Tahukah kamu bahwa tahun 2022 ini, Korea Selatan telah membuka perbatasan perjalanan untuk wisatawan asing, setelah dua tahun pandemi COVID-19. Kamu bisa kembali berlibur dengan mematuhi beberapa persyaratan yang berlaku di Korea Selatan, lho

Korea Selatan termasuk salah satu negara dengan banyak tempat wisata indah. Tak hanya hanya di Seoul yang merupakan pusat kota, tetapi juga Daegu yang bisa dikunjungi dengan perjalanan selama 1 jam 40 menit menggunakan KTX. 

Di Daegu, kamu bisa mengeksplorasi tempat wisata seru yang minim akan bujet sehingga meminimalisir pengeluaran. Melansir dari Asianwanderlust.com, berikut wisata seru di bawah ini yang bisa menjadi rekomendasi kamu saat liburan hemat ke Korea Selatan.  

1. Mendaki pegunungan di sekitar Daegu

Liburan Hemat, 8 Wisata Seru di Daegu Ini Harus Kamu KunjungiKpopmap.com

Sebagai kota yang terletak di tengah pegunungan, kamu bisa melakukan banyak aktivitas mendaki selama liburan di Daegu. Salah satunya, Taman Alam Palgongsan yang memiliki jalur sepanjang 1,2 kilometer dan bisa ditempuh sekitar 45 menit untuk mencapai puncak. 

Di puncak Taman Alam Palgongsan, kamu dapat melihat patung Gatbawi yang terkenal. Patung tersebut dibangun pada abad ke-7 dengan ciri khas batu datar di atas kepalanya. Buat kamu yang ingin melihat keindahan dari Taman Alam ini, kamu bisa menggunakan bus lokal dari Stasiun Dongdaegu. 

2. Berkunjung ke pasar herbal Yangyeongsi

Liburan Hemat, 8 Wisata Seru di Daegu Ini Harus Kamu KunjungiKoreaherald.com

Sama seperti di Indonesia, Daegu juga mempunyai pasar tradisional yang menjual obat herbal. Pasar Yangyeongsi termasuk pasar obat oriental terbesar dan terlama di seluruh Korea. 

Pasar ini didirikan sejak 1658 dan membentang sepanjang jalan Namseong-ro, dekat Pusat Budaya Pengobatan Oriental Yangyeongsi. Jika ke Daegu, tidak ada salahnya kamu berkunjung pasar herbal Yangyeongsi, karena pasar ini berbeda dari pasar lain di Korea. 

Kamu bisa melihat aktivitas para pedagang atau mendengar para pedagang yang tengah menjelaskan metode kuno pengobatan tradisional Korea. Buat berkunjung ke pasar ini, kamu bisa naik kereta bawah tanah line 1, lalu turun di Stasiun Jungangno dan keluar dari exit 1.  

3. Menyambangi Kuil Donghwasa

Liburan Hemat, 8 Wisata Seru di Daegu Ini Harus Kamu KunjungiEnglish.visitkorea.or.kr

Kuil Donghwasa merupakan salah satu kuil paling terkenal di Daegu. Kuil ini memiliki sejarah dari abad ke-17 dan pernah dihancurkan, serta dibangun berkali-kali. Berada satu area dengan Taman Alam Palgongsan, kamu bisa mengunjungi dua wisata seru sekaligus dalam satu waktu.

Saat ulang tahun Buddha, biasanya penduduk lokal dan wisatawan asing berduyun-duyun datang ke lokasi ini untuk melihat festival lentera yang dinyalakan di seluruh kuil. Kamu bisa datang ke kuil menggunakan bus lokal dari Stasiun Dongdaegu.

Lalu, turun di Halte Bus Kuil Donghwasa, yang berjarak 8 menit dengan berjalan kaki. Biaya masuk kuil ini sebesar 2.500 won atau setara Rp29 ribu. 

4. Melihat kehidupan malam di Banwoldang

Liburan Hemat, 8 Wisata Seru di Daegu Ini Harus Kamu KunjungiPinterest.com

Tak lengkap rasanya tidak menikmati suasana malam saat liburan di Daegu. Meski jauh dari pusat kota, Daegu tetap ramai dengan aktivitas malam di sekitar Bandolwang. Di area ini, kamu bisa menemukan beragam toko yang menjual aksesoris dan fashion. 

Jalan-jalan Bandolwang turut menjajakan makanan Internasional seperti kebab atau burger. Dari Stasiun Daegu, kamu bisa naik bus lokal ke Stasiun Bandolwang. Lalu, keluar di pintu 1 dan berjalan kaki selama 3 menit. 

5. Menjelajahi pasar lama Seomun

Liburan Hemat, 8 Wisata Seru di Daegu Ini Harus Kamu KunjungiVisitkorea.or.id

Dikenal sebagai pasar tekstil terbaik di Daegu, pasar lama Seomun merupakan pasar yang tersisa dari sejarah Dinasti Joseon dan berlokasi 45 Keunjang-ro 26-gil, Jung-gu, Daegu, Korea Selatan. 

Ada lebih dari 4.000 kios yang menjajakan pakaian tradisional berkualitas tinggi hingga makanan tradisional khas Daegu. Saat berkunjung ke pasar lama Seomun, kamu tidak perlu khawatir kepanasan, karena sudah dilengkapi sistem pedingin demi memanjakan wisatawan asing berbelanja. 

Kamu bisa naik kereta bawah tanah line 2 ke Stasiun Seomunisijang, dan keluar dari pintu 1. Kemudian, berjalan kaki sekitar 300 meter ke Persimpangan Dongsan untuk mencapai pasar lama Seomun. 

6. Menikmati keindahan Taman Apsan

Liburan Hemat, 8 Wisata Seru di Daegu Ini Harus Kamu KunjungiEnglish.visitkorea.or.kr

Terletak di selatan Daegu, Taman Apsan terdiri dari serangkaian lembah dan puncak gunung Apsan. Tempat ini sangat indah saat musim bunga Sakura atau musim gugur. Di dalam taman, terdapat Museum Pertempuran Sungai Nakdong yang didedikasikan untuk Perang Korea. 

Selain menikmati keindahan alam, kamu bisa ke puncak gunung Apsan dengan naik kereta gantung dengan biaya sekitar 7.500 won atau Rp86 ribu untuk sekali jalan. Disarankan naik saat matahari terbenam, karena pemandangan dari bawah ke atas sangat indah. 

Di kaki gunung Apsan, ada beberapa aktivitas yang bisa kamu ikuti seperti memanah, menunggang kuda, atau berenang. Menggunakan bus lokal dari Stasiun Daegu, kamu sudah bisa sampai ke lokasi ini. 

7. Menyisir Danau Suseong

Liburan Hemat, 8 Wisata Seru di Daegu Ini Harus Kamu KunjungiPinterest.com

Ketika malam tiba, datanglah ke lokasi Danau Suseong. Kamu bisa menyisir danau yang populer di musim semi dan musim panas ini. Danau ini mudah ditemukan, karena terletak di tengah kota Daegu. 

Danau ini cocok buat kamu yang ingin menikmati angin segar di tepi danau dengan jalan santai, sambil menyantap street food Korea. Di danau Suseong juga terdapat penyewaan perahu angsa atau taman hiburan anak-anak, lho. 

Danau Suseong berlokasi di 725, Sang-dong, Suseong-gu, Daegu, Korea Selatan. Dengan menggunakan bus lokal dai Daegu, kamu sudah bisa sampai di lokasi ini. 

8. Melepas lelah di kafe Daily Oasis

Liburan Hemat, 8 Wisata Seru di Daegu Ini Harus Kamu KunjungiInikpop.com

Terakhir, ada tempat spesial buat kamu yang senang cafe hopping. Daegu punya salah satu kafe kekinian bernama Daily Oasis. Kafe ini memanjakan lidah wisatawan asing dengan berbagai macam hidangan dari teh hijau alias matcha  dengan tema kaktus.

Daily Oasis berlokasi 700 Gukchaebosang-ro, Dongin-dong, Jung-gu, Daegu, Korea Selatan. Tidak jauh dari Rumah Sakit Universitas Kyungbook. Kamu bisa melepas lelah di kafe ini dengan menggunakan bus lokal dari Stasiun Daegu dan berhenti di Pemberhentian Dongin Negeori 1. 

Kemudian, berjalan kaki selama 7 menit ke arah kafe Daily Oasis. Jam buka kafe ini dari Senin sampai Jumat jam 10.00-21.00 waktu setempat. 

Ternyata, Daegu menyimpan banyak wisata seru di setiap sudut kota, ya. Tertarik untuk mengunjunginya, Bela?

Baca Juga: Selain Seoul, Ini Kota Terbaik di Korea Selatan yang Patut Dikunjungi

Baca Juga: 10 Restoran dan Café di Korsel Milik Idol K-Pop yang Wajib Dikunjungi

Baca Juga: 8 Hal Unik di Korea Selatan yang Banyak Orang Tidak Tahu