Jika kamu memiliki kesempatan untuk keliling dunia apakah mengunjungi toko buku menjadi salah satu  yang masuk ke dalam daftar rencana perjalanmu, Bela

Nggak ada salahnya membawa kenang-kenangan tertulis dari sebuah negara, sambil sesekali menikmati keindahan dan keunikan yang dimiliki toko buku di negara yang kamu kunjungi sepertinya patut kamu coba deh.

Bagi kamu yang baru terpikirkan akan hal tersebut, tenang kali ini Popbela akan menyuguhkan 13 daftar toko buku paling cantik dan unik yang ada di dunia, sebagai refrensimu nanti. Penasaran? Simak terus artikelnya, ya

1. Boekhandel Dominicanen, Maastricht, Belanda

15 Toko Buku Paling Cantik & Unik yang Ada di Duniaarchilovers.com

Boekhandel Dominicanen, di Kota Maastricht, Belanda atau dikenal sebagai Toko Buku Dominicanen adalah toko buku yang siap membuat kamu tertegun dengan kemegahan dan keindahannya. 

Bagaimana tidak, toko buku ini terletak di sebuah gereja abad ke-13, Gereja Dominika. Gereja bersejarah di Belanda dengan arsitekturnya yang megah bergaya Gotik ini menjadi tujuan impian bagi mereka yang menyukai sejarah dan membaca sekaligus.

https://www.youtube.com/embed/yA41oLA9tvA

Toko ini memiliki rak buku tiga lantai, dinaungi langit-langit berkubah tinggi dengan pilar-pilar yang gagah, lengkap dengan jendela-jendela besar. Begitu masuk, bahkan ada lukisan dinding abad ke-14 yang menggambarkan adegan kehidupan Thomas Aquinas untuk dikagumi.

Sebelum menjadi sebuah toko buku, gereja yang telah berhenti beroperasi sejak abad ke-18 ini sudah banyak beralih fungsi, mulai dari gudang toko sepeda, gereja paroki untuk Sint-Jans Parochie, dan bahkan sebagai percetakan. Hingga akhirnya di tahun 2006 Toko Buku Dominicanen beroperasi. Selain koleksi bukunya, toko ini juga memiliki kedai kopi di sudut yang biasanya digunakan paduan suara gereja.

2. Cărturești Carusel, Bukares, Rumania

15 Toko Buku Paling Cantik & Unik yang Ada di Duniainyourpocket.com

Meskipun relatif baru, dibuka pada tahun 2015, toko buku Cărturești Carusel telah berhasil memikat penduduk lokal dan pengunjung. Tempat yang mempesona ini harus masuk ke dalam daftar perjalananmu jika berkunjung ke Bukares, ibu kota Rumania. 

Terletak di dalam gedung besar, toko buku ini memiliki beberapa balkon yang dirancang yang semuanya menghadap ke foyer tengah yang terbuka lebar. Balkonnya yang melengkung, pagar besi, dan jendela yang melimpah semuanya menciptakan mahakarya Belle Epoque yang membantu mendukung klaim Bukares sebagai "Paris dari Timur". 

https://www.youtube.com/embed/Ah88vKUskwQ

Dibangun pada tahun 1903 sebagai bank, lalu berhenti beroperasi dan disita di tahun 1950, kemudian kembali direbut oleh cucu pemilik bangunan dan kemudian dipugar di tahun 2007 untuk dijadikan toko buku. 

Bangunan tiga lantai ini memiliki kedai teh yang indah dengan deretan tanaman pot di sepanjang pagar kayu yang terletak di lantai paling atas. Cocok untuk kamu yang hanya sekadar ingin memperhatikan keindahan toko buku serta segala macam aktivitas di dalamnya.

3. Livraria Lello, Porto, Portugal

15 Toko Buku Paling Cantik & Unik yang Ada di Duniawhatthefab.com/

Dalam beberapa tahun terakhir, Livraria Lello di Porto telah menjadi sangat populer di kalangan turis. Interior toko buku berusia 100 tahun ini sangat mempesona berkat arsitektur rumit dan kerajinan kayu yang ada di seluruh bagiannya. Pesona toko buku satu ini akan membuatmu rela mengantre lama untuk berkunjung.

Spot yang paling ikonik di toko buku adalah tangga lengkung yang megah di tengah toko yang mengarah ke mezzanine atau skylight besar di langit-langit bangunan ini. Livraria Lello dibangun pada tahun 1906 oleh Lello bersaudara. Pengunjung disuguhi interior Neo-Gothic dan Art Deco, atap kaca patri, dan tangga merah megah yang menakjubkan di tengahnya. 

https://www.youtube.com/embed/Jv6cy2IJLyY

Toko itu bahkan dikatakan telah mengilhami desain Hogwarts dari penulis Harry Potter, JK Rowling. Ini jelas merupakan daya tarik yang perlu ada dalam rencana perjalananmu jika berkunjung ke Porto, Portugal.

4. The Last Bookstore, Los Angeles, Amerika Serikat

15 Toko Buku Paling Cantik & Unik yang Ada di Duniatimeout.com/Jake Giles Netter

The Last Bookstore yang terletak di Los Angeles Amerika Serikat, mungkin menjadi toko buku paling antik dan aneh yang pernah kamu lihat. Jika kebanyakan toko buku yang disajikan di artikel ini memajukan desain interior yang menakjubkan, justru di dalam toko buku yang berdiri dibangunan bekas bank ini memiliki keunikannya tersendiri. 

https://www.youtube.com/embed/3AUdvsb0JC4

The Last Bookstore memiliki bakat kreatif yang membuatnya langsung diingat sejak dibuka pada tahun 2005. Sentuhan ini terlihat dari bagian susunan hardback yang dikategorikan berdasarkan warna, lubang-lubang yang dibuat dari buku-buku tua hingga susunan buku-buku yang dibuat terowongan, menjadikannya sebuah mahakarya yang terletak sebuah di toko boko. 

5. Arc N Book, Seoul, Korea Selatan

15 Toko Buku Paling Cantik & Unik yang Ada di Duniachickadeeapp.com/

Book Tunnel tidak hanya ada dimiliki The Last Bookstore, di Los Angeles, Arc N Book di Korea Selatan juga punya terowongan buku yang sengaja dibuat untuk menarik pengunjung. Di sana kamu akan melihat terowongan yang disusun dari buku-buku terlaris.

Arc N Book adalah toko buku di Korea Selatan yang terkenal dengan tampilan vintage. Dekorasi toko secara keseluruhan sangat Art Deco, dengan pintu masuknya lebih mirip bioskop klasik daripada toko buku. 

Ada bilik telepon merah yang berada tepat di depan kasir. Bilik merah itu berfungsi sebagai mesin pencarian buku. Kamu cukup mengetikkan nama buku yang ingin dibeli di kios dan itu lalu informasi tentang posisi buku tersebut akan segera muncul.

https://www.youtube.com/embed/M7Mak8aBL5o

6. Honesty Bookshop, Hay-on-Wye, Wales

15 Toko Buku Paling Cantik & Unik yang Ada di DuniaWikimedia.com

Orang yang membaca buku pada dasarnya adalah orang yang jujur, bukan? Setidaknya itulah sikap Toko Buku Kejujuran di Hay-on-Wye di Wales, yang menggunakan sistem kejujuran untuk tokonya. Kamu cukup mengambil buku yang diinginkan dan memasukkan uang ke dalam kotak koleksi.

Hay-on-Wye dikenal sebagai kota buku pertama di dunia, dengan lebih dari dua puluh toko buku terdapat di kota tersebut. Hay-on-Wye menjadi tujuan bagi para bibliofil di Inggris, dan rumah dari Festival Hey, festival sastra tahunan yang sudah ada sejak 1988. 

Meskipun memiliki banyak toko buku, Honesty Bookshop tetap menjadi yang paling istimewa, dengan rak-rak buku terbuka di teras taman bawah kastil.

7. Atlantis Books, Santorini, Yunani

15 Toko Buku Paling Cantik & Unik yang Ada di Duniastrongsenseofplace.com

Pulau Santorini di Yunani terkenal dengan rumah-rumah bercat putih ikonik dengan pemandangan perairan sejauh mata memandang. Dari beberapa bangunan putih berdirilah sebuah toko buku yang sekejap menyihir pengunjung yang melintas. Toko Buku Atlantis di Yunani menjadi salah satu toko buku paling mempesona di Eropa. 

Dinding aksen berwarna cerah dan seni dinding buku di toko buku, ditambah dengan dinding putih klasik Cycladic dan sedikit aksen biru, membuat toko buku yang menghadap langsung ke laut Aegea menawan dan berkesan.

Dari jalan, hingga turun ke toko buku-buku memenuhi setiap celah rumah cycladic seperti gua ini, bahkan tumpah ke teras atap. Karena semua turis yang lewat, dan pemiliknya dari Amerika, toko ini menawarkan buku-buku baru dan bekas dalam berbagai bahasa.

8. Libreria Acqua Alta, Venice, Italia

15 Toko Buku Paling Cantik & Unik yang Ada di Duniatheculturemap.com

Toko buku Libreria Acqua Alta yang tersembunyi di antara kanal-kanal distrik Castello menghadapi masalah utama di kota Venice yakni banjir. Itulah mengapa demi menyelamatkan buku-buku dari kerusakan sebuah gondola dan bak-bak mandi diletakan di dalam toko buku tersebut. 

Selain digunakan untuk menampung buku-buku dari kerusakan air, nyatanya dengan adanya gondola dan bak mandi menjadi nilai tambah ya dari toko buku yang satu ini. Unik! 

Libreria Acqua Alta menawarkan kamar-kamar kecil yang penuh dengan berbagai jenis buku. Bagian belakang toko juga menawarkan jalan setapak yang dilapisi di kedua sisinya dengan buku-buku tua yang sudah rusak karena banjir, bahkan bahkan terdapat sebuah tangga darurat tersusun dari puing buku yang rusak mengarah ke teras kecil dengan pemandangan kanal yang bagus.

9. El Ateneo Grand Splendid, Buenos Aires, Argentina

15 Toko Buku Paling Cantik & Unik yang Ada di Duniatheculturetrip.com

Ketika berbicara tentang kemegahan, sulit untuk menemukan toko buku yang lebih megah daripada El Ateneo Grand Splendid di Buenos Aires. Terletak di dalam teater dan bioskop Gran Splendid bekas yang luas. 

Semua detail dari masa lalu toko tetap dipertahankan, mulai dari tirai panggung merah hingga kotak teater dan pencahayaan auditorium khusus. Dibuka pada tahun 2000, El Ateneo Grand Splendid benar-benar menyelamatkan bangunan dari pembongkaran dan menciptakan toko buku yang benar-benar menakjubkan. 

Toko buku yang terletak di Argentina ini memiliki lebih dari 120.000 buku untuk dibaca, kursi yang nyaman untuk diduduki, dan bahkan kafe/bar di atas panggung dengan piano untuk live music.

10. Book and Bed, Tokyo, Jepang

15 Toko Buku Paling Cantik & Unik yang Ada di Duniabooking.com

Kombinasi hotel dan toko buku diadopsi oleh toko buku yang ada di Tokyo, Jepang satu ini. Book and Bed menyatukan dua keinginan orang yang ingin membaca sekaligus bermalam di satu tempat. Konsep yang sangat unik. 

Hostel dengan harga terjangkau ini memiliki kamar untuk 30 pengunjung dan pilihan 1.700 buku dalam bahasa Jepang dan Inggris. Setiap kamar kecil dilengkapi dengan lampu buku sehingga kamu dapat menghabiskan waktu membaca setiap saat. 

15 Toko Buku Paling Cantik & Unik yang Ada di Duniaspace-design.jp/ Toshiyuki Yano

Dekorasi di dalamnya pun cukup unik, ada buku-buku yang digantung di langit-langit, dan pengunjung dipersilakan untuk membaca apapun yang mereka suka, kapanpun mereka mau. 

Book and Bed menyembunyikan tempat tidurnya di balik rak buku, dengan beberapa pengunjung hanya dapat mengaksesnya dengan menaiki tangga. Tenang, selain bilik Book and Bed juga menyediakan sejumlah tempat duduk yang nyaman tersebar di seluruh ruangan.

11. Ler Devagar, Lisboa, Portugal

15 Toko Buku Paling Cantik & Unik yang Ada di Duniaaportugueseaffair.com

Ler Devagar di Lisboa, Portugal bukan hanya toko buku. Ruang yang ditempatinya dulunya adalah toko percetakan, dan sekarang menjadi toko buku dan kafe dengan ruang pameran dan ruang konser sekaligus, lho. 

Dinding yang dipenuhi buku hingga langit-langit, patung sepeda melayang ke pintu depan, dan mesin yang mencetak koran di masa lalu adalah bagian keunikan tempat yang satu ini. Memiliki tangga megah kuno yang indah sering menjadi bintang foto Instagram.

12. Cafebrería El Péndulo, Meksiko, Amerika

15 Toko Buku Paling Cantik & Unik yang Ada di Duniacomejoinmyjourney.com

Nggak ingin hanya membaca dan membeli buku? Sebuah jaringan toko buku paling terkenal di Meksiko membuat sebuah kombinasi menarik dari toko buku, kafe, dan restoran. Membuat kamu enggan untuk berpaling ke tempat lain. 

Ketika kamu mengunjungi El Pendulo, bangunan toko buku ini didominasi kayu dengan tanaman di sekelilingnya. Mengusung konsep atrium dengan balkon-balkon sempit yang langsung menghadap ke ruangan tengah yang megah. Suasana yang nyaman untuk kamu si pecinta buku, kopi, dan alam.

13. Chongqing Zhongshuge, Tiongkok

15 Toko Buku Paling Cantik & Unik yang Ada di Duniaarch2o.com

Terletak di Lantai 3 dan 4 Zodi Plaza, Yang Jianping, Chongqing Zhongshuge menyambut pengunjung dengan fasad kaca sederhana. Begitu masuk, “rak buku berbentuk kap lampu” tersebar di seluruh lobi berwarna cokelat tua itu. Berbeda dari kebanyakan rak buku yang membosankan, toko buku Chongqing Zhongshuge memiliki interior yang rumit namun unik.

15 Toko Buku Paling Cantik & Unik yang Ada di Duniaarchdaily.com

Keunikan terlihat dari banyaknya tangga dan cermin yang merefleksikan bayangan. kaca yang terletak di langit memantulkan bayangan yang ada di bawah, sehingga menampilkan ruangan yang kompleks, sehingga buku-buku tampak seperti melayang di udara. 

Setiap interior toko juga disesuaikan dengan kelompok pembaca. Misalnya, untuk anak-anak. Corak rak buku dan ruangan dibuat ceria penuh warna. Selain itu juga ada kursi-kursi nyaman yang bisa digunakan oleh para pengunjung.

Demikianlah 13 toko buku paling cantik dan unik yang ada di dunia. Wah, seperti seru sekali ya kalau kita bisa mengunjunginya. Dari ke-13 toko buku di atas mana yang menurutmu paling cantik dan unik?

Baca Juga: Deretan Toko Buku Wajib Kunjungi Saat Kamu Sedang Liburan

Baca Juga: Penuh Sejarah! 7 Kota di Portugal Ini Siap Bikin Kamu Terpukau

Baca Juga: Pesona Wisata Fakfak, dari Situs Purbakala Hingga Masjid Tertua Papua