Imlek secara daring, kini Pawai Chigay yang terkenal akan kembali diadakan secara langsung, lho,Bela. Tema tahun ini ialah "Rangkullah Hari Esok".

Pawai Chingay adalah acara tahunan yang menampilkan berbagai parade penuh warna. Kemeriahan penuh warna ini akan menampilkan kendaraan hias Chingay yang ikonis bersama 17 kendaraan hias mini yang dibuat bersama komunitas. 

Selain itu, akan ada  pertunjukan dan instalasi seni kontainer gaya jalanan yang dibuat oleh seniman lokal Sam Lo bersama dengan 480 pemuda. Nantinya akan malam panjang ini akan diakhiri dengan pesta kembang api yang meriah. Jangan sampai ketinggalan, segera pesan tiketnya, ya!

2. Perayaan Tahun Baru Imlek Chinatown

Daftar Acara, Perayaan, dan Parade Tahun Baru Imlek 2023 di Singapurachinatownfestivals.sg

Lokasi : berbagai lokasi
Tanggal :1 Januari – 19 Februari 2023
Harga Tiket : gratis

Singapura menjadi salah satu negara yang memiliki populasi etnis Tiongkok terbanyak, nggak heran kalau negara ini punya Chinatown. Chinatown menjadi hidup setiap tahun dengan lampu dan pahatan yang indah. Untuk tahun 2023, perayaan kembali ke jalanan setelah dua tahun dirayakan secara virtual. 

Kamu bisa menyusuri sepanjang jalan New Bridge Road, South Bridge Road, Upper Cross Street, dan Eu Tong Sen Street untuk mengagumi diorama semarak yang menampilkan kelinci berwarna-warni. Setelah itu kamu akan menemukan instalasi setinggi 10 meter yang menampilkan keluarga kelinci lengkap dengan pernak-pernik Imlek.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa ikut dalam pesta hitung mundur yang diadakan di Kreta Ayer Square. Kamu juga bisa sekadar berbelanja dan mengunjungi Festive Fair yang menampilkan 280 kios, serta beragam pertunjukan selama dua akhir pekan di Kreta Ayer Square, Bela.

3. Tahun Baru Imlek di Capitol Singapore

Daftar Acara, Perayaan, dan Parade Tahun Baru Imlek 2023 di Singapuranickblitzz.sg

Lokasi : 13 Stamford Road, Singapore 178905
Tanggal : 6 Januari – 5 Februari 2023
Harga Tiket : gratis

Uji keberuntunganmu dalam acara yang diadakan di Capitol's Outdoor Plaza. Sebuah pohon Kemakmuran Emas berdiri megah dipenuhi dengan emas, siap menganugerahkan pengunjung yang beruntung dengan hadiah uang tunai S$888. 

Kamu juga bisa mampir ke Pekan Raya Musim Semi dan mencicipi berbagai camilan lezat dari pembuat roti lokal, juga akan ada dekorasi pesta, bunga, undian-undian berhadiah, serta keseruan lainnya. 

Jelang malam hari pada tanggal 13 dan 14 Januari, akan ada pertunjukan musik dan seni oleh The Shanghai Swingers dan The Wushu Lab. 

4. (Tu)gether Art Installation

Daftar Acara, Perayaan, dan Parade Tahun Baru Imlek 2023 di Singapurathehoneycombers.com

Lokasi : Singapore Chinese Cultural Centre roof garden, 1 Straits Boulevard, Singapore 018906
Tanggal : 18 Desember 2022 – 31 Maret 2023
Harga Tiket : gratis

Imlek tahun ini dilambangkan dengan hewan kelinci, dan para kelinci ini telah mendarat di taman atap Pusat Kebudayaan Tiongkok Singapura (SCCC) bahkan sejak Desember lalu, lho.

Patung-patung dan instalasi bertema kelinci ini diciptakan oleh seniman Fiona Koh dan Warren Khong dari studio seni dan desain lokal Whiskey dan Foxtrot untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2023. 

Adapun karakter mitologi Tahun Baru Imlek yang dihadirkan di sana adalah Tu Zai (kelinci), Nian Mei, dan Ong Lai (nanas). Pameran seni ini akan berlangsung hingga akhir Maret dari pukul 10.00 – 22.00 setiap hari.

Jika beruntung kamu bahkan bisa menyaksikan pertunjukan cahaya khusus dengan narasi kisah perjalanan pulang Tu Zai untuk merayakan Tahun Baru Imlek bersama keluarga dan teman-temannya.

5. Bunny-ful Blessings

Daftar Acara, Perayaan, dan Parade Tahun Baru Imlek 2023 di Singapuraconfirmgood.com

Lokasi : Sun Yat Sen Nanyang Memorial Hall, 12 Tai Gin Road, Singapore 327874
Tanggal : 29 Desember 2022 – 19 Februari 2023
Harga Tiket : gratis

Balai Peringatan Sun Yat Sen Nanyang juga sudah membuat instalasi karakter kelinci besar di luar ruangan. Instalasi kali ini diciptakan oleh  ilustrator dan desainer Hong Kong Chan Siu Kau.

Dibintangi oleh dua kelinci dalam bentuk boneka daruma. Masing-masing kelinci setinggi 2,5m. Melambangkan berkah, rejeki, keberuntungan, dan kebahagiaan. Kedua kelinci lucu ini akan menyambut pengunjung di halaman depan luar ruangan akan menjadi pemandangan untuk dilihat selama perayaan Tahun Baru Imlek 2023 nantinya.

6. Dahlia Dreams at Gardens oleh the Bay

Daftar Acara, Perayaan, dan Parade Tahun Baru Imlek 2023 di Singapuratrevallog.com

Lokasi : Flower Dome, Gardens by the Bay, 18 Marina Gardens Drive, Singapore 018953
Tanggal : 13 Januari – 26 Februari 2023
Harga Tiket : S$12 – S$28

Perayaan Tahun Baru Imlek di Gardens by The Way selalu menarik perhatian setiap tahunnya dengan pameran di Flower Dome. Kali ini, perkirakan tampilan bertema kelinci untuk menyoroti makhluk zodiak Tiongkok yang paling beruntung.

Temukan patung-patung kecil bertebaran di taman yang dipenuhi dengan bunga dahlia, azalea, krisan, bunga persik, dan masih banyak lagi. Juga temukan lentera dan patung setinggi 1,5 m yang terbuat dari kayu apung. Bintang dari semuanya adalah set lentera Sungai Hongbao setinggi 6m yang menampilkan pohon magnolia dalam bentuk karakter Mandarin untuk 'kelinci'.

Jangan lupa untuk melihat pertunjukan cahaya dan suara Garden Rhapsody edisi Spring Blossoms di Supertree Grove (20 hingga 29 Januari 2023, pukul 19.45 dan 20.45), serta lokakarya kerajinan bertema Imlek di Flower Dome.

7. S.E.A. Aquarium’s Spring in the Sea

Daftar Acara, Perayaan, dan Parade Tahun Baru Imlek 2023 di Singapuramothership.sg

Lokasi : SEA Aquarium, Resorts World Singapore, 8 Sentosa Gateway, Pulau Sentosa, Singapore 098269
Tanggal : 13 Januari – 5 Februari 2023
Harga Tiket : mulai S$30

Rayakan Tahun Kelinci Air bersama 100.000 makhluk laut di akuarium. Kamu akan menemukan delapan hewan keberuntungan termasuk foxface rabbitfish dan mempelajari sifat-sifat mereka di Trail of Fortune. 

Selain itu, akan ada tarian naga bawah air yang menjadi satu-satunya di Singapura kembali setelah tiga tahun absen. Tentunya, kamu juga akan bertemu dengan Ru Yi sang putri duyung yang akan berbagi cerita di sesi Underwater Tales. Dan, bertemu dan menyapa maskot Manta yang mengenakan busana terbaik mereka. 

8. Festival Musim Semi Wan Qing

Daftar Acara, Perayaan, dan Parade Tahun Baru Imlek 2023 di Singapuratickikids.com

Lokasi : Sun Yat Sen Nanyang Memorial Hall, 12 Tai Gin Road, Singapore 327874
Tanggal : 29 Desember 2022 – 19 Februari 2023
Harga Tiket : mulai dari S$10

Jika kamu benar-benar ingin merasakan semangat perayaan, Festival Musim Semi Wan Qing cocok nih untuk kamu sambangi. Di sana akan ada barongsai dan pawai drum yang meriah, wisata kuil, jalur warisan, kegiatan kerajinan tangan, dan banyak lagi.

Supaya nggak ketinggalan, inilah jadwal pertunjukan yang ada di Festival Musim Semi Wan Qing. 

  • Pertunjukan tarian singa dan naga | 22 Januari 2023, pukul 10.00 hingga 11.00
  • Temui Dewa Keberuntungan | 22 Januari 2023, pukul 10.00 hingga 12.00, dan 
  • Open House | 4 – 5 Februari 2023, pukul 10.00 hingga 19.00

9. Bersenang-senang di Universal Studios Singapore

Daftar Acara, Perayaan, dan Parade Tahun Baru Imlek 2023 di Singapuradejiki.com

Lokasi : Sun Yat Sen Nanyang Memorial Hall, 12 Tai Gin Road, Singapore 327874
Tanggal : 13 Januari  – 5 Februari 2023
Harga Tiket : S$73.20

Universal Studios Singapura juga akan mengadakan acara Tahun Baru Imlek yang meriah, lho. Perayaan Tahun Baru Imlek 2023 di Universal Studios Singapura meliputi acara seperti meet and greet yang meriah, acara malam Lo Hei dengan jam buka akhir pekan yang diperpanjang, pohon sakura yang cantik, dan kesempatan untuk menukarkan hadiah.

Demikianlah ke-9 acara & perayaan Tahun Baru Imlek 2023 di Singapura yang bisa kamu ikuti. Semoga daftar di atas dapat membatu kamu memilih destinasi, ya Bela!

Baca Juga: 15 Barang yang Sebaiknya Tidak Dijadikan Hadiah Tahun Baru Imlek

Baca Juga: Penuh Doa, 10 Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek dalam Bahasa Mandarin

Baca Juga: 9 Tradisi Imlek Populer yang Mulai Punah, Termasuk Menyalakan Petasan

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Stop Overwork & Chill di BINTANG Crystal Chill Museuum M Bloc Space

Stop Overwork & Chill di BINTANG Crystal Chill Museuum M Bloc Space

trending

Trending

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Travel

Stop Overwork & Chill di BINTANG Crystal Chill Museuum M Bloc Space

Stop Overwork & Chill di BINTANG Crystal Chill Museuum M Bloc Space