Jalan-jalan selalu menyenangkan! Apalagi jika bepergian menggunakan pesawat. Kamu dapat terbang di atas awan, memandangi dunia di bawahmu, dan menikmati perjalanan jarak jauh dengan lebih singkat. Namun terkadang, perjalanan itu terasa kurang nyaman ketika kamu sulit beristirahat selama penerbangan, setuju?

Bukan hal yang mudah untuk dapat tidur di pesawat, terlebih jika kamu mengambil kelas penerbangan ekonomi. Tingkat kenyamanannya tentu berbeda dengan penerbangan kelas bisnis. Akan tetapi, sebagian orang mengaku kesulitan untuk dapat tidur di pesawat karena berbagai faktor, seperti suhu ruang pesawat atau rasa nggak nyaman pada telinga karena perbedaan ketinggian. Kamu mengalami hal seperti ini, Bela? Melansir dari Huff Post, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk dapat tidur di pesawat.

1. Menghindari gula dan alkohol

Susah Tidur di Pesawat? Coba 14 Tips Ini Deh Dijamin Ampuh!Pexels.com/Matan Segev

Para traveler menyarankan untuk menghindari konsumsi alkohol dan gula selama penerbangan. Walau kelihatannya alkohol dapat membuatmu tertidur, namun durasinya hanya sebentar. Kamu pun terbangun dengan sakit kepala yang mengganggu, rasa haus yang menyiksa, dan sulit untuk kembali tidur. Sedangkan gula dapat menyebabkan perut kembung. Jadi jika kamu harus terbang dalam kurun waktu yang lama, hindari konsumsi alkohol dan gula.

2. Minum obat tidur

Susah Tidur di Pesawat? Coba 14 Tips Ini Deh Dijamin Ampuh!Pexels.com/JESHOOTS.com

Jika penerbanganmu berjalan begitu lama, seperti lebih dari 4 jam, para traveler profesional menyarankan untuk meminum obat tidur untuk membantumu beristirahat. Kamu dapat membeli obat tidur bebas resep yang tersedia di apotek atau meminta rekomendasi dari dokter jika ingin mengonsumsi obat tidur yang sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Pakai sepatu yang sedikit longgar

Susah Tidur di Pesawat? Coba 14 Tips Ini Deh Dijamin Ampuh!Pexels.com/Pixabay

Satu hal yang sangat membantu dalam penerbangan lama adalah mengenakan sepatu longgar. Jika berencana untuk tidur di pesawat, kakimu bisa membengkak dan akan terasa sempit dalam sepatu yang berukuran normal. Jadi, nggak ada salahnya untuk memakai sepatu yang lebih longgar saat naik pesawat. Selain itu, sepatu yang lebih longgar memberikan ruang lebih untukmu mengenakan kaos kaki yang menghangatkan kaki!

4. Pilih kursi penerbangan yang nyaman

Susah Tidur di Pesawat? Coba 14 Tips Ini Deh Dijamin Ampuh!Pexels.com/KML

Coba pilih kursi penerbangan dekat jendela sehingga kamu dapat bersandar pada dinding jika ingin tidur. Beberapa traveler menggunakan bantal leher dan bantal yang disediakan penerbangan untuk menjadi alas bersandar pada dinding pesawat. Selain itu dengan duduk di samping jendela, kamu bisa mengatur untuk menutup penutupnya atau nggak.

5. Buat diri sendiri merasa lelah

Susah Tidur di Pesawat? Coba 14 Tips Ini Deh Dijamin Ampuh!Pexels.com/Tim Gouw

Jaga diri tetap terhidrasi dari sebelum penerbangan sampai selesai perjalananmu, lalu coba beraktivitas di bandara agar tubuhmu merasa lelah. Dengan begitu, kamu akan mudah mengantuk dan dapat tidur di pesawat selama penerbangan berlangsung.

6. Bawa atau beli bantal traveling yang bagus

Susah Tidur di Pesawat? Coba 14 Tips Ini Deh Dijamin Ampuh!Pexels.com/Lisa Fotios

Bantal traveling dapat menjadi investasi yang baik, terutama untuk kamu yang sering bepergian dengan pesawat. Namun, kamu harus memilihnya sesuai dengan kenyamananmu. Beberapa orang menyukai bantal jenis busa, ada yang memilih jenis lainnya. Ada yang menyukai ukuran mini, ada yang menyukai ukuran lebih besar daripada itu. Bahkan kalau memungkinkan, uji coba kenyamanan bantal itu sebelum membelinya sehingga nggak salah pilih!

7. Meditasi

Susah Tidur di Pesawat? Coba 14 Tips Ini Deh Dijamin Ampuh!Pexels.com/VisionPic .net

Meditasi dapat menjadi kunci untuk kenyamanan dan tidur di pesawat. Kamu dapat menggunakan essential oil aroma terapi di bawah hidung untuk membuatmu merasa lebih rileks. Pejamkan matamu, ambil nafas dalam-dalam, kurangi irama jantung, dan kamu akan mudah tertidur setelahnya.

Jika sulit, alternatif lainnya adalah memfokuskan pikiranmu untuk menikmati perjalananmu secara keseluruhan. Hindari pikiran negatif, seperti lelahnya jalan-jalan. Sebaliknya, jaga pikiran positif selama perjalanan berlangsung. Pikiran positif dan rasa syukur membuatmu dapat menikmati penerbanganmmu dan membawamu ke tidur yang lebih nyenyak selama di pesawat.

8. Kenakan pakaian yang nyaman

Susah Tidur di Pesawat? Coba 14 Tips Ini Deh Dijamin Ampuh!Pexels.com/VisionPic .net

Memang, baju yang unik atau Instagram-able dapat menjadi bahan foto yang menarik. Namun jika kurang nyaman, dapat membuat penerbanganmu jadi terganggu. Kamu pun nggak dapat tidur selama penerbangan. Coba pakai baju yang lebih nyaman jika ingin bepergian. Celana jeans atau celana yoga, kaos yang nyaman, dan outer untuk lapisan luarnya. Outer ini juga dapat menjagamu tetap hangat selama di pesawat!

9. Bawa ear plug dan eye mask

Susah Tidur di Pesawat? Coba 14 Tips Ini Deh Dijamin Ampuh!Pexels.com/Gratisography

Ear plug dan eye mask dapat membantumu tidur selama di pesawat. Kedua benda ini dapat menghalang cahaya dan suara di sekitarmu sehingga membuatmu dapat fokus beristirahat selama penerbangan. Pilih ear plug yang nyaman di telinga dan eye mask yang sesuai dengan wajahmu.

10. Gunakan jas atau jaketmu

Susah Tidur di Pesawat? Coba 14 Tips Ini Deh Dijamin Ampuh!Pexels.com/Negative Space

Selain berfungsi sebagai outer yang menjagamu tetap hangat, jas atau jaket dengan banyak kantong dapat membuat hidupmu di pesawat jadi lebih efisien. Kamu bisa menyimpan kacamata baca, pembersih tangan, eye mask, ear plug, dan lain-lainnya dalam satu baju. Beberapa jas atau jaket khusus traveling dapat dilipat sehingga membentuk bantal untukmu bersandar!

11. Makan sehat sebelum terbang

Susah Tidur di Pesawat? Coba 14 Tips Ini Deh Dijamin Ampuh!Pexels.com/Ella Olsson

Terkadang, semangat liburan dapat mengganggu pola makan sehatmu. Jika nggak dikelola dengan baik, makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat membuatmu mual atau mulas selama penerbangan. Jadi, coba untuk menjaga pola makan sehat sebelum naik pesawat dan menghindari gula atau karbohidrat berat.

12. Jangan sampai kekeringan

Susah Tidur di Pesawat? Coba 14 Tips Ini Deh Dijamin Ampuh!Pexels.com/Moose Photos

Selalu sedia hand cream, hand sanitizer, tisu pembersih, tisu, face mist, eye drops, bahkan sheet mask untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap selama penerbangan. Jika cenderung mengalami sinus, selalu bawa obat-obatanmu di dalam tas yang dibawa ke dalam kabin pesawat.

13. Jaga tubuhmu tetap bersih

Susah Tidur di Pesawat? Coba 14 Tips Ini Deh Dijamin Ampuh!Pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Beberapa traveler menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan diri selama penerbangan berlangsung. Mulai dari membawa hand sanitizer atau tisu anti bakteri untuk membersihkan kotoran pada tanganmu. Ada yang menyarankan untuk membawa essential oil eucalyptus untuk menjaga tubuh tetap hangat, sekaligus membantu proses meditasi untuk bisa tidur selama di pesawat.

14. Coba olahraga tidur

Susah Tidur di Pesawat? Coba 14 Tips Ini Deh Dijamin Ampuh!Pexels.com/Dương Nhân

Kalau tetap merasa kesulitan untuk tidur di pesawat, coba beberapa gerakan ini: rilekskan semua otot wajah termasuk lidah, rahang, dan otot di sekitar mata. Lalu, jatuhkan bahu dan biarkan anggota tubuh rileks seperti nggak merasakan apa-apa. Terakhir, atur pernapasanmu dan biarkan dirimu tidur secara perlahan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba jika mengalami kesulitan tidur di pesawat. Beberapa cara bisa kamu lakukan secara bersamaan, ada pula yang bisa kamu coba satu per satu. Pilih cara yang nyaman kamu lakukan, dan selamat menikmati penerbangan panjangmu!

Baca Juga: Sering Travelling Pakai Pesawat? Ini Airport Hacks yang Perlu Kamu Tahu!