Yogyakarta selalu menjadi destinasi favorit turis domestik maupun asing untuk menghabiskan liburan. Menikmati malam di jalan Malioboro, menapaki sejarah di Candi Prambanan, memandangi langit senja di Situs Ratu Boko, menyantap berbagai kuliner khas di beberapa kotanya, dan masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di daerah istimewa ini. Nggak lupa juga, kamu bisa bermain air laut di beberapa pantainya!

Wisata pantai di Yogyakarta memang tidak terlalu ditonjolkan. Beberapa pantai yang paling terkenal di kalangan turis adalah Pantai Parangtritis dan Pantai Indrayanti. Namun sebenarnya, Yogyakarta memiliki destinasi pantai yang cukup banyak dan memiliki keindahan yang menawan, lho! Apa saja?

1. Pantai Wedieombo

Tamasya ke Yogyakarta? Pastikan Mendatangi 7 Wisata Pantai Eksotis Ini

Berlokasi di Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, Pantai Wediombo ini memiliki laguna di mana kamu bisa berenang di laut tanpa terseret arus ombak. Dengan ukuran sangat luas dan dibatasi dengan batu karang, membuat pengunjung dapat berenang dengan tenang dan bisa menikmati air lautnya yang jernih. Selain itu, pantai ini dianggap menjadi tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam karena posisinya menghadap barat. Ada tebing yang menjorok ke arah laut, menjadi tempat sempurna untuk menatap dan melambaikan tangan pada senja yang perlahan pamit.

2. Pantai Ngobaran

Tamasya ke Yogyakarta? Pastikan Mendatangi 7 Wisata Pantai Eksotis Inijauharoh.wordpress.com

Berada di Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, kamu akan menemukan Pantai Ngobaran. Sekilas kamu merasa seperti di Bali saat melihat pemandangannya, dan memang benar seperti itu, Bela. Pantai ini sering disebut sebaga 'Bali'-nya Yogyakarta karena adanya batuan karang pada sisi timurnya dan pasir putih di sisi baratnya. Selain itu, ada sebuah pura Hindu dan sebuah mushola yang berdiri berdampingan di area pantai. Keduanya membuat pemandangan pantai menjadi lebih sejuk dan menenangkan.

3. Pantai Ngrenehan

Tamasya ke Yogyakarta? Pastikan Mendatangi 7 Wisata Pantai Eksotis Inijogjadaily.com

Masih di kawasan desa Kanigoro, ada pantai Ngrenehan, surganya para pecinta makanan laut! Jelas saja, ada banyak perahu nelayan yang memenuhi pinggiran pantai dan siap melaut untuk menangkap ikan. Tangkapan itu kemudian bisa langsung disajikan di rumah makan yang tersebar di sekitar kawasan pantai. Rasanya lebih segar ketimbang makan di kawasan perkotaan! Ditambah lagi, kamu bisa menikmati santapan itu sambil menatap keindahan pantai dan laut yang mengagumkan. Selain menjadi lokasi dengan santapan seafood terbaik, ada aktivitas keagamaan yang juga sering diadakan di Pantai Ngrenehan. Jika kamu datang pada saat Hari Nyepi, kamu bisa menyaksikan upacara Melasti yang dilakukan umat Hindu.

4. Pantai Jogan

Tamasya ke Yogyakarta? Pastikan Mendatangi 7 Wisata Pantai Eksotis Iniliburmulu.com

Mencari air terjun? Datang ke Pantai Jogan! Berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya dibalik pegunungan kapur, ini menjadi satu-satunya destinasi wisata yang memiliki air terjun di bibir pantai. Air itu sendiri bersumber dari pegunungan karst yang langsung terjun dan bertemu air laut. Sayangnya, jalan menuju ke tempat ini nggak selancar lainnya, Bela. Kamu perlu melewati perjalanan yang berliku-liku dan menelurusi jalan berbatuan. Namun ketika sudah sampai, pemandangan perpaduan air terjun, batu karan, dan pasir putih, akan menghapuskan rasa lelahmu.

5. Pantai Timang

Tamasya ke Yogyakarta? Pastikan Mendatangi 7 Wisata Pantai Eksotis Iniudaindra.blogspot.com

Jika penyuka adrenalin dan berkunjung ke Pantai Jogan belum memuaskan jiwa petualanganmu, destinasi selanjutnya adalah Pantai Timang! Masih berlokasi di Gunung Kidul, tepatnya di desa Purwodadi, pantai ini menawarkan wahana yang unik berupa kereta gantung atau gantole yang terbuat dari kayu dan menggunakan tali tambang sebagai penariknya. Wahana itu akan mengantarkanmu dari tepi pantai ke sebuah pulau di tengah laut bernama Pulau Watu Panjang. Hal yang memicu adrenalin adalah bagian laut yang perlu kamu lewati, ombaknya cukup tinggi dan nggak pernah berhenti menghempas! Juga deru angin yang membuat kereta bergoyang di tengah-tengah perjalanan, memberikanmu pengalaman yang sangat seru. Pantai ini pun pernah menjadi lokasi syuting program acara Korea Selatan 'Running Man', loh. Jadi, pastikan untuk menyempatkan diri ke sini, ya!

6. Pantai Nglambor

Tamasya ke Yogyakarta? Pastikan Mendatangi 7 Wisata Pantai Eksotis Inicikasur.com

Pantai Ngambor terbentu secara alami memiliki area seperti kolam raksasa yang dipenuhi biota laut yang berenang bebas di bawah permukaan laut. Karena ini, para pengunjung bisa melakukan snorkeling untuk melihat keindahan ragam bawah air. Juga  dihiasi dengan batuan karang di sekitar pantai, menjadikan pemandangan pantai ini sangat memukau. Jika tertarik ke sini, kamu bisa berkendara menunju Desa Purwodadi di Kabupaten Gunungkidul.

7. Pantai Goa Cemara

Tamasya ke Yogyakarta? Pastikan Mendatangi 7 Wisata Pantai Eksotis IniLensanasrul.com

Sekarang bergeser ke Bantul, Bela. ada sebuah pantai di daerah itu yang dipenuhi pepohonan cemara laut. Batang dan cabangnya tumbuh menundu ke arah jalan seakan membentuk sebuah lorong, menjadikan pantai ini memiliki nama Pantai Goa Cemara. Berbeda dengan wisata pantai lainnya, pantai yang terletak di Gandingsari ini memiliki pasir hitam. Namun, bukan berarti mengurangi keindahannya, loh. Tempat ini memiliki keelokan khas yang membuatmu takjub. selain itu, di sini pun kamu bisa menyewa ATV untuk berkeliling pantai.

Masih ada banyak pantai lainnya di Yogyakarta yang belum terjamah. Sebagian lainnya sudah disiapkan pemerintah setempat untuk menjadi destinasi wisata andalan yang bisa dikunjungi saat turis datang ke Yogyakarta. Kamu sudah pernah ke pantai-pantai ini, Bela? Atau, menemukan pantai lain yang menjadi favoritmu? Bagikan ceritamu juga, ya!

Baca Juga: 7 Hostel di Yogyakarta dengan Harga di Bawah Rp150 Ribu