Mau ke Luar Negeri? Ketahui Dulu Money Changer Sebelum Tukar Mata Uang

Perhatikan kurs mata asing yang terpercaya

Mau ke Luar Negeri? Ketahui Dulu Money Changer Sebelum Tukar Mata Uang

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Istilah money changer sepertinya sudah tidak asing di telinga orang, terlebih bagi mereka yang sering berpergian ke luar negeri. Biasanya, money changer sering ditemukan di bandara, terminal, bahkan pusat perbelanjaan. Nah, sebelum menjelaskan lebih dalam, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu definisi dari money changer.

Money changer atau pedagang uang adalah tempat penukaran uang yang wajib kamu lakukan sebelum melaksanakan perjalanan ke negara asing. Di sini, kamu bisa menukarkan rupiah dengan mata uang lain maupun sebaliknya. Akan tetapi, rupiah memiliki perbedaan nilai di setiap mata uang asing lainnya. 

Inilah mengapa orang-orang yang berpergian ke luar negeri perlu menyiapkan banyak biaya, apalagi keterkaitannya dengan penukaran mata uang asing ini.

Menghitung pertukaran uang

Melansir dari situs OCBC NISP, kurs merupakan harga mata uang dari suatu negara yang dinilai dengan mata uang dari negara lainnya. Terdapat dua jenis kurs, yakni kurs beli dan kurs jual. Kurs beli adalah pertukaran dari mata uang asing menjadi rupiah--money changer membeli mata uang asing kamu dan menukarkannya dengan rupiah. Sedangkan, kurs jual merupakan pertukaran mata uang rupiah ke mata uang asing.

Misalnya, jika kamu ingin membeli 20 Dolar Amerika dengan rupiah, maka uang yang akan kamu dapatkan sebagai berikut.

Harga beli x uang Dolar: Rp15,413.5 x 20 = Rp308.270

Ini berarti kamu akan mendapatkan Rp308.270 jika kamu menukarkan 20 Dolar Amerika di money changer. Hal ini berdasarkan Kurs BI pada 20 Oktober 2022. Apabila kamu ingin membeli 20 Dolar Amerika di hari yang sama, maka uang yang harus kamu persiapkan adalah sebagai berikut.

Harga jual x uang Dolar: Rp15,568.5 x 20 = Rp311.370

Contoh money changer yang ada di Jakarta

Pastinya kamu ingin mencari tahu tempat pertukaran mata uang yang terpercaya, mengingat banyak penipuan seringkali terjadi. Beberapa rekomendasi money changer ini bisa kamu kunjungi menurut situs OCBC NISP, yakni di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. VIP Money Changer and Remittance. Money changer yang berlokasi di daerah Menteng, Jakarta ini merupakan tempat pertukaran uang terbesar dan utama. Kamu pun bisa menukarkan mata uang dengan jumlah besar dengan nilai tukar yang terbaik.
  2. Dua Sisi Money Changer. Money changer satu ini bisa kamu temukan di mal-mal ternama di Jakarta, seperti Plaza Indonesia, Grand Indonesia, dan Plaza Senayan. Tempat penukaran mata uang ini terkenal untuk menukarkan mata uang bagi yang ingin membeli oleh-oleh luar negeri.
  3. Peniti Money Changer. Berlokasi di Kebon Sirih dan Kelapa Gading, money changer ini terkenal dalam bidang perdagangan luar negerinya.
  4. Dolarindo Money Changer and Remittance. Sudah mendapatkan surat izin dari Bank Indonesia, tempat tersebut buka selama 24 jam, lho! Jadi, kamu tak perlu khawatir untuk mendatangi money changer ini.
  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here