10 Tempat Wisata Di Purwokerto Lengkap dengan Lokasi & HTM

10 Tempat Wisata di Purwokerto Lengkap dengan Lokasi, HTM & Jam Buka

Pencinta alam pasti suka!

10 Tempat Wisata di Purwokerto Lengkap dengan Lokasi, HTM & Jam Buka

Kota Purwokerto di Jawa Tengah dijuluki sebagai kota wisata. Hal tersebut dikarenakan Purwokerto memiliki beberapa tempat wisata alam berskala nasional baik berupa gua, air terjun dan wanawisata (tempat wisata alam buatan).

Wisata Alam Baturaden menjadi salah satu yang paling populer di Purwokerto. Namun, selain Wisata Alam Baturaden, masih banyak pula tempat wisata lainnya di Purwokerto.

Nah, supaya nggak bingung Popbela mau kasih rekomendasinya, nih. Untuk itu, terus simak ulasan di bawah ini, ya!

1. Pendakian Gunung Slamet jalur Baturaden

10 Tempat Wisata di Purwokerto Lengkap dengan Lokasi, HTM & Jam Bukainstagram.com/asstry06_

Lokasi: Dusun III Berubahan, Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

HTM: Rp30.000

Tempat wisata di Purwokerto pertama yang bisa kamu kunjungi ialah Gunung Slamet. Gunung Slamet memiliki tinggi mencapai 3.248 mdpl, menjadikannya sebagai gunung berapi tertinggi di Jawa Tengah dan tertinggi kedua di Pulau Jawa. 

Terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang. Gunung Slamet memiliki 3 jalur pendakian resmi, yakni Bambangan, Guci, Baturaden, atau Dipajaya.

Membutuhkan waktu rata-rata 10 jam untuk bisa mencapai puncak Gunung Slamet, diperlukan pelatihan dan persiapan yang cukup untuk bisa menaklukan puncak Gunung Slamet. Selain dapat menikmati panorama alam kamu juga bisa menyaksikan “negeri di atas awan” di puncaknya. Berani mencoba?

2. Hutan Pinus Limpakuwus

10 Tempat Wisata di Purwokerto Lengkap dengan Lokasi, HTM & Jam Bukainstagram.com/sesarjourney

Lokasi: Jalan Raya Baturaden Timur, Kab. Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB

HTM: Rp15.000 - Rp20.000

Hutan Pinus Limpakuwus menjadi tempat wisata di Purwokerto berikutnya, nih Bela. Sebuah objek wisata hutan pinus di bawah kaki Gunung Slamet. Beragam aktivitas alam bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari berkemah ataupun outbond. 

Tempat wisata Hutan Pinus Limpakuwus menyediakan berbagai wahana permainan, yang juga bisa dimainkan oleh anak-anak. Kamu pun bisa memberi makan adrenalin dengan melompat setinggi 8 meter menggunakan trampoline.

Objek wisata ini juga menyediakan berbagai spot foto yang menyatu dengan alam, seperti jembatan kayu, anjungan-anjungan, serta gubuk kayu. Kamu juga bisa memilih untuk bersantai di atas hammock sambil menikmati keasrian hutan pinus di sana.

3. Pagubugan Melung

10 Tempat Wisata di Purwokerto Lengkap dengan Lokasi, HTM & Jam Bukainstagram.com/mountravaddict

Lokasi: Dusun I, Melung, Kec. Kedungbanteng, Kab. Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari, 07.30 – 16.00 WIB

HTM: Rp10.000 - Rp15.000

Ingin merasakan berenang di tengah pematang sawah? Pagubugan Melung adalah pilihan yang tepat. Sebuah tempat pemandian bersumber langsung dari mata air berpadu dengan persawahan dengan sistem terasering yang bikin adem mata.

Dengan berkunjung ke Pagubugan Melung kamu bisa mencicipi bagaimana kehidupan orang-orang di perdesaan. Selain berenang, Pagubugan Melung juga menyediakan berbagai fasilitas, nih. Mulai dari spot selfie, Camping Ground, Grujugan Bengkok, Jembatan Bamboe Kali Manggis, Gazebo, Warung makan, Outbound Area, hingga musala.

4. Telaga Kumpe

10 Tempat Wisata di Purwokerto Lengkap dengan Lokasi, HTM & Jam Bukainstagram.com/instapurwokerto

Lokasi: Dusun III, Gunung Lurah, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

HTM: Rp5.000

Mendayung sampan di tengah danau bersama teman, saudara atau pasangan dengan suguhan pemandangan alam yang menyejukan hati dan pikiran, siapa yang nggak mau. Kalau kamu ke Purwokerto jangan lupa untuk mengunjungi Telaga Kumpe, ya untuk menikmati sensasinya.

Selain menikmati telaga dengan panorama yang eksotis, kamu juga bisa berkemah di area yang disediakan, lho Bela. Wah, nggak kebayang serunya menggelar tikar di pinggir telaga sambil menikmati teh hangat dan kudapan. Menariknya lagi, telaga ini juga menjadi tempat dari beragam jenis ikan yang bisa kamu pancing.

5. Curug Bayan

10 Tempat Wisata di Purwokerto Lengkap dengan Lokasi, HTM & Jam Bukainstagram.com/djecko_1979

Lokasi: Dusun II Ketenger, Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari, 08.00 - 16.00 WIB

HTM: Rp10.000

Kali ini kita akan berwisata air di Purwokerto, tepatnya di Curug Bayan yang masih berada di kawasan Baturaden. Sebuah air terjun dengan aliran air yang tidak terlalu deras ini siap memanjakan tubuh dan pikiranmu. 

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 7 meter, dengan kolam seluas 200-300 meter di bawahnya. Kedalam kolam berkisar di antara 2-3 meter dengan air yang sangat jernih, sehingga kamu bisa melihat bebatuan di dasar kolam. 

Objek wisata airnya memang buka hanya sampai jam 4 sore saja, tetapi khusus bagi pengunjung yang menginap di villa dapat menikmati objek wisata selama 24 jam, lho.

Villa di sini dibuat dari bahan kayu, yang dibangun bertingkat dengan model panggung. Villa ini memiliki dua tingkat dan berlokasi persis di dekat curug. Harganya pun bervariasi sesuai dengan ukuran villa yang disediakan.

6. Curug Gomblang

10 Tempat Wisata di Purwokerto Lengkap dengan Lokasi, HTM & Jam Bukainstagram.com/hitech.c_

Lokasi: Dusun III, Kalisalak, Kec. Kedungbanteng, Kab. Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari, 07.30 - 17.00 WIB

HTM: Rp10.000

Purwokerto memang dikenal dengan wisata curug, salah satu yang cukup terkenal, yakni Curug Gomblang. Sebuah air terjun eksotis di kaki Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 50 meter dengan kolam utama yang cukup lebar dan tidak dalam.

Aliran air di kolam tidak terlalu deras dan cukup dangkal, sehingga menjadi tempat terbaik untuk berendam. Selain itu, sudah terdapat berbagai fasilitas penunjang seperti toilet dan mushola sejak diresmikan sebagai objek wisata pada tahun 2006 lalu. Pihak pengelola juga menyediakan area camping yang dapat digunakan oleh wisatawan.

Vegetasi yang masih cukup rapat di bawah kaki Gunung Slamet membuat tempat ini memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan. Sejauh mata memandang kamu hanya melihat lebatnya hutan dan indahnya air terjun Curug Gomblang. Wajib disambangi!

7. Menggala Ranch

10 Tempat Wisata di Purwokerto Lengkap dengan Lokasi, HTM & Jam Bukainstagram.com/menggalaranch

Lokasi: Hutan, Tumiyang, Kec. Pekuncen, Kab. Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari, 07.00 - 16.00 WIB

HTM: Rp10.000

Ingin mencoba menjejali kehidupan seorang pengembala? Kamu bisa saja mengunjungi Menggala Ranch untuk merasakan sensasi menjadi pengembala dan peternakan. Suasana di Menggala Ranch juga digadang-gadang mirip dengan Selandia Baru, lho. 

Menggala Ranch merupakan destinasi eduwisata yang berada di daerah sejuk. Letaknya di ketinggian kisaran 700 mdpl dengan suhu rata-rata 17–21 derajat Celcius. Objek wisata ini diapit oleh perbukitan indah, tepatnya di Cipendok yang disebut sebagai New Zealand of Java.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan kegiatan memerah susu kambing, menggembala hewan ternak, hingga memberi makan kepada sapi ataupun kambing yang ada. 

8. The Village Purwokerto

10 Tempat Wisata di Purwokerto Lengkap dengan Lokasi, HTM & Jam Bukainstagram.com/thevillagepurwokerto

Lokasi: Jl. Raya Baturaden No.km 7, Dusun I, Rempoah, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari, 08.00 - 17.00 WIB

HTM: Rp10.000 - Rp25.000

The Village adalah sebuah wisata kota yang menghadirkan taman publik seluas 2.5 hektar di tengah Karesidenan Banyumas. Menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Purwokerto. 

The Village menawarkan kesempatan untuk bertamasya dengan rancangan bangunannya yang memadukan karakteristik Barat dan Nusantara, alam dan kota. Bangunan-bangunan bergaya khas eropa menjadi daya tarik utamanya.

The Village Purwokerto paling pas dikunjungi bersama keluarga, apalagi bagi mereka yang memiliki anak kecil. Karena selain puas bermain, mereka juga bisa belajar melalui aktivitas yang disediakan di sana. Menarik, bukan?

9. Curug Kenesia

10 Tempat Wisata di Purwokerto Lengkap dengan Lokasi, HTM & Jam Bukainstagram.com/dwiprasetya_10

Lokasi: Dusun II Dukuh, Karangmangu, Kec. Baturaden,  Kab. Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari, 07.00 - 17.00 WIB

HTM: Rp10.000 - Rp25.000

Curug Kenesia menjadi tempat wisata di Purwokerto yang wajib dikunjungi. Masih berada di kawasan Baturaden, terdapat sebuah curug dengan aliran air yang jernih berwarna kebiruan.

Tempat wisata ini masih terbilang baru sehingga belum banyak orang yang mengetahuinya. Sangat cocok untuk kamu yang mau merelaksasikan tubuh dan pikiran di tempat yang sepi nan indah ini. 

Berendam dan berenang di curug ini adalah pilihan yang tepat. Kolamnya cukup dangkal dengan aliran yang nggak terlalu deras. Jika nggak ingin basah-basahan duduk di tepi curug juga bisa kamu lakukan, Bela.

10. Desa Kalipangu / Curug Jenggala

10 Tempat Wisata di Purwokerto Lengkap dengan Lokasi, HTM & Jam Bukainstagram.com/djecko_1979

Lokasi:Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari, 07.00 - 17.00 WIB

HTM: Rp10.000

Masih berada di wilayah Baturaden, terdapat curug yang cukup populer. Uniknya, sepanjang jalan menuju ke lokasi kamu sudah disuguhkan dengan pemandangan PLTA Kalipangu yang luar biasa. 

Air terjun yang dinamakan Curug Jenggala terletak di hutan wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur. Kini, Curug Jenggala dikelola oleh pemuda Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Gempita.

Untuk menuju ke lokasi kamu memang harus berjalan sejauh 2 km, tetapi untuk kamu yang nggak kuat berjalan, masyarakat setempat menyiapkan opsi ojek dengan tarif Rp10 ribu per sekali jalan. 

Demikianlah 10 tempat wisata di Purwokerto yang bisa kamu kunjungi. Kebanyakan memang merupakan wisata alam dan itu adalah daya tarik utama Kota Purwokerto.

Nah, dari 10 tempat di atas mana nih yang paling menarik untuk kamu kunjungi?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Garut yang Lagi Hits, Lengkap dengan HTM!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Hits di Magelang, Lengkap dengan Harga Tiket Masuknya

Baca Juga: 10 Kelenteng Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia Saat Imlek

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Stop Overwork & Chill di BINTANG Crystal Chill Museuum M Bloc Space

Stop Overwork & Chill di BINTANG Crystal Chill Museuum M Bloc Space

trending

Trending

7 Aksi Pamer Payudara di Atas Catwalk Terviral

7 Aksi Pamer Payudara di Atas Catwalk Terviral

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Travel

Ada Hutan Menyala, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Malam di Bandung

Ada Hutan Menyala, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Malam di Bandung