Adanya pelonggaran syarat mudik Lebaran 2022 memudahkan siapa saja untuk bersilaturahmi sekaligus merekatkan diri dengan anggota keluarga di kampung. Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada tanggal 29 April-30 April 2022. Kelonggaran ini akan berdampak pada tempat wisata favorit incaran wisatawan domestik, serta masyarakat yang memilih untuk tidak mudik.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memperkirakan akan ada lebih dari 48 juta orang yang berkunjung ke tempat wisata. Terkhusus untuk kamu yang tinggal di wilayah Jabodetabek, inilah beberapa destinasi wisata yang berpotensi ramai dikunjungi saat libur lebaran. Berikut daftarnya! 

1. Kebun Teh Cianten

9 Destinasi Wisata yang Berpotensi Ramai Saat Libur Lebaran 2022instagram.com/muhamad__emil

Harga tiket masuk: Gratis 

Jam operasional: 07.00 WIB-17.00 WIB

Tidak perlu jauh-jauh ke Puncak, Kebun Teh Cianten akan menyuguhkan hamparan kebun teh dengan udara sejuk. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin bersantai sejenak dari hiruk pikuk suasana kota. 

Terletak di kawasan Cianten, Kecamatan Leuwiliang, kebun teh ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII. Berlokasi di kaki Gunung Halimun Salak, Kebun Teh Cianten berjarak kurang lebih 24 km dari pusat Leuwiliang.

2. Desa Wisata Kampung Sejarah Wisata Kota Tua Jakarta

9 Destinasi Wisata yang Berpotensi Ramai Saat Libur Lebaran 2022instagram.com/kotatuajakarta.id

Harga tiket masuk: Rata-rata Rp5 ribu untuk orang dewasa dan gratis untuk pelajar/mahasiswa/anak-anak di bawah 3 tahun.

Jam operasional: Rata-rata Selasa-Jumat 08.00 WIB-15.30 WIB, Sabtu dan Minggu 08.00 WIB-16.00 WIB

Menyimpan berbagai bangunan peninggalan kolonial sejak masa VOC Belanda, pada abad ke-16, lokasi ini dijuluki sebagai “Permata Asia” dan “Ratu dari Timur” oleh para pelayar dari Eropa.

Di sini kamu dapat mengunjungi berbagai tempat wisata, seperti Kantor Pos Kota Tua Jakarta, Museum Fatahillah, Museum Wayang, Cafe Batavia, hingga Toko Merah.

Terletak di Jakarta Barat, kamu bisa mengunjungi Wisata Kotatua menggunakan transportasi umum seperti TransJakarta dan KRL - Commuterline Indonesia.

3. Telaga Warna Puncak

9 Destinasi Wisata yang Berpotensi Ramai Saat Libur Lebaran 2022instagram.com/telagasaatpuncak

Harga tiket masuk: Rp15 ribu/orang 

Jam operasional: Setiap hari 08.00 WIB-17.00 WIB

Menjadi salah satu destinasi wisatawan di kawasan Puncak Bogor, Telaga Warna sering ramai di waktu libur panjang. Di sini, pengunjung akan menikmati pemandangan bukit dan rimbunan pohon, semakin lengkap dengan udara sejuk yang menyegarkan.

Dikenal dengan nama Telaga Warna, sebab air danau dapat berubah warna di waktu tertentu seperti hijau, cokelat, kuning gelap hingga kuning terang akibat keberadaan alga di dalam danau. Berkat lingkungan yang masih asri, di sini kamu bisa menemukan berbagai fauna seperti kera abu-abu, lutung, hingga babi hutan.

4. Dunia Fantasi (Dufan)

9 Destinasi Wisata yang Berpotensi Ramai Saat Libur Lebaran 2022instagram.com/duta_erl

Harga tiket masuk: Rp250 ribu/orang

Jam operasional khusus libur Lebaran 2022: 09.00 WIB-15.00 WIB

Masih menyatu dengan Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara, Dufan merupakan lokasi favorit untuk kamu yang ingin melepas penat dengan berbagai permainan ekstrem. Mulai dari permainan santai seperti bianglala dan kunjungan ke istana boneka, hingga permainan yang menantang adrenalin seperti halilintar dan hysteria. Kini, kamu akan lebih mudah membeli tiket via online melalui situs www.ancol.com.

5. Devoyage Bogor

9 Destinasi Wisata yang Berpotensi Ramai Saat Libur Lebaran 2022instagram.com/hazeltjo

Harga tiket masuk: Rp30-40 ribu/orang

Jam operasional: Setiap hari pukul 12.00 WIB-20.00 WIB

Menginginkan suasana khas Eropa untuk berlibur? Bogor menyimpan Devoyage di Jalan Boulevard CBD, Bogor Selatan yang bisa kamu kunjungi. Memiliki bermacam-macam miniatur ikon dari berbagai negara di Eropa, pengunjung juga dapat menikmati jalan-jalan menggunakan gondola layaknya di Venesia. Bahkan ada spot unik untuk kamu yang datang bersama pasangan, di sini kamu bisa menuliskan nama pasangan di gembok cinta.

6. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

9 Destinasi Wisata yang Berpotensi Ramai Saat Libur Lebaran 2022instagram.com/info_jakartatimur

Harga tiket masuk: Rp25 ribu/orang (Belum termasuk ke dalam berbagai objek wisata di dalamnya)

Jam operasional: Senin-Jumat 09.00 WIB-17.00 WIB

Lokasi wisata dengan luas 150 hektar ini merupakan salah satu rekreasi terbesar di Indonesia. Di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai tempat menarik seperti bangunan rumah adat provinsi di Indonesia, taman terbuka, hingga berbagai objek wisata kekinian seperti skyworld. Meski di beberapa bagian masih dalam tahap renovasi, pengunjung sudah dapat mengunjungi TMII.

7. Jungleland Adventure Theme Park

9 Destinasi Wisata yang Berpotensi Ramai Saat Libur Lebaran 2022instagram.com/hannihandayani

Harga tiket masuk: Rp175k/orang

Jam operasional: Senin-Jumat 10.00 WIB-17.00 WIB, Sabtu dan Minggu 09.00 WIB-18.00 WIB

Dibangun di atas tanah seluas 35 hektar, Jungleland terletak di kawasan Sentul Nirwana, Sentul City, Bogor. Memiliki lebih dari 41 wahana untuk segala umur, Jungleland terbagi menjadi lima zona, yaitu Carnivalia, Tropicalia, Mysteria, Eksplora dan Downtown. Jungleland juga menyediakan puluhan menu kuliner yang tersebar di berbagai kafe dan resto.

8. Curug Ciherang

9 Destinasi Wisata yang Berpotensi Ramai Saat Libur Lebaran 2022instagram.com/nurulmoto

Harga tiket masuk: Rp40 ribu/orang 

Jam operasional: Setiap hari 07.00 WIB-18.00 WIB

Ingin menikmati nuansa alam yang masih alami dan arsi? Curug ciherang menyuguhkan pesona alam yang hijau dengan suasana yang sejuk. Terletak di Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Curug Ciherang merupakan air terjun bertingkat tiga yang sisinya dikelilingi pepohonan hijau. 

Lewat jembatan gantung, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang cocok dijadikan spot selfie. Di sini, juga tersedia kolam renang untuk kamu yang ingin bermain air sekaligus seluncuran, air mancur dan menyiram tubuh dengan ember raksasa.

9. Taman Safari Indonesia Cisarua

9 Destinasi Wisata yang Berpotensi Ramai Saat Libur Lebaran 2022instagram.com/taman_safari

Harga tiket masuk: Mulai dari Rp200 ribu 

Jam operasional: Senin-Jumat 09.00 WIB-17.30 WIB, Sabtu dan Minggu 08.30 WIB-17.30 WIB

Cocok dikunjungi bersama keluarga, teman atau pasangan, Taman Safari merupakan tempat wisata berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Perpaduan antara kebun binatang modern dan wisata alam yang disuguhkan Taman Safari menyimpan lebih dari 2.500 ekor hewan.

Di sini, pengunjung dapat dengan bebas berinteraksi langsung dengan memberi makan hewan-hewan di Taman Safari, bahkan bisa mendekat dengan semua jenis hewan dengan menggunakan mobil pribadi ataupun bus yang sudah disediakan.

Di hari libur yang singkat ini, kita bisa memanfaatkannya untuk berlibur dan bersantai sejenak. Untuk kamu yang nggak mudik, bisa melipir sejenak untuk menikmati waktu libur dengan berjalan-jalan ke destinasi wisata terdekat.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Lokasi Wisata Balon Udara di Dalam Negeri

Baca Juga: Worth to Visit! 7 Wisata Alam Indonesia yang Mirip Grand Canyon

Baca Juga: Mau Traveling Dekat Jakarta di Tengah Pandemi? Coba 7 Curug Ini, Yuk!