Mendengar kata Nusa Tenggara Barat, pasti hal yang pertama kali terlintas di pikiran Bela adalah Pulau Lombok dan pulau lainnya yang memukau. Nyatanya, nggak cuma pulau, NTB juga memiliki keunikan budaya yang beragam. Banyaknya bangun tradisonal berupa rumah adat merupakan salah satu bukti dari keunikan ragam budaya tersebut. Seperti rumah adat di daerah lainnya, rumah adat di NTB juga mengandung makna dan filosofinya sendiri. Rumah adat ini juga bisa Bela jadikan sebagai alternatif tempat wisata, lho. Daripada penasaran, langsung aja simak 5 rumah adat NTB yang sudah Popbela rangkum di bawah ini, yuk!

1. Rumah Adat Dalam Loka

Unik dan Menarik, Ini Dia 5 Rumah Adat Nusa Tenggara BaratId.pinterest.com/Rumah Adat Indonesia

Nama rumah adat ini berasal dari bahasa Sumbawa, yang berarti istana dunia. Penggunaan nama ini dikarenakan pada zaman kesultanan Sumbawa dulu, tempat ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan juga tempat tinggal para raja. Keunikan rumah adat ini juga terlihat dari tiang yang menyokongnya, yang memiliki jumlah sama dengan Asmaul Husnah, yaitu 99. Kuatnya ajaran agama islam pada masyarakat NTB, membuat aspek budaya pun ikut terpengaruh dengan syariat-syariat Islam.

2. Rumah Adat Bale Bonder

Unik dan Menarik, Ini Dia 5 Rumah Adat Nusa Tenggara BaratArsitur.com/Arsitur

Jika Dalam Loka digunakan sebagai tempat tinggal raja dan pusat pemerintahan, maka Bale Bonder digunakan sebagai hunian untuk para pejabat desa atau dusun. Berbentuk bujur sangkar dengan topangan 9-18 tiang, tempat ini juga menjadi pengadilan untuk kasus yang berhubungan dengan hukum adat, lho. Untuk desainnya, rumah adat ini menggunakan anyaman bambu sebagai dindingnya dan juga penutup berbentuk kopyah hitam sebagai atapnya.

3. Rumah Adat Berugaq Sekepat

Unik dan Menarik, Ini Dia 5 Rumah Adat Nusa Tenggara BaratArsitur.com/Arsitur

Tradisi masyarakat Sasak yang tidak mau menerima sembarang orang masuk ke dalam rumah adalah alasan mengapa Balai Bengong, nama lain dari Berugaq Sekepat, ini hadir. Digunakan sebagai tempat untuk menerima tamu atau orang asing, tempat yang serupa dengan saung ini juga dipakai sebagai tempat untuk meminang kekasih, lho. Ada empat tiang yang digunakan untuk menopang rumah adat yang tidak memiliki dinding ini. Berjarak 40-50 cm dari tanah, lantai rumah terbuat dari bilah bambu yang dianyam menggunakan tali pintai.

4. Rumah Adat Bale Lumbung

Unik dan Menarik, Ini Dia 5 Rumah Adat Nusa Tenggara BaratArifperfecto.blogspot.com/Arif

Nggak cuma bentuknya yang unik, yaitu runcing di atas dan lebar di bagian bawah, rumah adat ini memiliki fungsi yang penting. Berfungsi sebagai gudang penyimpan hasil panen padi, konsep rumah adat ini mengusung konsep rumah panggung. Tujuan dari konsep ini ialah agar hasil panen tidak mudah rusak karena banjir ataupun rusak karena hama tikus. Pada bagian atapnya, rumah ini menggunakan jerami atau alang-alang dan juga anyaman bambu pada bagian dindingnya.

5. Rumah Adat Bale Jajar

Unik dan Menarik, Ini Dia 5 Rumah Adat Nusa Tenggara BaratArsitur.com/Arsitur

Rumah adat yang ini merupakan tempat tinggal masyarakat suku Sasak dengan ekonomi menengah ke atas. Di bagian dalamnya, terdapat dua bagian utama, yaitu dalem bale yang berjumlah dua dan juga satu sesangkong. Sesangkong sendiri, merupakan serambi yang berfungsi sebagai tempat menyimpan bahan makanan dan juga keperluan rumah tangga. Seperti kebanyakan rumah adat NTB lainnya, Bale Jajar juga menggunakan jerami untuk atap dan anyaman bambu untuk bagian dinding.

Baca Juga: Dapat Bertahan Hingga 200 Tahun, Ini 5 Keunikan Rumah Adat Aceh