Pemandian Air Panas Bandung: Lokasi, Tiket, dan Jam Buka

10 Pemandian Air Panas di Bandung: Lokasi, Tiket, dan Jam Buka

Bikin rileks tubuh dan pikiran, wajib coba!

10 Pemandian Air Panas di Bandung: Lokasi, Tiket, dan Jam Buka

Berada di dataran tinggi membuat Bandung punya udara yang sejuk. Di tengah dinginnya udara Bandung, berkunjung ke pemandian air panas bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuat tubuh dan pikiranmu menjadi lebih rileks.

Bandung juga dikenal punya banyak sumber air panas, sehingga terdapat beberapa lokasi pemandian air panas yang wajib banget kamu kunjungi.  Bagi kamu yang berencana berlibur dan mengunjungi pemandian air panas di Bandung, berikut adalah rekomendasinya! Check this out!

1. Maribaya Natural Hot Spring

10 Pemandian Air Panas di Bandung: Lokasi, Tiket, dan Jam Bukanativeindonesia.com

Maribaya sering dikenal sebagai tempat wisata yang populer di Bandung. Maribaya juga terkenal sebagai salah satu tempat pemandian air panas di Bandung. Sensasi berendam air panas langsung dari sumber mata air alami.

Maribaya Natural Hot Spring sendiri mempunya tiga kategori untuk kolam pemandian air panas, nih Bela. Mulai dari VIP Pool, Private Bathroom, dan Deluxe Pool. Bukan hanya air panas saja, di dalam kolamnya juga terkandung kandungan belerang yang berkhasiat untuk kesehatan kulit. 

Keunggulan tempat ini ialah lokasi pemandian yang berada dekat dengan alam dan di desain secara natural. Untuk VIP Pool sendiri desainnya seperti tempat pemandian air panas yang ada di Jepang dengan bebatuan dan bambu yang menghiasi sekeliling kolam. 

Lokasi: Jl. Maribaya No.105/212, Langensari, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Jam buka: 08.00 – 22.00 WIB

Harga tiket: Weekdays Rp35.000 & Weekend Rp45.000

2. Cipanas Nagrak Parongpong

10 Pemandian Air Panas di Bandung: Lokasi, Tiket, dan Jam Bukadok. internet

Opsi lain pemandian air panas di Bandung selanjutnya adalah pemandian air panas Cipanas Nagrak Parongpong. Salah satu aliran air panas yang mengalir langsung dari Gunung Tangkuban Perahu.

Lokasinya cukup sederhana dan cenderung masih alami karena baru dibuka beberapa tahun ke belakang dan dikelola oleh warga sekitar. Karena masih alami inilah kolam air panasnya memiliki air berwarna kebiru-biruan yang tentunya berasal dari kandungan belerang di dalamnya. 

Pemandangan di lokasi pemandian air panas ini juga cukup memanjakan mata, udaranya sejuk, dan pengunjungnya pun cenderung lebih sepi, sehingga kamu bisa dengan leluasa berendam di dalam kolam.

Lokasi: Jl. Nagrak Kulon, Sukajaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Jam buka: 07.00 – 16.00 WIB

Harga tiket: Rp25.000 (belum termasuk biaya parkir)

3. Carita Alam Hot Spring and Resort

10 Pemandian Air Panas di Bandung: Lokasi, Tiket, dan Jam Bukainstagram.com/caritaalam.official

Melipir ke daerah Pangalengan, terdapat tempat pemandian air panas Carita Alam Hot Spring and Resort. Lokasinya tidak jauh dari Rumah Pengabdi Setan dan baru saja diresmikan Desember 2022 lalu.

Carita Alam Hot Spring and Resort menyediakan 8 kolam air panas sekaligus baik untuk anak, dewasa dan kolam air panas untuk terapi. Tingkat suhu dalam kolam juga beragam, Bela. Sama layaknya pemandian air panas lainnya, kolam pemandian air panas di sana juga mengandung sulfur.

Carita Alam Hot Spring and Resort juga tawarkan pemandangan perkebunan teh yang asri sekaligus landscape gunung Wayang. Untuk menambah pengalaman pengelola menyediakan berbagai fasilitas, seperti wahana bermain di outdoor, camping ground, foodcourt, Restoran and Café, serta penginapan.

Lokasi: Kertamanah, Margamukti, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Jam buka: 07.00 – 22.00 WIB

Harga tiket: Rp30.000 (belum termasuk parkir)

4. Pemandian Air Panas Walini / Rancawalini

10 Pemandian Air Panas di Bandung: Lokasi, Tiket, dan Jam Bukatravelspromo.com

Tempat pemandian air panas di Bandung selanjutnya yaitu terletak di Ciwidey bernama Pemandian Air Panas Walini / Rancawalini. Sebuah kolam mata air panas yang bersumber dari gunung. 

Berada di ketinggian 2399 mdpl yang dikelilingi perkebunan teh menjadi salah satu daya tarik pemandian air panas ini. Kolam renang dibagi menjadi beberapa kategori yaitu kolam 2, kolam keluarga, dan private room yang berisi untuk satu orang pengunjung saja. Harga yang dipatok juga bervariasi, mulai dari Rp10 ribu – Rp150 ribu.

Kolam renang umumnya pun cukup luas dan dilengkapi dengan fasilitas waterboom. Selain itu, pengunjung yang membawa anak juga bisa bermain di taman yang disediakan di dekat kolam renang. 

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey - Patengan, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Jam buka: 07.00 – 16.00 WIB, Jumat tutup

Harga tiket: Rp40.000 (belum termasuk parkir)

5. Gracia SPA & Resort Lembang

10 Pemandian Air Panas di Bandung: Lokasi, Tiket, dan Jam Bukabooking.com

Ingin merasakan sensasi pemandian air panas yang sedikit lebih privat, mungkin kamu harus mencobanya di Gracia SPA & Resort Lembang, deh. 

Terletak di properti luas yang dikelilingi hutan hujan tropis yang rimbun, resor gunung santai ini berjarak 9 km dari Gunung Tangkuban Parahu, dan sumber air panasnya pun langsung dari gunung Tangkuban Perahu.

Fasilitas yang disediakan Gracia Hot Spring adalah 3 kolam utama untuk orang dewasa dan 1 kolam untuk anak-anak, terdapat juga kolam rendam untuk anak-anak. Suhu air pada setiap kolam berbeda-beda, Bela. 

Buka setiap hari selama 24 jam, kamu juga bisa merasakan sensasi berendam air panas dengan suasana malam hari, lho. Desain kolamnya dibuat modern dan mewah. 

Lokasi: Jl. Blok Dawuan, Desa Cikondang, Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Jam buka: 24 jam

Harga tiket: Rp40.000 – Rp75.000

6. Sari Ater Hot Spring Water

10 Pemandian Air Panas di Bandung: Lokasi, Tiket, dan Jam Bukatraveloka.com

Ciater memang dikenal dengan lokasi mata air panasnya. Sari Ater Hot Spring Water menjadi salah satu tempat pemandian air panas yang cukup terkenal di Ciater.

Obyek wisata ini merupakan salah satu objek terpopuler di Indonesia, para wisatawan dapat menikmati sumber mata air panas yang berasal dari kawah aktif gunung Tangkuban Perahu yang terletak tidak jauh dari obyek wisata Sari Ater. Sumber mata air panas tersebut disajikan dalam bentuk kolam dan kamar rendam dengan desain yang unik tersebar di beberapa lokasi.

Terdapat pula air terjun di lokasi tersebut, jadi selain menikmati hangatnya iar kamu juga bisa sekaligus merelaksasi tubuhmu di bawah pancuran air terjun, Bela. 

Lokasi: Jl. Sariater, Ciater, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat 

Jam buka: 08.00 – 22.00 WIB

Harga tiket: Weekdays Rp40.000 & Weekend Rp45.000

7. Kawah Rengganis

10 Pemandian Air Panas di Bandung: Lokasi, Tiket, dan Jam Bukatourbandung.com

Kawah Rengganis juga bisa menjadi salah satu pilihan pemandian air panas di Bandung selanjutnya. Terletak di kawasan Ciwidey Bandung, Kawang Rengganis tawarkan pemandangan kawah yang indah.

Di kawasan tersebut pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas, seperti 3 kolam rendam utama, pipa pancuran air panas, kolam lumpur, dan aliran sungai jernih di sekitar kawah. 

Lokasi: Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB

Harga tiket: Rp20.000

8. Cibolang Hot Spring

10 Pemandian Air Panas di Bandung: Lokasi, Tiket, dan Jam Bukatravelspromo.com

Cibolang Hot Spring juga pemandian air panas di Bandung yang berada di daerah Pangalengan. Sebuah pemandian air panas yang terletak di dataran tinggi pegunungan Bandung Selatan dengan ketinggian 1.000 – 1.400 mdpl dengan luas hampir 2 hektar. 

Pemandian air panas Cibolang sendiri mempunyai 3 kolam utama dengan kedalaman dan  suhu air yang berbeda. Kedalaman kolam mulai dari 30 cm sampai 90 cm dengan suhu tertinggi mencapai 40 derajat celcius untuk kolam dewasa.

Ada pula jenis kolam pemandian air panas yang sangat cocok dan ideal sebagai tempat bersantai dengan berendam, khususnya buat kolam berendam anak. Namun, untuk masuk ke lokasi kolam renang dangkal ini, kamu harus membayar tiket masuk atau tarif retribusi terlebih dahulu sebesar Rp.10.000. 

Lokasi: Wanasuka, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Jam buka: 24 jam

Harga tiket: Rp10.000 (belum termasuk parkir)

Demikianlah ke-8 pemandian air panas di Bandung. Selain dapat meredakan penat, air panas belerang dari ke-8 pemandian di atas juga berkhasiat untuk kesehatan kulit, lho. Apalagi ditambah dengan pemandangan Bandung yang asri.

Dari ke-8 daftar di atas kamu mau pilih pergi ke mana, nih?

Baca Juga: 11 Tempat Makan Enak di Bandung yang Murah dan Terkenal

Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata Alam Hits Bandung untuk Sambut 2023

Baca Juga: 25 Rekomendasi Restoran All You Can Eat Murah di Bandung

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Stop Overwork & Chill di BINTANG Crystal Chill Museuum M Bloc Space

Stop Overwork & Chill di BINTANG Crystal Chill Museuum M Bloc Space

trending

Trending

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Travel

Stop Overwork & Chill di BINTANG Crystal Chill Museuum M Bloc Space

Stop Overwork & Chill di BINTANG Crystal Chill Museuum M Bloc Space