Musim liburan segera tiba! Jika kamumerencanakan liburan dekat dengan lautan, tak ada salahnya mengunjungi pantai biru yang indah. Lautan biru, hamparan pasir putih yang luas, serta pohon hijau yang menghiasi menjadi alasan pantai menjadi tempat cukup populer untuk berlibur.

Salah satunya Bangka Selatan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan destinasi wisata pantai yang memanjakan mata dengan lautan biru yang ciamik.

Agar nuansa liburanmu lebih khidmat, kamu juga bisa mendatangi pulau kecil di sekitarnya yang menawarkan keasrian alam yang mengagumkan. Bahkan di antaranya menampilkan pengalaman melihat sunset secara langsung yang spektakuler.

Berikut sejumlah destinasi wisata pantai di Bangka Selatan yang bisa dijadikan pilihan destinasi berlibur.

1. Pantai Batu Kapur

7 Rekomendasi Pantai Biru yang Indah di Bangka SelatanWisatabangkaselatan.com

Pantai Batu Kapur masuk list wajib destinasi wisata di Bangka Selatan yang kamu kunjungi. Bertempat di Kecamatan Toboali, Bangka Selatan, pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dengan lautan biru dan menjadi rumah bagi biota laut yang cantik. Pantai ini juga menjadi lokasi sentra kuliner yang menjajakan aneka hidangan khas Kepulauan Bangka.

Setelah puas bermain di pantai, kamu bisa mengisi perutmu dengan menikmati hidangan seafood di warung makanan di sepanjang pantai. Semakin nikmat, kamu juga bisa bersantai sambil menyedot kelapa muda dan menikmati pengalaman menyaksikan sunset di sana.

2. Pantai Batu Perahu

7 Rekomendasi Pantai Biru yang Indah di Bangka SelatanDirektori Pariwisata Kemenparekraf

Berbeda dengan kebanyakan pantai di Bangka Selatan, Pantai Batu Perahu justru menarik perhatian para wisatawan dengan bongkahan batu granit besar yang membentuk perahu. Bongkahan batu ini bertempat di bibir pantai yang menjadi spot strategis bagi pengunjung untuk berswafoto ria di sana. Pantai ini juga menjadi rumah bagi ikan laut yang cantik. Kamu juga bisa melakukan kegiatan seru di sini, seperti memancing ikan di dermaga dan menyaksikan matahari terbenam.

Mengutip Direktori Pariwisata, pantai yang berlokasi di Desa Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan ini cukup ternama ikonik di kalangan pecinta laut dan pantai.

3. Pantai Kelisut

7 Rekomendasi Pantai Biru yang Indah di Bangka SelatanPesona Travel

Berlokasi di 1,5 kilometer dari pusat Kota Toboali, Pantai Kelisut menjadi destinasi yang mudah dicapai oleh wisatawan. Untuk bisa ke pantai ini, kamu bisa mendatanginya dengan kendaraan roda dua atau empat.

Letaknya bersebelahan dengan Pantai Batu Perahu ini juga menawarkan taman hutan mangrove yang hijau. Tak heran, pantai ini memiliki pasirnya putih yang luas dengan beberapa area berlumpur. Hadirnya monyet bersifat ramah di pantai ini juga menjadi daya magis yang dapat menarik wisatawan.

4. Pantai Lampu

7 Rekomendasi Pantai Biru yang Indah di Bangka SelatanPesona Travel Indonesia/Adhim Maulana

Di balik indahnya pemandangan Pantai Lampu, ternyata menyimpan sejarah yang panjang. Konon, pada masa penjajahan Belanda, terdapat semacam tiang mercusuar yang berdiri kokoh sebagai penanda arus perjalanan kapal-kapal. Semenjak itu, pantai ini dinamai Pantai Lampu.

Pantai Lampu berlokasi di Desa Tanjung Labu, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan.

Keindahan lingkungannya bisa dilihat dari asrinya laut dengan air biru jernih, pantai yang landai dan hamparan pasir putih halus yang luas. Kamu juga bisa bersenang-senang dengan menikmati aktivitas seru seperti berenang, memancing, atau sekadar menikmati indahnya pantai.

5. Pantai Belawang

7 Rekomendasi Pantai Biru yang Indah di Bangka SelatanGoogle.com/Andi Junaidi

Pantai Belawang berlokasi di Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan ini menawarkan pengalaman menikmati pantai tersembunyi yang belum begitu terjamah oleh banyak orang.

Dengan lanskap alam yang asri, kontur pantainya yang landai, pasir putih yang indah membuat destinasi wisata ini menjadi hidden gem bagi pecinta travelling. Deretan bebatuan granit pun turut menghiasi bibir pantai. Hamparan air jernih dan suci dari polusi membuat kita bisa menyaksikan karang hijau di dasar pantai dengan oleh mata telanjang.

6. Pantai Tanjung Labun

7 Rekomendasi Pantai Biru yang Indah di Bangka SelatanKompasiana

Sekitar 35 menit dari pusat Kota Toboali, terdapat Pantai Tanjung Labun yang terletak di Desa Serdang. Ciri khas pantai ini terletak pada harmonisnya bebatuan besar dan hamparan pasir putih yang tampak berpaut memesona. Hutan rimbun yang mengelilingi pantai tentu menambah kesejukan di sekitarnya dan kerap dijadikan lokasi kemah bagi para wisatawan.

Awalnya, pantai ini merupakan kawasan hutan liar tanpa penghuni di Desa Serdang. Demi menambah daya tarik wisatawan, pemerintah Bangka menyulap hutan ini menjadi objek wisata pantai. Tak hanya itu saja, pemerintah Bangka Selatan juga turut menggenjot perekonomian rakyat dengan mempromosikan produk UMKM lokal lewat bazar maupun kedai-kedai kecil di sekeliling pantai.

Di sisi lain, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Serdang tetap berupaya mempertahankan kealamian di kawasan itu. Dengan fasilitas perlengkapan sewa seperti tenda dan tikar, banyak pengunjung turut menjajal aktivitas outdoor di sini, salah satunya berkemah.

7. Pantai Nek Aji

7 Rekomendasi Pantai Biru yang Indah di Bangka SelatanGoogle.com/Andri Sitompul

Deretan pantai terindah di Bangka Selatan lainnya adalah Pantai Nek Aji. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota, menjadikan pantai ini sering dimanfaatkan sebagai tempat penyelanggaraan berbagai kegiatan, misalnya acara festival, bazar, atau pesta rakyat. Semakin ikonik, pantai ini juga berdekatan dengan Benteng Toboali, tempat pertahanan pemerintah kolonial Belanda yang didirikan pada tahun 1825.

Bertempat di Desa Tanjung Ketapang, pantai ini cukup strategis untuk digapai melalui transportasi roda dua maupun empat. Pantai ini beriaskan pepohonan rindang yang memutari kawasan sehingga pengunjung dapat berteduh di tengah teriknya matahari saat menikmati panorama pantai.

Itulah beberapa rekomendasi pantai di Bangka Selatan yang sangat memesona. Kamu mau ke yang mana dulu, nih?

Baca Juga: Pesona Bangka Belitung yang Bikin Nggak Mau Pulang Liburan

Baca Juga: Kuliner Khas Bangka Belitung Ini Pasti BIkin Kamu Ketagihan

Baca Juga: 9 Rekomendasi Pantai di Malang, Panoramanya Keren Banget!