Sebuah karya film atau drama pasti membawa nilai-nilai budaya dari masyarakat tempat di mana karya film atau drama itu diproduksi, tak terkecuali film atau drama Korea. Dengan menonton drama dan film Korea, kita bisa mengetahui bagaimana budaya masyarakat Korea dalam kesehariannya.

Salah satu kebiasaan masyarakat Korea yang sering kita lihat di drama atau film Korea adalah kegiatan belanja, makan, minum, dan nongkrong di sebuah minimarket. Sama halnya dengan di Indonesia, minimarket di Korea Selatan juga sangat mudah ditemukan di berbagai tempat.

Terdapat sekitar 40.000 minimarket tersebar di seluruh Korea Selatan. Beberapa minimarket yang populer dan mudah ditemukan disana seperti GS25, Emart24, Ministop, CU dan 7-Eleven.

Minimarket di Korea Selatan telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakatnya sehari-hari. Selain itu, minimarket di Korea Selatan juga memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dengan minimarket di negara lain. Berikut fakta-fakta unik mengenai minimarket Korea Selatan.

1. Buka 24 jam nonstop

Sering Muncul di KDrama, Ini 6 Fakta Unik Minimarket Koreakoreabizwire.com

Minimarket di Korea Selatan benar-benar memudahkan masyarakat konsumennya. Dengan jam buka 24 jam nonstop, masyarakat dan juga turis dapat membeli beragam makanan, minuman, dan keperluan lain dengan mudah dan efisien.

Hal ini utamanya bagi para pelajar dan pekerja yang cenderung tidak memiliki banyak waktu luang. Ketika sedang sibuk atau sedang terburu-buru, makan dengan cepat di minimarket dapat menjadi solusi utama yang bisa dilakukan. Salah satu makanan yang bisa menjadi pilihan yakni doshirak (set kotak makan siang).

2. Jadi salah satu tempat nongkrong populer

Sering Muncul di KDrama, Ini 6 Fakta Unik Minimarket Koreadramabeans.com

Minimarket di Korea Selatan menjadi salah satu tempat nongkrong yang populer. Selain karena beragamnya varian makanan dan minuman yang dijual, disediakannya meja dan kursi di dalam dan di luar area minimarket menjadikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Dengan hanya membeli minuman, kita dapat menikmati udara segar sambil melihat matahari terbenam di luar area minimarket atau menghangatkan tubuh ketika musim dingin di dalam minimarket. Minimarket di Korea Selatan dapat menjadi pilihan tempat terbaik saat siang atau pun malam hari, tak kalah dengan tempat nongkrong populer lainnya.

3. Terdapat microwave untuk memasak mie instan

Sering Muncul di KDrama, Ini 6 Fakta Unik Minimarket Koreakoreaboo.com

Menjual berbagai macam makanan yang siap untuk dimakan, minimarket di Korea Selatan dilengkapi dengan adanya microwave untuk memasak ramyeon (mie instan) dan memanaskan beberapa makanan siap makan lainnya.

Dengan demikian, para konsumen tak perlu pulang ke rumah terlebih dahulu untuk dapat segera mengisi perut yang sedang lapar. Beberapa jenis makanan selain ramyeon yang dapat dibeli di minimarket ini seperti doshirak (set kotak makan siang), nasi instan, dan juga kari instan.

4. Menyediakan mesin untuk membuat kopi

Sering Muncul di KDrama, Ini 6 Fakta Unik Minimarket Koreakoreaboo.com

Selain microwave, minimarket di Korea Selatan juga menyediakan dispenser dan mesin kopi. Hal tersebut memungkinkan para konsumen untuk membeli minuman sachet dan membuatnya langsung di minimarket tersebut. Orang-orang Korea sendiri sangat suka dengan minuman sachet.

Dengan harga kurang dari Rp14 ribu, para konsumen dapat menikmati cokelat dan kopi panas hanya dalam hitungan menit saat musim dingin. Selain minuman panas, konsumen juga dapat membuat es kopi dengan segelas es yang dapat dibeli langsung di minimarket tersebut. Beberapa minimarket hanya menjual esnya saja, namun para pegawai minimarket akan tetap memberikan gelas kepada konsumen untuk membuat es kopi.

5. Punya layanan isi daya baterai ponsel dan isi ulang kartu transportasi publik

Sering Muncul di KDrama, Ini 6 Fakta Unik Minimarket KoreaUnsplash.com/Rawpixel

Fasilitas lain yang unik dari minimarket di Korea Selatan yakni adanya layanan isi daya baterai ponsel. Beberapa minimarket di Korea Selatan telah memiliki layanan ini sehingga konsumen dapat belanja dan nongkrong sambil mengisi daya baterai ponselnya.

Selain itu, beberapa minimarket juga memiliki layanan isi ulang kartu transportasi pubik T-money dan Cashbee. T-money dan Cashbee sendiri merupakan kartu yang dapat digunakan untuk menaiki transportasi publik yang ada di Korea Selatan seperti bus dan juga subway.

6. Punya layanan penyimpanan paket

Sering Muncul di KDrama, Ini 6 Fakta Unik Minimarket Koreaseoulistic.com

Salah satu franchise minimarket Korea Selatan, CU, memiliki layanan penyimpanan paket. Konsumen dapat menyimpan paket di lokasi minimarket yang dekat dengan lingkungannya. Para konsumen hanya perlu menuliskan alamat minimarket CU yang dikehendaki sebagai alamat pengiriman paket.

Setelahnya, ketika paket itu sudah sampai di minimarket CU tersebut, paket akan disimpan di loker penyimpanan yang ada disana dan konsumen terkait akan mendapatkan pesan berupa kode sandi untuk loker tempat paketnya disimpan.

Dengan begitu, tidak akan ada lagi cerita paket belum sampai lantaran tidak ada orang di rumah yang dapat menerimanya. 

Dengan enam keunikan fasilitas yang lengkap dan penuh manfaat tersebut benar-benar menjadikan minimarket sebagai tempat nyaman bagi masyarakat Korea Selatan.

Tak heran jika minimarket itu sendiri tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Korea seperti halnya yang biasa kita lihat di drama atau film Korea. Kalau kalian pengin nongkrong di sana juga nggak?

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Sering Muncul di KDrama, Ini 6 Fakta Unik Minimarket Korea"

Baca Juga: Bukan Warga Asli, 8 Idol KPop Ini Justru Paling Jago Bahasa Koreanya