Pesawat sudah menjadi transportasi umum yang sering digunakan masyarakat sebab dapat menghemat waktu perjalanan dan bisa menyimpan koper atau tas di bagasi kabin, lebih praktis dan aman alasannya karena menaruh koper di kabin pesawat tidak harus menunggu antrean untuk chek-in bagasi saat tiba di bandara. 

Berikut ukuran koper kabin pesawat. Simak di bawah ini ya!

1. Lion Air dan Wings Air

Ukuran Koper Kabin 7 Maskapai Pesawat IndonesiaTwitter.com/@lionairgroup

Pesawat Lion Air dan Wings Air memiliki ukuran dimensi berat pada bagasi kabin yang sama. Setiap penumpang diperbolehkan membawa satu bagasi kabin dengan berat maximal 7 kg untuk koper.

Tambahan satu tas pribadi untuk keperluan selama penerbangan seperti tas laptop, perlengakapan bayi, bahan membaca, kamera atau tas jinjing perempuan. 

2. Garuda Indonesia

Ukuran Koper Kabin 7 Maskapai Pesawat IndonesiaTwitter.com/@lionairgroup

Kalau pesawat Garuda Indonesia, khusus koper tidak boleh melebihi dari 56 cm x 36 cm x 23 cm dan maksimum berat 7kg. Penumpang hanya diperbolehkan untuk membawa 1 kabin bagasi dan 1 carry on item seperti laptop, kamera, atau tas jinjing. Petugas juga akan melakukan pemeriksaan bagasi kabin di pintu boarding.

3. Citilink

Ukuran Koper Kabin 7 Maskapai Pesawat IndonesiaTwitter.com/@Citilink

Citilink juga memastikan agar penumpangnya membawa ukuran koper kabin tidak lebih dari 7kg dan harus 56cm x 26cm x 23cm. 

4. Air Asia

Ukuran Koper Kabin 7 Maskapai Pesawat IndonesiaTwitter.com/@AirAsia_indo

Untuk kenyamanan selama perjalanan, Air Asia juga memiliki ukuran koper tersendiri dan hanya mengizinkan membawa 1 buah koper berukuran 56 cm x 36 cm x 23 cm termasuk pemegang, roda, dan kantong tepinya. Boleh bawa 1 tas laptop dan 1 tas tangan yang berukuran 40 cm x 30 cm x 10 cm. 

5. Batik Air

Ukuran Koper Kabin 7 Maskapai Pesawat IndonesiaBatikair.com

Setiap penumpang pesawat Batik Air diperbolehkan untuk membawa koper sesuai dengan ukuran kabin yang tidak melebihi 40 cm x 30 cm x 20 cm dan berat tidak lebih dari 7kg. Hal ini diperuntukkan pada kelas bisnis dan ekonomi. 

6. Sriwijaya

Ukuran Koper Kabin 7 Maskapai Pesawat IndonesiaTwitter.com/@SriwijayaAir

Ukuran koper kabin pada Sriwijaya untuk tas atau koper tidak melebihi ukuran 56 cm x 33cm x 23cm dan berat 7 kilogtam. Sementara untuk tas tangan yang dibawa harus muat untuk diletakkan di bawah kursi penumpang. 

Itulah ukuran koper kabin pesawat untuk tujuh maskapai Indonesia. Apabila berat barang bawaan kamu tidak sesuai dengan ketentuan di atas maka kamu wajib untuk mendaftarkan koper atau tas ke dalam bagasi check in. 

Baca Juga: Harga Bagasi Lion Air