Indonesia memang kaya akan lokasi wisata. Di setiap penjurunya selalu ada beragam lokasi yang bisa kita eksplorasi. Mulai dari kulinernya, budayanya, hingga tempatnya yang memanjakan mata. Salah satu daerah yang bisa kamu eksplorasi dan sayang untuk dilewatkan adalah Kota Surabaya.

Kota yang pernah mendapatkan predikat Online Popular City di ajang penghargaan Guangzhou International Award 2018 ini memiliki banyak lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Di mana saja? Simak yuk!

1. Hutan Bambu Keputih

Belum Pernah ke Surabaya? 8 Destinasi Wisata Ini Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/setapakkecil

Siapa sangka hutan bambu di Surabaya ini mirip dengan hutan bambu Sagano di Jepang. Tepatnya berada di Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya. Wisata satu ini wajib kamu kunjungi karena tidak dikenakan biaya tiket masuk. Namun, bagi pengunjung yang membawa kendaraan baik motor ataupun mobil akan dikenakan biaya parkir. Di kelilingi oleh pohon bambu yang rindang dengan nuansa yang asri, kamu bisa memanfaatkannya untuk foto prewedding lho!

2. Klenteng Sanggar Agung

Belum Pernah ke Surabaya? 8 Destinasi Wisata Ini Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/exploresurabaya

Klenteng Sanggar Agung atau Klenteng Hong San Tang adalah sebuah klenteng di Kota Surabaya yang terletak di Jl. Sukolilo No. 100. Klenteng ini juga terletak di dekat pantai Ria Kenjeran dan dibangun pada tahun 1999 dengan arsitektur yang menarik. Bagian dalam Klenteng Sanggar Agung adalah lokasi yang paling indah. Selain itu, klenteng ini juga memiliki beberapa patung yang salah satunya memiliki tinggi 20 meter, yaitu patung Kwan Im. Kamu bisa mengunjungi tempat ini untuk berfoto dan juga mempelajari sejarah serta kebudayaan yang ada.

3. De Mata Trick Eye Museum

Belum Pernah ke Surabaya? 8 Destinasi Wisata Ini Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/rika_nursanti

Museum yang satu ini unik banget karena menawarkan kurang lebih 100 lukisan 3D. Berlokasi di Surabaya Town Square Lt. 1, kamu bebas berfoto dengan membayar tiket masuk seharga Rp35rb saja. De Mata Trick Eye Museum memiliki beberapa tema yang menarik, mulai dari fantasi, public figure, adventure dan pemandangan. Dijamin deh foto-foto kamu tampak nyata, Bela!

4. Hotel Majapahit

Belum Pernah ke Surabaya? 8 Destinasi Wisata Ini Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/exploresurabaya

Surabaya menjadi salah satu kota yang bersejarah di zaman sebelum kemerdekaan Indonesia. Di Ibukota Jawa Timur ini terdapat pula beberapa gedung bersejarah yang masih bertahan hingga kini, salah satunya Hotel Majapahit. Hotel Majapahit menjadi salah satu saksi sejarah yang tidak akan terlupakan sampai saat ini, yakni peristiwa perobekan bendera Belanda. Peristiwa tersebut terjadi di Hotel Yamato atau sekarang yang lebih dikenal dengan Hotel Majapahit. Bagi pecinta sejarah, hotel ini merupakan salah satu bangunan yang wajib masuk ke list destinasi wisata kamu. Selain mengetahui sejarah, kamu juga bisa berfoto dengan suasana zaman kolonial.

5. Food Junction Pakuwon

Belum Pernah ke Surabaya? 8 Destinasi Wisata Ini Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/athomesurabaya

Bukan liburan namanya kalau nggak mencoba kuliner khas Surabaya. Ya, bagi kamu pencinta kuliner, kamu bisa mengunjungi Food Junction yang terletak di Jl. Grand Banjar Boulevard, Tandes, Banjar Sugihan. Tidak hanya menyajikan makanan, Food Junction juga memiliki taman, fasilitas bermain anak dan spot foto yang instagramable. Selain berfoto, kamu juga bisa naik wahana kereta kelinci, bumper boat, dan sepeda air. Untuk melihat lampu hias warna-warni yang indah, sebaiknya kamu datang pada malam hari ya, Bela.

6. Pantai Kenjeran

Belum Pernah ke Surabaya? 8 Destinasi Wisata Ini Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/exploresurabaya

Pantai favorit warga Surabaya ini berlokasi tidak jauh dari pusat kota, yakni hanya sekitar 9 km. Pantai Kenjeran terbagi menjadi dua lokasi yaitu Pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru. Kamu bisa memancing ikan, naik perahu keliling pantai dan mengunjungi tempat wisata yang ada di sekitar pantai. Dengan naik perahu kamu bisa melihat Jembatan Suramadu lebih dekat dan berkunjung ke Pulau Pasir yang memiliki pasir bewarna putih.

7. Surabaya North Quay

Belum Pernah ke Surabaya? 8 Destinasi Wisata Ini Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/exploresurabaya

Surabaya North Quay berlokasi di Terminal Gapura Surya Nusantara Lt.3, Pelabuhan Tanjung Perak. Surabaya North Quay dijadikan lokasi untuk bersandar kapal mewah dengan tujuan pelayaran internasional. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah di sepanjang Pelabuhan Tanjung Perak. Di Surabaya North Quay menyediakan beberapa hiburan, seperti live music, atraksi seni, pameran produk komunitas lokal dan pasar kuliner. 

8. Pasar Turi Surabaya

Belum Pernah ke Surabaya? 8 Destinasi Wisata Ini Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/exploresurabaya

Pasar fenomenal yang ada di Surabaya ini sangat unik. Pasar Turi sudah ada sejak zaman kolonial dan masih ramai hingga saat ini. Pasar Turi dibagi menjadi dua yaitu Pasar Turi Lama dan Pasar Turi Baru yang sama-sama memiliki tiga lantai. Pasar ini menjual barang-barang kebutuhan yang lengkap dan murah. Kamu juga bisa mencicipi jajanan kuliner yang ada di lantai dasar. Pasar Turi menjadi pusat grosir terbesar di Indonesia Timur. Kalau ke Surabaya, jangan lupa mampir ya, Bela.

Baca Juga: Inilah 7 Wisata Instagramable yang Lagi Hits di Yogyakarta