Tidak dapat dipungkiri popularitas drama Crash Landing on You yang booming awal tahun 2020 ini, berhasil mendapat tempat di hati penikmat drama Korea. Romansa dua negara antara seorang kapten tentara Korea Utara bernama Kapten Ri Jeong Hyeok (Hyun Bin) dengan seorang putri konglomerat di Korea Selatan bernama Yoon Se-Ri (Son Ye Jin), perlahan membuat penikmat drama Korea, penasaran dengan destinasi wisata dari negara yang sempat menutup diri dari dunia luar itu. 

Usut punya usut, Korea Utara ternyata memiliki keindahan alam yang cantik dan monumen bersejarah yang terjaga kondisinya. Udara di Korea Utara juga masih sangat segar untuk dinikmati. Buat kamu yang mau merasakan sensasi liburan berbeda, yuk, jelajahi destinasi wisata Korea Utara dan simak rekomendasinya di sini.

1. Juche Tower

Terpikat Pesona Kapten Ri? Jelajahi
5 Destinasi Wisata di Korea Utarawww.pinterest.com/foursquare

Destinasi wisata ikonik yang mencuri perhatian wisatawan di Korea Utara terletak di sebelah timur Sungai Taedong, yaitu sebuah menara putih yang menjulang tinggi hampir mencapai 170 meter dan menjadi kebanggaan dari warga Korea Utara. Menara tersebut diberi nama Juche Tower, diperkenalkan oleh Kim Il-sung sebagai simbol ideologi politik Juche kala itu. 

Selesai dibangun pada tahun 1982, Juche Tower kini menjadi destinasi wisata yang nggak boleh terlewatkan saat kamu bertandang ke negeri yang satu ini. Juche Tower pun menawarkan pengalaman tak terlupakan yang dapat kamu lihat dari atas puncak. Indahnya suasana kota Pyongyang yang teduh dan sunyi, jauh dari hiruk-pikuk keramaian.

2. Korean Demilitarized Zone (DMZ)

Terpikat Pesona Kapten Ri? Jelajahi
5 Destinasi Wisata di Korea Utarawww.pinterest.com/chaptertravel

Ingin merasakan destinasi wisata yang menegangkan? Kamu bisa berkunjung ke perbatasan dua negara Korea atau Korean Demilitarized Zone yang dibuat setelah perang kedua Korea usai. Meski tak lagi mencekam, namun kamu pun perlu menjaga sikap dan berpakaian rapi selama berada di tempat tersebut. Uniknya, pemandangan di DMZ ini menyuguhkan destinasi wisata yang berbeda. 

Jika mengarahkan pandangan ke arah Korea Selatan, kamu akan melihat Taman Perdamaian Nuri, Observatorium Dora, dan Observatorium Gunung Odu. Sementara dari sisi Korea Utara, kamu akan menemukan Pos Pengamatan Wall Concrete dan Panmunjom yang menghadap ke tank pertahanan di area tersebut. Untuk mencapai area perbatasan ini, kamu perlu ikut paket tur yang khusus yang menawarkan destinasi wisata ke tempat tersebut. Bukan sembarang orang yang dapat melihat destinasi wisata Korean Demilitarized Zone. Tertarik untuk berkunjung?

3. Ullim Waterfall

Terpikat Pesona Kapten Ri? Jelajahi
5 Destinasi Wisata di Korea Utarawww.north-korea-travel.com

Nggak hanya destinasi wisata bersejarah saja yang dapat kamu temui di Korea Utara, tapi kalau kamu sedikit melipir ke daerah Wonsan, ada sebuah destinasi wisata alam yang masih sangat terjaga keasriannya, yaitu Ullim Waterfall. Berada tak jauh dari kota pelabuhan Wonsan, air terjun dengan kejernihan air sungainya ini dikembangkan oleh Kim Jong-il pada tahun 1999 dan resmi menjadi destinasi wisata alam pada tahun 2001. 

Belum terlalu banyak terekspos, Ullim Waterfall dapat menjadi destinasi wisata yang tepat untuk kamu menghabiskan waktu sambil menenangkan keruhnya pikiran. Untuk dapat menjangkau air terjun ini, kamu perlu menaiki kapal dari pelabuhan Wonsan.

4. Baekdu Mountain

Terpikat Pesona Kapten Ri? Jelajahi
5 Destinasi Wisata di Korea Utarawww.pinterest.com/minzy

Kalau kamu tahu gunung Everest yang menjulang tinggi dan terbentang melewati beberapa negara, maka di Korea Utara, gunung Baekdu-lah yang menjadi pusatnya. Gunung tersebut memiliki ketinggian sekitar 2.744 mdpl, serta melintasi perbatasan Korea Utara dan China. Gunung tertinggi di semenanjung Korea ini merupakan saksi bisu perang gerilya Korea dengan Jepang, yang menjadi akhir Perang Dunia II pada tahun 1945.

Buat yang suka hiking, wajib banget buat memasukkan gunung Baekdu sebagai daftar destinasi wisata yang harus dikunjungi. Dari atas puncak, kamu dapat menyaksikan pesona alam yang indah dikelilingi kawah besar, atau dikenal dengan sebutan Heaven Lake.

5. Sino Bridge

Terpikat Pesona Kapten Ri? Jelajahi
5 Destinasi Wisata di Korea Utarawww.flickr.com

Jika jembatan Hangang menghubungkan distrik Yongsan-gu di Utara dan Dongjak-gu di Selatan, maka di Korea Utara terdapat sebuah jembatan persahabatan yang menghubungkan kota Dandong (China) dengan kota Sinuiju (Korea Utara), bernama Sino Bridge. Dibuka sejak tahun 2016, keindahan Sino Bridge akan terpancar kala malam hari tiba. Sisi jembatan tersebut dipasangi lampu yang sinarnya berpendar dengan cantik. Kamu pun dapat berswafoto di depan jembatan, sambil mengaggumi luasnya air sungai Yalu yang membentang.

Bagaimana Bela? Semakin berniat membeli tiket pesawat ke Korea Utara?

Baca Juga: Nyeleneh, 10 Aturan Ini Wajib Dipatuhi Saat Traveling ke Korea Utara!