Pulau Jeju bukan hanya merupakan destinasi wisata populer, namun juga kerap dijadikan lokasi syuting dalam drama Korea karena keindahan pemandangannya. 

Salah satu drama Korea terbaru yang berlatar di Pulau Jeju adalah Our Blues. Sukses mencatat rating rata-rata 14,6% di episode terakhirnya, drama ini menyajikan kisah yang menyentuh hati dengan latar pemandangan alam di Pulau Jeju yang indah. 

Ada juga berbagai drama Korea selain Our Blues yang berlatar di Pulau Jeju. Mari kita simak apa saja drama Korea lainnya yang berlatar di Pulau Jeju berikut ini.

1. Our Blues

https://www.youtube.com/embed/u5ozbvjP5WM
Ada 'Our Blues', Ini 8 Drama Korea yang Berlatar di Pulau JejuInstagram/ TvN Drama

Drama yang bertabur bintang terkenal ini menyuguhkan kisah manis pahitnya kehidupan yang dialami tujuh orang yang tinggal di Pulau Jeju. Pemandangan alam di Pulau Jeju pun digambarkan dengan sangat indah melalui serial ini. 

Banyak tempat di Pulau Jeju yang memanjakan mata penonton selama penayangan drama tersebut. Seperti Pantai Geumneung yang indah, Pasar Goseong sebagai pasar di mana para pemeran utamanya bekerja, dan Pantai Woljeongri sebagai tempat Bang Yeong Ju dan Jung Hyeon menghabiskan waktu bersama.

2. Boys Before Flowers

https://www.youtube.com/embed/rMN2rtQ5cQY
Ada 'Our Blues', Ini 8 Drama Korea yang Berlatar di Pulau JejuNetflix.com

Boys Before Flowers merupakan salah satu drama terbaik pada masanya yang berhasil menarik perhatian penonton mancanegara. 

Diadaptasi dari manga populer Jepang berjudul Hana Yori Dango, kisahnya mengikuti seorang gadis keras kepala bernama Geum Jan-di (Go Hye-Sun), yang terlihat dalam kehidupan rumit empat siswa SMA kaya di Shinhwa High School. Empat siswa tersebut kebetulan adalah anggota kelompok bernama F4, yang terdiri dari pewaris keluarga terkaya di Korea Selatan.

Bagi kalian yang pernah nonton drama ini sebelumnya, kalian mungkin akan teringat lokasi dimana Goo Jun-Pyo (Lee Min-ho) dan Ha Jae-kyung (Lee Min-jung) hampir menikah. Lokasi ini berada di The Shore Hotel Jeju, salah satu resort mewah yang populer di kalangan turis.

3. Secret Garden

https://www.youtube.com/embed/elvxsr8DysY
Ada 'Our Blues', Ini 8 Drama Korea yang Berlatar di Pulau JejuNetflix.com

Drama lainnya yang sangat populer pada masanya adalah Secret Garden. Kisahnya mengikuti Gil Ra-im (Ha Ji-won) dan Kim Joo-won (Hyun Bin) yang secara tidak sengaja bertukar tubuh. Meskipun kepribadian mereka saling bertolak belakang, mereka harus mencari cara agar bisa terbiasa dengan kejadian ini. 

Dalam episode ke enam Secret Garden, Gil Ra-im dan Kim Joo-won terbangun dan menemukan bahwa mereka secara tidak sengaja bertukar tubuh. Sambil duduk di bangku yang menghadap ke laut, mereka sempat berpikir bahwa ciuman mungkin akan mengembalikan jiwa mereka masing-masing. 

Adegan ciuman antara Gil Ra Im dan Kim Joo Won diambil di The Seaes Hotel & Resort Jeju, Kompleks Wisata Jungmun. Bangku tempat mereka berdua duduk ini sampai sekarang masih ada di sana, lho, Bela.

4. Jewel in the Palace

https://www.youtube.com/embed/ZFsO_JvxI7U
Ada 'Our Blues', Ini 8 Drama Korea yang Berlatar di Pulau JejuKorea Tourism Organization

Jewel in the Palace merupakan drama saeguk yang membawa penontonnya kembali era Joseon, saat para perempuan Korea harus mengatasi banyak tantangan untuk diakui masyarakt. Diangkat dari kisah nyata, drama ini berpusat pada seorang juru masak bernama Dae Jang-geum (Lee Young-ae), dan perjalanannya menjadi seorang dokter kerajaan perempuan pertama dari Raja.

The Jeju Folk Village merupakan lokasi syuting utama di Jewel in the Palace. Terletak di kota Seogwipo, desa ini terdiri dari 117 bangunan dan fasilitas yang dulunya merupakan tempat tinggal di Pulau Jeju selama tahun 1890-an.

Desa ini juga menyimpan banyak sejarah Pulau Jeju. Di desa ini, kamu bisa mengunjungi toko obat herbal, menyewa hanbok, berpartisipasi dalam lokakarya kerajinan tradisional, dan menghadiri acara budaya.

5. The Legend of the Blue Sea

https://www.youtube.com/embed/G_jt3EwBMwU
Ada 'Our Blues', Ini 8 Drama Korea yang Berlatar di Pulau Jejufacebook.com

Drama fantasi The Legend of the Blue Sea mengangkat kisah seorang penipu jenius, Heo Joon-jae (Lee Min-Ho),yang jatuh cinta dengan putri duyung bernama Shim Cheong (Jun Ji-hyun), tanpa menyadari bahwa mereka pernah saling bertemu di kehidupan sebelumnya. 

Salah satu adegan drama ini berlatar di Maze Land, taman hiburan yang luas di Pulau Jeju. Maze Land disebut sebagai labirin batu terpanjang di dunia yang kerap membuat para pengunjung kesulitan menemukan jalan keluar.

6. My Lovely Sam-Soon

https://www.youtube.com/embed/ixNjpLFuvEE

My Lovely Sam-Soon merupakan drama lainnya yang dibintangi aktor populer Hyun Bin. Serial komedi romantis ini mengikuti kisah Kim Sam-soon (Kim Sun-ah), seorang koki pastry yang berbakat dan bekerja di sebuah restoran Prancis ternama. Ia jatuh cinta pada atasannya sendiri, Hyun Jin-heon (Hyun Bin), pemilik restoran tersebut.

Salah satu adegan dalam ini menunjukkan Kim Sam-soon yang sedang melakukan pendakian ke Gunung Hallasan, Pulau Jeju. Gunung ini dikenal dari pemandangannya yang indah, dan sering ramai pengunjung yang ingin mendaki.

7. Warm and Cozy

https://www.youtube.com/embed/iPbAuUdZOtE
Ada 'Our Blues', Ini 8 Drama Korea yang Berlatar di Pulau JejuViki.com

Serial ringan ini mengikuti kisah Lee Jung-joo (Kang So-ra), seorang perempuan berusia akhir 20-an yang memutuskan untuk pindah ke Kota Sorang di Pulau Jeju untuk memulai hidup baru. Di sana, ia bertemu dengan Baek Gun-woo (Yoo Yeon-seok), pemilik cafe bernama Warm and Cozy.

Seperti kebanyakan drama lainnya, Warm and Cozy juga memanfaatkan latar pemandangan pantai di Pulau Jeju yang indah. Lokasi syuting untuk cafe Baek Gun-woo  terletak di di sisi barat laut pulau Jeju, tepatnya di desa Aewol. 

Cafenya sendiri aslinya bernama Bomnal Café, yang selalu ramai pengunjung yang ingin bersantai sambil minum kopi dan menikmati pemandangan laut yang indah.  Suasana di dalam cafenya begitu hangat dan menyenangkan, sama seperti judul serial ini.

8. Something in the Rain

https://www.youtube.com/embed/7RGk6NXwbrY
Ada 'Our Blues', Ini 8 Drama Korea yang Berlatar di Pulau Jejutripzilla.com

Something in The Rain mengisahkan perjalanan cinta antara pasangan yang memiliki perbedaan usia cukup jauh. Jin-ah, seorang pengawas di kedai kopi Coffe Bay, dipertemukan dengan Joon-hee, seorang pengembang video game berjudul Smilegate. 

Jin-ah diceritakan mengelola sebuah restoran di Pulau Jeju setelah mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya. Pulau Jeju menjadi pelariannya untuk memulai hidup baru.

Lokasi yang didatangi Jin-ah dan Joon-hee di Pulau Jeju merupakan sebuah cafe bernama Evening Garden, yang terletak di Hangyeong. Apakah kamu tertarik mengujunginya, Bela?

Itulah 8 drama Korea yang berlatar di Pulau Jeju. Setelah menonton drama ini, pasti langsung membuatmu makin ingin berlibur ke sana. So, langsung aja tonton dramanya ya, untuk menikmati indahnya Pulau Jeju!

Baca Juga: Berlatar Pulau Jeju, Ini 7 Karakter Pemeran Drama Korea 'Our Blues'

Baca Juga: 14 Kafe yang Sering Jadi Lokasi Syuting K-Drama, Wajib Masuk Wishlist!

Baca Juga: 15 Potret Perbandingan Lokasi Syuting Film & Acara TV yang Sebenarnya