Termasuk Mauna Loa, Ini 8 Gunung Berapi Paling Berbahaya di

Termasuk Mauna Loa, Ini 8 Gunung Berapi Paling Berbahaya di Dunia

Menelan banyak korban jiwa

Termasuk Mauna Loa, Ini 8 Gunung Berapi Paling Berbahaya di Dunia

Gunung Mauna Loa di Hawaii meletus pada hari Rabu (30/11), diikuti dengan sungai-sungai lahar bercahaya yang mengalir. Fenomena ini disaksikan berbagai warga yang memadatkan jalan raya Hawaii 

Gunung berapi ini pasalnya merupakan yang terbesar di dunia. Letusan dari gunung berapi ini juga menghasilkan pemandangan yang indah di langit Hawaii. 

Gunung Mauna Loa termasuk salah satu gunung paling berbahaya di dunia karena dinilai memiliki letusan paling besar berdasarkan luas dampaknya dan volumenya.  

Selain gunung Mauna Loa di Hawaii, tercatat pula gunung-gunung aktif lainnya yang paling berbahaya jika erupsi kembali.  Berikut ini telah Popbela rangukum dari berbagai sumber daftar gunung berapi paling berbahaya di dunia.

1. Gunung Mauna Loa, Hawaii

Termasuk Mauna Loa, Ini 8 Gunung Berapi Paling Berbahaya di Dunianationalgeographic.com

Pulau Hawaii merupakan sebuah pulau indah yang sejarahnya dilacak dari letusan gunung berapi, salah satunya adalah Gunung Mauna Loa. Gunung yang memiliki tinggi 4.169 meter ini dinilai memiliki letusan terbesar.

Erupsi dari gunung tersebut yang terjadi pada tahun 1926 dan 1950 berhasil menghancurkan sebagian kota Hilo, Hawaii. Terakhir, Mauna erupsi pada 27 November 2022.

2. Gunung Merapi, Indonesia

Termasuk Mauna Loa, Ini 8 Gunung Berapi Paling Berbahaya di Duniacnnindonesia.com

Gunung yang memiliki tinggi 2.698 m ini termasuk salah satu gunung yang paling aktif di Indonesia. Gunung Merapi termasuk salah satu yang paling berbahaya di dunia, karena terakhir kali erupsi pada tahun 2010 dan menelan korban sebanyak 353 jiwa. Gunung ini sudah aktif secara reguler sejak tahun 1548.

Hari ini, Senin (5 Desember 2022), melansir dari magma.esdm.go.id, Gunung Merapi memasuki Level III (Siaga) dengan laporan Gunung api terlihat jelas. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas sedang tinggi sekitar 50-100 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga berawan, angin lemah hingga sedang ke arah barat.

3. Gunung Vesuvius, Italia

Termasuk Mauna Loa, Ini 8 Gunung Berapi Paling Berbahaya di Duniathesun.co.uk

Gunung Vesuvius yang memiliki tinggi 1.281 m di atas permukaan laut ini merupakan satu-satunya gunung berapi yang aktif di Italia. Letusannya pernah terjadi di tahun 79 Masehi, yang menghancurkan kota Pompeii dengan abu, hujan vulanik, dan awan panas.

Gunung yang berdiri di Kota Campania ini kembali meletus 16 tahun kemudian, yang semburannya dapat dilihat meskipun berjarah jauh dari kota Campania.

4. Gunung Sakurajima, Jepang

Termasuk Mauna Loa, Ini 8 Gunung Berapi Paling Berbahaya di Duniahakaimagazine.com

Gunung yang berlokasi dekat gunung Fuji di Jepang ini juga merupakan gunung yang paling berbahaya di dunia. Erupsinya merupakan ancaman yang besar bagi penduduk Tokyo. Pada tahun 1914, gunung ini erupsi dan mengeluarkan banyak lava yang menyambung pulau Sakurajima dengan pulau daratan utama.

Pada tanggal 18 Agustus 2013, gunung ini meletus dari kawah Showa dan menghasilkan kepulan abu tertinggi sejak tahun 200 yang naik setinggi 5.000 meter. Hal ini menyebabkan kegelapan dan abu yang signifikan, jatuh di bagian tengah kota Kagoshima.

5. Gunung Rainier, Amerika Serikat

Termasuk Mauna Loa, Ini 8 Gunung Berapi Paling Berbahaya di Duniantunerealestate.com

Gunung Rainie mejadi salah satu gunung berapi paling berbahaya di Amerika Serikat yang dinilai dari komposisi kimia, intensitas piroklastik, aliran lava, abu vulkanik, dan lain-lain. Lokasi gunung ini berada dekat Seattle dan Tacoma.

Lahar juga merupakan risiko terbesar yang ditimbulkan oleh Gunung Rainier. Sekitar lebih dari dua juta orang telah terkena dampak dari gunung yang erupsi tersebut.

6. Gunung Pinatubo, Filipina

Termasuk Mauna Loa, Ini 8 Gunung Berapi Paling Berbahaya di Duniabigthink.com

Gunung paling berbahaya yang selanjutnya adalah Gunung Pinatubo, yang menjadi terkenal ketika meletus pada tahun 1991. Peristiwa gunung meletus tersebut berhasil memakan sebanyak 722 korban jiwa di Filipina. 

Letusan tersebut menjadi letusan terbesar kedua di abad ke-20, mendekati gunung Novarupta.

7. Gunung Huaynaputina, Peru

Termasuk Mauna Loa, Ini 8 Gunung Berapi Paling Berbahaya di DuniaZurich.com

Gunung Huaynaputina yang berada di Peru, Amerika Selatan ini pernah meletus secara tiba-tiba dan mengakibatkan peristiwa yang sulit dipercaya. Karena letusan gunung tersebut, bumi pernah tertutup asap tebal selama berbulan- bulan pada tahun 1600. Letusan itu juga berhasil menelan sebanyak 1.600 korban jiwa.

8. Gunung Thera, Yunani

Termasuk Mauna Loa, Ini 8 Gunung Berapi Paling Berbahaya di Duniasantorini-more.com

Gunung yang beradai di Pulau Santorini, Yunani ini letusannya terjadi sekitar 3600 tahun yang lalu, yaitu di sekitar tahun 1610an. Letusan yang dinilai cukup dashyat di muka bumi ini menyebabkan berubahnya suhu di dunia.

Itulah daftar gunung berapi yang paling berbahaya di dunia, Bela. Perisitwa gunung berapi yang erupsi ini ternyata mengerikan, ya.

Baca Juga: Gunung Merapi Berstatus Siaga, Ini 5 Faktanya!

Baca Juga: 9 Rekomendasi Gunung di Jawa Barat, Cocok untuk Pendaki Pemula 

Baca Juga: 12 Gempa Terdahsyat yang Pernah Terjadi di Dunia

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

10 Foto Kelakuan Orang Lagi Makan yang Bikin Kita Jadi Nggak Lapar

10 Foto Kelakuan Orang Lagi Makan yang Bikin Kita Jadi Nggak Lapar

trending

Trending

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Travel

10 Rekomendasi Tempat Camping di Bandung, Bentang Alamnya Menakjubkan!

10 Rekomendasi Tempat Camping di Bandung, Bentang Alamnya Menakjubkan!