Korea Selatan merupakan salah satu destinasi idaman banyak orang, terutama pencinta Drama Korea dan K-pop. Kabar gembira bagi kamu yang berencana traveling ke Korea Selatan. Per 1 Juni 2022, Warga Negara Indonesia (WNI) sudah bisa memohonkan visa untuk pergi ke Korea Selatan setelah sebelumnya ditangguhkan akibat pandemi.

Menariknya, jika kamu berencana hanya ke Pulau Jeju dan Yangyang, kamu tak perlu memerlukan visa lagi. Karena dua lokasi itu kini bebas visa, lho, Bela! Sayangnya, kamu tidak bisa mampir ke wilayah lain di Korea Selatan. Penasaran dengan harga visa Korea Selatan? Yuk, simak di bawah ini!

Biaya Visa Korea Selatan

Ingin Traveling ke Korea Selatan? Ini Biaya Visanyaspendlifetraveling.com

Visa Korea Selatan memiliki empat jenis tergantung tujuan kedatanganmu ke Korea Selatan, yakni Single Visa, Multiple Visa, Double Visa, san Group Visa.

Jika kamu hanya ingin traveling dan liburan beberapa hari saja, maka kamu bisa mengajukan Single Visa. Namun, jika kamu punya rencana liburan ke sana berkali-kali dalam beberapa tahun terakhir, mungkin Multiple Visa adalah yang paling tepat. 

Dengan Multiple Visa, kita bisa mengunjungi Korea Selatan kapan pun dan tanpa batasan selama lima tahun. Menariknya, kita tidak perlu mengajukan kembali visa meskipun sudah sempat kembali ke tanah air. Karena itu, Multiple Visa sangat bermanfaat bagi kamu yang mengunjungi Korea kapan pun yang kalian mau. Multiple entries (masuk beberapa kali) tergaransi jika kalian memegang Multiple Visa.

Ingin Traveling ke Korea Selatan? Ini Biaya VisanyaVisitkorea.or.kr

Berikut biaya visa Korea Selatan per 1 Juli 2022, memgutip dari Korea Visa Application Center:

  • Single Visa (kurang dari 90 hari): Rp824.000. Tarif ini termasuk biaya visa Rp584.000 dan biaya administrasi Rp240.000. Jenis visa ini diperuntukkan bagi kamu yang datang untuk keperluan wisata, bisnis, menghadiri acara, seminar, menghadiri pernikahan, dan mengujungi kerabat.
  • Single Visa (lebih dari 91 hari): Rp1,116 juta. Tarif ini termasuk biaya visa Rp876.000 dan biaya administrasi Rp240.000. Jenis visa ini diperuntukkan bagi pekerja, pelajar, pendamping, dan lainnya.
  • Double Visa: Rp1,26 juta. Tarif ini termasuk biaya visa Rp1,022 juta dan biaya administrasi Rp240.000. Visa jenis ini diperuntukkan bagi orang yang melakukan dua kunjungan dalam enam bulan atau masa tinggal kurang dari 90 hari.
  • Multiple Visa: Rp1,554 juta. Tarif ini termasuk biaya bisa Rp1,314 juta dan biaya administrasi Rp240.000. Dengan visa ini, kita bebas berkunjung ke Korea Selatan dalam lima tahun (masa tinggal 30 hari) atau 10 tahun bebas kunjungan (masa tinggal 90 hari).
  • Group Visa: Rp336.000. Tarif ini termasuk biaya visa Rp219.000 dan biaya administrasi Rp147.000. Ini adalah visa untuk kelompok wisatawan dengan minimal lima orang dan maksimal 50 orang, dengan jadwal keberangkatan dan kepulangan yang sama. Pendaftaran hanya bisa diajukan oleh agen perjalanan yang terdaftar di Kedutaan Republik Korea di Indonesia.

Berapa lama pengajuan Visa Korea Selatan?

Ingin Traveling ke Korea Selatan? Ini Biaya Visanyafacebook.com

Jika kamu ingin pergi ke Korea Selatan, pastikan kamu mempersiapkan jarak waktu antara permohonan visa dan jadwal berangkat. Biasanya proses pengajuan visa dilakukan dalam 2-7 hari, tergantung jenis visa dan kelengkapan dokumen yang diperlukan. Semakin lengkap dokumen yang diajukan, maka semakin cepat pula proses pembuatan visa selesai.

Single Visa untuk turis, misalnya, memerlukan waktu sekitar enam hari. Sementara Multiple Visa dan Group Visa, bisa selesai dalam dua hari.

Agar proses permohonan visa selesai tepat waktu, penting untuk memastikan dokumen yang dibutuhkan akurat dan lengkap. Sebab, dokumen yang belum lengkap akan memperlambat proses permohonan visa, yakni bisa 1-2 minggu.

Yuk, jalan-jalan ke Korea Selatan, Bela!

Baca Juga: Bebas Karantina, Korea Selatan Siap Gaet Wisatawan Lagi!

Baca Juga: Selain Seoul, Ini Kota Terbaik di Korea Selatan yang Patut Dikunjungi

Baca Juga: Uji Adrenalin di 7 Taman Hiburan Korea Selatan Ini, Dijamin Seru!