Baru-baru ini, gempa sempat mengguncang di Cianjur, Jawa Barat yang berkekuatan sebesar 5.6 magnitudo pada Senin (21/11) lalu. Efek guncangan gempa ini dapat dirasakan hingga daerah Jakarta dan sekitarnya. Hal ini membuat masyarakat berhamburan keluar dari tempatnya masing-masing lantaran kencangnya goyangan gempa tersebut.

Berbicara soal Cianjur, rupanya kabupaten ini memiliki sederet objek wisata yang sekiranya cocok untuk kamu pertimbangkan ketika bingung menentukan destinasi liburan. Pergi ke tempat-tempat yang jauh dari kesibukan ibu kota membuatmu memiliki pengalaman yang berbeda untuk melepas penat. Kali ini, Popbela rangkumkan informasi selengkapnya mengenai 10 rekomendasi tempat wisata hits di Cianjur.

1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

10 Rekomendasi Wisata Hits di Cianjur, Wajib Dikunjungi!Situs traveloka.com

Taman Nasional ini sudah menjadi destinasi favorit bagi wisatawan lokal maupun internasional. Berlokasi di kawasan Cibodas, Taman Nasional ini diapit oleh dua gunung berapi, yakni Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

Di sini terdapat banyak flora dan fauna yang dikonservasikan. Pengunjung biasanya masuk ke kawasan Taman melalui empat pintu masuk, di antaranya Cibodas, Gunung Putri, Selabintana, dan Situ Gunung yang menjadi lokasi danau rekreasi keluarga. Jadi, kamu tetap bebas menikmati kekayaan alam yang ada.

2. Wana Wisata Pokland

10 Rekomendasi Wisata Hits di Cianjur, Wajib Dikunjungi!Situs nativeindonesia.com

Mau jalan-jalan sekaligus ngadem? Wana Wisata Pokland bisa menjadi pilihan wisata yang bisa kamu kunjungi. Tempat wisata ini memberikan pengalaman wisata berbeda dengan nuansa kawasan hutan pinus hampir seluas 20 hektar. Di sini juga menawarkan beragam spot kekinian yang instagrammable, seperti rumah terbalik, hammock, permadani, flying fox, perahu, dan masih banyak lagi.

Wana Wisata Pokland juga memiliki fasilitas menarik lainnya, yakni bumi perkemahan, glamping, rumah pohon, dan area motocross. Berlokasi di Desa Haurwangi, tempat wisata ini cocok untuk destinasi liburan akhir pekan sembari ngadem santai.

3. Taman Bunga Nusantara

10 Rekomendasi Wisata Hits di Cianjur, Wajib Dikunjungi!Situs traveloka.com

Selain Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, ada pula kawasan konservasi flora yang tak kalah ciamik, yaitu Taman Bunga Nusantara. Memiliki luas sekitar 35 hektar, taman ini seakan membawamu ke dunia fantasi, seperti fasilitas Secret Labyrinth layaknya Alice in WonderlandBunga-bunga yang cantik ini akan menambah estetika ketika berswafoto.

Uniknya, setiap bagian taman ini punya tema tersendiri sesuai destinasi wisata favorit yang ada di dunia, seperti Bali, Jepang, Prancis, dan Mediterania. Bagi kamu yang menyukai keindahan bunga bermekaran, kamu bisa mengunjungi taman ini di Jalan Mariwati No.KM. 7, Kawung Luwuk, Kecamatan Sukaresmi.

4. Telaga Biru

10 Rekomendasi Wisata Hits di Cianjur, Wajib Dikunjungi!Situs nativeindonesia.com

Objek wisata satu ini menjadi bonus ketika kamu mengunjungi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, lho! Telaga Biru menyuguhkanmu kecantikan dari warna airnya dan berpadu dengan cerahnya langit biru. Pada waktu tertentu, warna telaga bisa berubah menjadi hijau seiring alga yang tumbuh terkena oleh sinar matahari.

Perjalananmu menuju kawasan ini akan memasuki kawasan hutan lindung, kamu bisa merasakan ketenangan dari pohon-pohon besar yang mengelilingi, kicauan burung, dan udara sejuk yang khas.

5. Pantai Apra

10 Rekomendasi Wisata Hits di Cianjur, Wajib Dikunjungi!Situs nativeindonesia.com

Setelah pegunungan dan daratan, tak ada salahnya untuk melipir ke tempat dengan lautan yang luas. Pantai Apra memiliki ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk menguji adrenalinmu dalam berselancar. Namun, kamu perlu berhati-hati dikarenakan terdapat beberapa titik batu karang yang bisa membuatmu terluka.

Wisata bahari ini ternyata merupakan salah satu saksi sejarah ketika Angkatan Perang Ratu Adil (APRA), di masa penjajahan Belanda, hancur saat ingin berangkat menuju Jakarta. Selain berwisata, kamu juga dapat mencicipi kuliner laut yang terkenal bernama impun, sejenis ikan kecil dengan rasa yang enak bagi masyarakat sekitar. Pantai Apra berlokasi di dekat Desa Saganten, Kecamatan Sindangbarang.

6. Little Venice Cianjur

10 Rekomendasi Wisata Hits di Cianjur, Wajib Dikunjungi!Situs traveloka.com

Mau liburan ke Eropa, namun tetap di dalam negeri? Di tempat wisata kali ini akan memberikanmu suasana kota Venesia, Italia, sembari menaiki perahu menyusuri sungainya yang cantik. Little Venice Cianjur yang termasuk dalam wisata Kota Bunga, memiliki gondola dan dan bangunan berwarna-warni seperti ciri khas kota di Eropa tersebut.

Selain fasilitas wisata yang ikonik ini, kamu juga berkesempatan mengitari perkebunan bunga yang memesona. Sembari berekreasi, kamu juga mendapatkan edukasi dari pengetahuan ragam bunga yang ada di Indonesia maupun dunia, nih. Lokasi tempat wisata ini terletak di Batulawang, Kecamatan Cipanas, ya, Bela.

7. Karang Potong Ocean View

10 Rekomendasi Wisata Hits di Cianjur, Wajib Dikunjungi!Situs travelandword.com

Bagi kamu photo hunter, tempat wisata satu ini menyajikan beragam spot foto instagrammable dengan mengusung konsep pesona wisata alam dengan arsitektur bangunan Yunani yang menarik. Selain itu, kamu juga bisa mencoba spot lainnya, seperti area ayunan, rumah kaca, balon udara, hingga jaring-jaring.

Ornamen-ornamen dan harmoni alam yang ada di sana membuatmu terasa seperti liburan di luar negeri. Tidak hanya menyajikan fasilitas wisata saja, tetapi di sini juga menyediakan penginapan berupa resort dengan konsep glamping.

8. Pantai Jayanti

10 Rekomendasi Wisata Hits di Cianjur, Wajib Dikunjungi!Situs nativeindonesia.com

Berada di sebelah selatan Pulau Jawa, tempat ini menjadi salah satu gugusan pantai yang ada di Cianjur, Jawa Barat. Pesona dan karakter ombak yang dimiliki Pantai Jayanti begitu khas, yakni gulungan ombak yang besar dengan birunya air laut. Berada di kawasan Cianjur Selatan, Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, kamu bisa menikmati semilir angin berhembus bersama deru ombak laut.

Di Pantai Jayanti terdapat tumbukan batu beton berbentuk kubus dengan nama tetrapod beton. Batu-batuan ini dijadikan sebagai pemisah antara area berombak besar dengan area berombak kecil. Selain itu, kamu juga bisa melihat banyaknya perahu nelayan yang tengah bersandar maupun melaut.

9. Curug Citambur

10 Rekomendasi Wisata Hits di Cianjur, Wajib Dikunjungi!Situs cianjurtoday.com

Ingin mengunjungi lokasi air terjun, Bela? Cianjur mempunyai salah satu hidden gem dengan panorama yang mengagumkan dari Curug Citambur. Tempat ini memiliki air terjun setinggi 100 meter yang mengalir dengan deras. Tak hanya itu, tanaman hijau yang mengelilingi air terjun tersebut juga menambah kesejukan dan ketenangan saat berada di sana.

Keindahan alam dari air terjun ini bisa kamu abadikan sebagai momen berwisata yang menenangkan. Di sini, kamu juga bisa mandi atau berendam serta terdapat danau dan tempat penginapan di sekitarnya. Curug Citambur berlokasi di Jalan Curug Citambur, Karangjaya, Pasirkuda.

10. Alun-Alun Suryakencana

10 Rekomendasi Wisata Hits di Cianjur, Wajib Dikunjungi!Situs tipsjalan.com

Gunung Gede memang merupakan objek wisata yang memiliki pemandangan lanskap yang memesona. Namun, Alun-Alun Surya Kencana menjadi salah satu bukti dari keindahan gunung ini. Memiliki hamparan padang rerumputan dan bunga edelweiss yang luas, rupanya di kawasan ini berhawa cukup dingin sehingga kamu perlu memakai pakaian yang hangat.

Bagi kamu yang memiliki hobi mendaki gunung, Alun-Alun Surya Kencana jadi tempat yang cocok untuk berkemah sebelum menuju puncak. Berlokasi di kawasan Taman Nasional Gunung Gede, yang berjarak kurang lebih 11 km dari Cibodas, tempat ini bisa diakses melalui tiga jalur pendakian gunung.

Itulah deretan tempat wisata Cianjur yang bisa masuk dalam rencana liburanmu nanti di akhir pekan. Dari pilihan tempat tersebut, mana yang menarik minatmu, Bela? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 11 Potret Kerusakan Gempa di Cianjur, Rumah Warga Banyak Terdampak

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Paling Ramai di Bandung Saat Akhir Pekan

Baca Juga: 9 Wisata Pantai Indah di Sukabumi yang Jadi Favorit Wisatawan