Bisa Jadi Pilihan Wisata Religi, Ini 7 Bangunan Khas Islam di India

Nggak hanya Taj Mahal yang patut dikunjungi

Bisa Jadi Pilihan Wisata Religi, Ini 7 Bangunan Khas Islam di India

Mayoritas warga negara India tidak hanya menganut agama Hindu, namun juga agama Islam. Agama Islam pun menjadi agama kedua terbesar di India.

Negara dengan budayanya yang kental tersebut, menghadirkan beberapa bangunan yang memiliki ciri khas Islam, seperti monumen, masjid dan menara yang sangat memukau.

Mulai dari arsitektur bangunan-bangunannya, hingga fungsinya, kaya akan sejarah agama Islam. Bangunan-bangunan ini lantas menjadi populer di kalangan turis, dan patut masuk dalam daftar wisata religi ketika kalian berkunjung ke India, Bela. 

Mari kita simak apa saja bangunannya berikut ini.

1. Masjid Solah Khamba, Bidar

Dibangun oleh Qubil Sutani di Tahun 1423-1424, masjid Solah Khamba merupakan masjid kuno yang terletak di Benteng Bidar, tepatnya berjarak 2,8km dari Stasiun Kereta Api Bidar. 

Masjid yang merupakan bangunan muslim tertua ini juga biasanya disebut sebagai Masjid Zanana, karena letaknya berada di Area Zanana. Bangunannya yang megah dibangun berdasarkan 16 pilar yang berjajar.

Jika mengunjungi masjid Solah Khamba, kamu bisa merasakan beribadah di dalam benteng, Bela.

2. Masjid Jama, Delhi

Masjid Jama merupakan salah satu masjid terbesar di India yang mampu menampung sekitar 25.000 orang, berlokasi di Jalan Chadni Chowk, Pusat Kota Tua Delhi. 

Masjid ini dibangun pada tahun 1644 oleh kaisar Mughal Shah Jahan, yang juga membangun Taj Mahal. Menjadi bagian pariwisata kota Delhi, bangunan masjid ini terdiri dari empat menara dan tiga gerbang besar.

Bangunannya yang setinggi 40m dibangun dari pasir merah dan marmer putih. Lantai masjid ini juga dilapisi marmer berornamen putih dan hitam, sehingga mirip dengan motif sajadah Muslim.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here