Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Hal ini dirasakan secara langsung oleh para pelaku industri busana muslim Tanah Air. Berdasarkan data Tokopedia, berbagai item busana muslim mengalami pengingkatan penjualan selama bulan suci ini.

“Produk fashion muslim seperti hijab segi empat, mukena, gamis wanita dan baju koko pria menjadi beberapa produk paling diburu masyarakat Indonesia di Tokopedia menjelang Ramadan,” ungkap AVP of Category Development Tokopedia, Falah Fakhriyah dalam virtual media briefing, Rabu (6/4).

Tokopedia Dukung UMKM Busana Lokal dengan Ramadan In Styleyoutube.com/Tokopedia

Karena hal tersebut, Tokopedia berinisiatif mengadakan kampanye Ramadan in Style. Platform e-commerce dengan ciri khas warna hijau tersebut bertujuan mendukung berbagai UMKM busana lokal di masa pandemi ini. 

“Melalui Ramadan in Style, Tokopedia berupaya mendukung keberlangsungan bisnis para pegiat usaha, khususnya UMKM fesyen lokal, agar dapat meraja di negeri sendiri serta memajukan pertumbuhan ekonomi nasional,” sambung Falah.

Kampanye Ramadan in Style sendiri rencananya akan berlangsung hingga 30 April mendatang. Ada banyak promo yang ditawarkan, mulai dari flash sale dari Rp2.022, cashback hingga Rp300.000, diskon sampai dengan 90%, hingga peluncuran eksklusif dari para pegiat usaha mode lokal.

Ajang perluas exposure

Tokopedia Dukung UMKM Busana Lokal dengan Ramadan In StyleWearing Klamby

Ramadan in Style lantas dimanfaatkan oleh sederet UMKM lokal. Pasalnya, kampanye seperti ini menjadi ajang strategis untuk memperluas exposure.

“Kampanye ini sangat membantu dan mendukung kami sebagai penggiat bisnis di bidang mode. Platform (Ramadan) In Style ini jadi platform kami berjualan secara online. Kampanye ini juga menghadirkan brand fashion lokal yang telah dikurasi sehingga masyarakat mudah mendapatkan produk fesyen dengan kualitas baik serta keamanan dalam belanja,” ujar CEO Wearing Klamby Muhamad Ridho.

Wearing Klamby merupakan UMKM yang menyediakan busana-busana dengan gaya ringan dan nyaman dikenakan sehari-hari, Tak ketinggalan, mereka juga konsisten mengangkat kekayaan budaya Indonesia yang tercermin dari berbagai koleksi seperti Mandalika, Aceh, dan Sulawesi. Merek ini sukses masuk sebagai tiga besar penjual di Ramadan in Style 2021 atas peningkatan transaksi yang mencapai 300% dibanding hari-hari biasa.

Tokopedia Dukung UMKM Busana Lokal dengan Ramadan In StyleZYTA DELIA

Manfaat serupa juga dirasakan oleh ZYTA DELIA, UMKM mode yang menyediakan berbagai kebutuhan perempuan. Sang founder, Zyta Delia Rahmah, mengaku bisnisnya mengalami peningkatan setelah bergabung dengan Tokopedia. 

“Momen Ramadan merupakan momen yang penting bagi pegiat usaha khususnya yang bergerak di bidang fesyen seperti kami. Saat Ramadan, transaksi kami mengalami peningkatan yang signifikan, khususnya setelah bergabung dengan Tokopedia,” tutur Zyta. 

Bersamaan dengan kampanye tahun ini, ZYTA DELIA meluncurkan koleksi scarf terbaru bertema klasik serta neo antique. Influencer Adelia Pasha pun digandeng untuk berkolaborasi mempromosikannya.

Program donasi Tokopedia

Tokopedia Dukung UMKM Busana Lokal dengan Ramadan In Styletokopedia.com

Ramadan ini juga menjadi bulan yang penuh berkah bagi saudara di luar sana yang membutuhkan uluran tangan. Sebagian keuntungan kampanye ini rencananya akan didonasikan melalui program Donasi Tokopedia Salam. Tokopedia pun bermitra dengan sejumlah lembaga tepercaya, seperti Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat dan mitra strategis lainnya.

Siap berbelanja nih, Bela?

Baca Juga: Hadirkan Ekosistem Inklusif, Tokopedia Luncurkan Fitur Ramah Difabel

Baca Juga: Bingung Mau Ngapain? 5 Tips Ngabuburit Anti Bosan Bareng Shopee

Baca Juga: Racik Secret Menu Kopimu Sendiri di Starbucks Coffeemezation