Di antara nama-nama Disney princesses, Mulan merupakan satu-satunya karakter yang mewakili kultur Asia. Tidak aneh, penduduk Asia, termasuk Indonesia, sangat antusias dalam menyambut rilisnya film Mulan (2020) yang menonjolkan legenda Tiongkok.

Legenda tersebut dapat kamu saksikan lewat jalan cerita yang bernuansa tradisional serta seni bela diri Tiongkok yang menakjubkan. Menariknya, adegan-adegan live action tersebut dipertontonkan di tempat-tempat outdoor dengan pemandangan spektakuler.

Untuk ikut menyaksikannya, Popbela sengaja merangkum setidaknya 5 lokasi pembuatan film Mulan yang mampu membuat kedua matamu terpesona. Let's start the journey, then!

1. Kota Xi'ian di Provinsi Shaanxi

Takjub! Yuk, Intip Keindahan 5 Lokasi Syuting Film Mulanzafigo.com

Dalam rangka merepresentasikan kultur Tiongkok, kota Xi'ian sengaja dipilih sebagai lokasi pembuatan film Mulan. Pasalnya, kota yang terdiri dari 13 dinasti kekaisaran ini dikenal sebagai tempat kelahiran peradaban Tiongkok sebagaimana dilansir dari China Highlights

Hal tersebut terlihat dari deretan bangunan-bangunan kuno yang berdiri dan dilestarikan dengan sempurna di kota tersebut. Khusus pada Mulan, bangunan-bangunan inilah yang dipertontonkan sebagai latar yang menonjolkan legenda Tiongkok.

2. Zhangye National Geopark

Takjub! Yuk, Intip Keindahan 5 Lokasi Syuting Film Mulanearth.com

Dalam rangka menonjolkan pemandangan ikonik berupa perbukitan, Zhangye National Geopark terpilih menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk film Mulan. Apalagi, perbukitan yang ditawarkan menonjolkan fenomena unik dengan warna-warna menyerupai pelangi.

Tahukah kamu? Berdasarkan legenda Tiongkok, warna-warni di sepanjang perbukitan ini merupakan ukiran yang membentuk binatang dan makhluk mitos setempat. Namun, teori ilmiah tentu menyebutnya sebagai fenomena geologi yang spektakuler.

3. Lembah Ahuriri

Takjub! Yuk, Intip Keindahan 5 Lokasi Syuting Film MulanFlickr.com/shellie

Tidak hanya Tiongkok saja yang dipertontonkan sebagai lokasi pembuatan film Mulan. Nyatanya, Lembah Ahuriri yang terletak di Selandia Baru turut dipertontonkan sebagai salah satu lokasi terbaik. Pasalnya, lembah ini memiliki sejumlah lahan basah yang beragam.

Salah satunya terdapat kolam oxbow yang mengukir bentuk tapal kuda secara alami. Dengan bentuk yang unik tersebut, kolam ini mampu membuat aliran sungai Ahuriri berubah arah. Inilah fenomena alam yang ditonjolkan secara ajaib.

4. Tebing Omarama

Takjub! Yuk, Intip Keindahan 5 Lokasi Syuting Film Mulanwaitakinz.com

Masih berdiam di area Selandia Baru, lokasi sekitar Ahuriri nyatanya ikut menjadi lokasi pengambilan gambar film. Tepatnya, Tebing Omarama yang berderet di sepanjang pinggir Sungai Ahuriri dengan semak belukar yang menutup bagian bawah tebing.

Meski begitu, kehadiran semak belukar tidak merusak pemandangan. Bagaimana tidak! Terpampang jelas pemandangan langit primadona yang indah ketika cuaca cerah. Kondisi inilah yang pastinya dimanfaatkan untuk proses pembuatan film Mulan.

5. Poolburn

Takjub! Yuk, Intip Keindahan 5 Lokasi Syuting Film Mulantikitouringnz.blogspot.com

Keindahan Selandia Baru menawarkan beragam pilihan lokasi shooting yang turut meliputi sebuah desa bernama Desa Poolburn. Desa ini terletak tepat di Central Otago dengan ikon Bendungan Poolburn yang berdiri sejak tahun 1931.

Menariknya, Desa Poolburn nyatanya tidak asing lagi dengan proses pembuatan film. Selain Mulan, film triologi Lord of the Rings pernah menjadikan desa ini sebagai latar tempat pengambilan gambar. Tidak aneh, the place is indeed beautiful!

Dari "perjalanan" ke lokasi syuting Mulan barusan, kamu langsung bermimpi traveling ke lokasi yang mana, nih?

Baca Juga: Bisa Dikunjungi, Ini 9 Lokasi Syuting Film Harry Potter yang Memukau

Baca Juga: Bikin Penasaran, Ini Foto-Foto Bocoran dari Lokasi Syuting Film Batman

Baca Juga: Menelusuri 5 Lokasi Syuting Drama Terbaru Lee Min Ho