Mengayuh sepeda bukan sekadar hobi, ada yang menggunakan kendaraan roda dua ini sebagai moda transportasi. Menawarkan banyak manfaat, tidak mengherankan jika bersepeda kini menjadi gaya hidup baru untuk beberapa orang.

Beberapa manfaat dari bersepeda dapat kamu rasakan secara fisik, seperti membantu menguatkan otot kaki, menurunkan berat badan, hingga menurunkan kolesterol. Di beberapa sudut kota di dunia, tersimpan kota-kota yang ramah untuk para pesepeda. Penasaran ada di mana saja? Berikut daftar yang telah Popbela rangkum dari situs Time Out. 

1. Helsinki, Finlandia

Rata-rata di Eropa, Berikut 10 Kota Paling Ramah Untuk Bersepedaunsplash.com/tap5a

Ibu Kota Finlandia ini memiliki jalur khusus sepeda sepanjang 1200 km, dan—mungkin—kamu akan terkejut mengetahui fakta bahwa di sini hampir tidak ada tempat di mana kamu tidak dapat mengendarai sepeda.

Helsinki menyediakan ruang aman untuk bersepeda, di kota ini, bersepeda terintegrasi secara setara di antara moda transportasi lainnya. Dalam praktiknya, salah satu upaya yang dilakukan adalah memisahkan jalur bersepeda dari ruang pejalan kaki dan trotoar. 

2. Oslo, Norwegia

Rata-rata di Eropa, Berikut 10 Kota Paling Ramah Untuk Bersepedaunsplash.com/od_rangel

Selama beberapa waktu, Oslo menjadi salah satu kota yang tertinggal dalam hal bersepeda. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Oslo telah merevitalisasi kota mereka dan membangunnya menjadi kawasan yang menyenangkan untuk bersepeda. Pemerintah berhasil menggabungkan alam dan kehidupan kota—dekatnya jarak antara pusat kota dengan pedesaan—jadi menyenangkan untuk bersepeda di sini. 

3. San Francisco, California

Rata-rata di Eropa, Berikut 10 Kota Paling Ramah Untuk Bersepedaunsplash.com/romainbriaux

San Francisco merupakan salah satu kota yang ramah bagi pesepeda di Amerika Serikat. Meski bukit-bukit di kota ini membuat kegiatan bersepeda menjadi sulit, banyak bagian kota yang relatif datar, sehingga memudahkan penduduknya untuk bekerja, belanja, dan pergi ke taman menggunakan sepeda. 

4. Ljubljana, Slovenia

Rata-rata di Eropa, Berikut 10 Kota Paling Ramah Untuk Bersepedaunsplash.com/eugene_kuznetsov

Terletak di bagian tengah negara Slovenia, Ljubljana merupakan salah satu kota terbaik untuk bersepeda. Lebih dari satu dekade lalu, pemerintah telah memutuskan untuk memprioritaskan para pejalan kaki dan pengendara sepeda dibandingkan lalu lintas bermotor, tak mengherankan ia menjadi tuan rumah untuk Velo-city 2022. Kota ini telah mendapat pengakuan atas kebijakan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan dengan pengurangan emisi karbon hingga 70%. 

5. Utrecht, Belanda

Rata-rata di Eropa, Berikut 10 Kota Paling Ramah Untuk Bersepedaunsplash.com/datingscout

Di Utrecht, pengendara sepeda diutamakan. Sekitar sepertiga penduduk berkeliling kota menggunakan sepeda setiap harinya. Hal ini merupakan salah satu perencanaan kota yang berfokus untuk mendorong perjalanan roda dua untuk masa depan berkelanjutan. Kota ini dilengkapi dengan infrastruktur berkualitas serta investasi infrastruktur yang membuat kegiatan bersepeda menjadi lebih menarik. 

6. Minneapolis, Minnesota

Rata-rata di Eropa, Berikut 10 Kota Paling Ramah Untuk Bersepedaunsplash.com/steijn_leijzer

Bukan Portland atau Chicago, kota Minneapolis merupakan kota paling ramah untuk mengendarai sepeda di Amerika Serikat. Kota ini memiliki lebih banyak infrastruktur ramah sepeda serta lebih banyak jalur untuk bersepeda daripada tempat lain di Amerika. 

Melansir dari National Geographic, kota ini terkenal dengan bekas koridor rel sepanjang 5,5 mil yang disebut Greenway, yang sekarang menjadi jalur sepeda komuter lintas kota dengan akses mudah ke taman, toko, dan restoran.

7. Copenhagen, Denmark

Rata-rata di Eropa, Berikut 10 Kota Paling Ramah Untuk Bersepedaunsplash.com/febiyanr

Di Copenhagen, sebagian besar perjalanan ke tempat kerja atau sekolah dilakukan dengan memanfaatkan kendaraan beroda dua ini. Faktor utamanya karena infrastruktur, kota ini telah menunjukkan bahwa dengan jaringan infrastruktur yang sederhana, aman, dan terhubung, sepeda dapat menjadi moda transportasi yang kompetitif bagi orang-orang dari segala usia dan kemampuan—melansir dari visitcopenhagen.com. Bahkan, di tahun 2019, kota ini kembali terpilih menjadi kota bersepeda terbaik di dunia.

8. Portland, Oregon

Rata-rata di Eropa, Berikut 10 Kota Paling Ramah Untuk Bersepedaunsplash.com/rdh2media

Jalur sepeda yang ramah telah memudahkan warga Portland untuk menggunakan moda transportasi beroda dua ini saat bepergian. Kota ini cocok dikunjungi untuk kamu yang ingin menikmati kenyamanan bersepeda di perkotaan, karena Portland menyediakan kota yang hampir mendekati sempurna untuk itu. Di sisi lain, kota ini terus membuat langkah dalam meningkatkan dan memperluas infrastruktur dan fasilitas yang ditawarkannya kepada pengendara.

9. Amsterdam, Belanda

Rata-rata di Eropa, Berikut 10 Kota Paling Ramah Untuk Bersepedaunsplash.com/gj098

Amsterdam dan sepeda layaknya sahabat yang tidak terpisahkan, kota ini unggul dalam hal infrastruktur bersepeda. Membangun jalur khusus sebanyak 175 rute, nggak mengherankan jika kota ini disebut sebagai surga untuk bersepeda. Tidak perlu takut tersesat, ada petunjuk jalan yang jelas serta deretan toko dan bengkel yang siap membantu kamu jika terjadi masalah dengan sepeda yang sedang kamu kendarai.

10. Bordeaux, Prancis

Rata-rata di Eropa, Berikut 10 Kota Paling Ramah Untuk Bersepedaunsplash.com/vincegx

Bordeaux disebut-sebut sebagai kota paling ramah untuk bersepeda di Prancis. Kota ini memiliki pemandangan alam berupa kebun anggur yang indah. Di sini, tersedia banyak toko yang menyewakan sepeda untuk turis, bahkan beberapa hotel dan tempat menginap menyediakan sepeda untuk para tamunya. Nggak mengherankan jika kamu melihat banyak turis dan warga lokal yang berkeliling kota menggunakan sepeda.

Itulah deretan kota yang paling ramah bagi pengendara sepeda. Tertarik mengunjunginya?

Baca Juga: 9 Kota di Dunia yang Kini Sudah Lenyap, Hilang ke Mana?

Baca Juga: 10 Kota Terbaik di Dunia 2022, Indonesia Masuk 5 Besar, Lho!

Baca Juga: 10 Potret Kota Tertua di Dunia, Dari Yerusalem hingga Yerikho