Kawasan Dataran Tinggi Dieng mendadak ramai dibicarakan di media sosial. Ternyata, hal ini lantaran viralnya kemunculan fenomena kristal embun es atau embun upas di sana. Hal ini kemudian membuat tagar #Dieng di Twitter viral dibicarakan hingga lebih dari 13 ribu tweet, lho! 

Kawasan Dieng yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah ini, memang sudah lama menjadi primadona destinasi wisata berkat keindahan alamnya. Salah satu yang diburu di sana antara lain menunggu terbitnya matahari di balik selimut kabut dan awan.

Saat berkunjung ke sana, kamu juga bisa mampir ke 7 destinasi wisata alam yang cantik di sekitar Dieng ini, lho! 

Penasaran ada apa saja? Simak 7 destinasi wisata alam tercantik di sekitar Dieng yang sayang jika kamu lewatkan di bawah ini, yuk! 
 

1. Candi Arjuna

Sedang Viral, Ini 7 Destinasi Wisata Alam Tercantik di DiengTanahnusantara.com

Kalau kamu suka berwisata sejarah, maka kamu harus datang ke Candi Arjuna saat berada di sekitar Dieng. Candi Arjuna sendiri adalah sebuah kompleks peninggalan kerajaan Mataram yang berada di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara. 

2. Kawah Sikidang

Sedang Viral, Ini 7 Destinasi Wisata Alam Tercantik di DiengDok. Internet

Bergeser sedikit dari kawasan Candi Arjuna, kamu bisa menemui sebuah kawah eksotis yakni Kawah Sikidang. Kawah yang terbentuk dari aktivitas gunung berapi Dieng ini ternyata punya kisah unik yang sudah populer di kalangan traveler, lho! 

Ya, kabarnya, lokasi Kawah Sikidang ini seringkali berpindah-pindah. Dulunya, titik kawah ini berada di dekat pintu masuk, namun sampai saat ini titik kawah seringkali berpindah. Karena itulah, kawah ini kemudian diberi nama Sikidang, yang artinya kidang atau kijang.  
 

3. Savana Pangonan

Sedang Viral, Ini 7 Destinasi Wisata Alam Tercantik di DiengDok. Internet

Kalau kamu mau ke wisata alam sekitar Dieng yang masih sepi pengunjung, maka Savana Pangonan adalah salah satu pilihannya. Ya, Savana ini memang destinasi wisata alam baru di Dieng dan belum banyak diketahui wisatawan. Letaknya berada di Dieng Kulon, Dusun Karangsari, Batur, Banjarnegara. 

4. Telaga Pengilon

Sedang Viral, Ini 7 Destinasi Wisata Alam Tercantik di DiengDok. Internet

Selain terkenal akan wisata pegunungannya, Dieng juga ternyata punya berbagai telaga yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya Telaga Pengilon. Telaga ini terletak di Dieng Wetan, Kejajar, Wonosobo. Pengilon sendiri memiliki arti yakni tempat berkaca atau kaca. Nama itu ternyata cocok untuk penampakan air di Telaga Pengilon yang banyak disebut sebening kaca. Coba ke sini, yuk! 
 

5. Telaga Warna

Sedang Viral, Ini 7 Destinasi Wisata Alam Tercantik di DiengHistori.id

Punya tiket masuk yang sepaket dengan wisata Telaga Pengilon, kamu juga bisa langsung menuju Telaga warna. Tahu nggak, kalau nama Telaga Warna ternyata diberikan karena fenomena unik yang terjadi di telaga ini. 

Di Telaga Warna, kamu bisa menjumpai air di dengan warna yang sering berubah-ubah. Mulai dari hijau, kuning, bahkan berwarna-warni seperti pelangi. Ternyata, tingginya kadar sulfur di telaga ini yang terpantulkan oleh sinar mataharilah yang membuat airnya nampak berwarna-warni. 

6. Gunung Prau

Sedang Viral, Ini 7 Destinasi Wisata Alam Tercantik di DiengBloggeriner.blogspot.com/

Gunung Prau, nama gunung yang satu ini nampaknya sudah tak asing untuk para pencinta wisata pegunungan. Gunung Prau adalah tapal batas antara tiga kabupaten, yakni Kabupaten Batang, Kendal, dan Wonosobo. Gunung Prau adalah puncak tertinggi di Dataran Tinggi Dieng. Di bagian puncaknya, kamu bisa menemui bukit-bukit kecil dan sabana luas yang mempesona. 

7. Bukit Sikunir

Sedang Viral, Ini 7 Destinasi Wisata Alam Tercantik di DiengPegipegi.com

Nah, kalau yang satu ini terkenal akan pemandangan golden sunrise-nya. Puncak Bukit Sikunir memang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara untuk menikamti pemandangan golden sunrise di sana yang super cantik! 

Ada tips, nih! Kalau kamu mau ikut menikmati keindahan golden sunrise di Bukit Sikunir saat sedang cantik-cantiknya, maka datanglah saat musim kemarau, ya! 

Selamat berwisata ke Dieng, Bela! 

Baca Juga: Bikin Adem Hati, Ini 9 Rekomendasi Wisata Religi di Banten

Baca Juga: Legenda dan Mitos Pantai Parangtritis yang Penuh Misteri

Baca Juga: Hal Penting yang Harus Kamu Ingat Untukmu Pendaki Gunung Pemula