IDN Media melalui IDN Foundation kembali mendirikan rumah baca. Bernama Saung Baca IDN Foundation, bangunan ini berlokasi di Cengkareng, Jakarta Barat. Sebelumnya, saung baca yang pertama terletak di Tangerang.

Fasilitas ini dibangun sebagai sarana edukasi anak-anak yang memiliki keterbatasan akses pada pendidikan dan fasilitas belajar.  Hal ini sejalan dengan visi IDN Media, yaitu mendemokratisasi akses informasi dan memberi dampak positif pada masyarakat melalui pendidikan literasi.

Saung Baca IDN Foundation merupakan program dari IDN Media yang direalisasikan untuk menyediakan sarana belajar dan meningkatkan pendidikan literasi bagi anak yang memiliki keterbatasan akses. Hal ini sejalan dengan visi IDN Media untuk demokratisasi informasi, termasuk dalam bidang pendidikan pada anak, dan juga memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ujar CEO IDN Media Winston Utomo.

Kolaborasi dengan berbagai pihak

Jadi Sarana Edukasi, IDN Foundation Bangun Saung Baca KeduaDok. IDN Media

Dalam pengelolaannya, saung baca ini akan dibantu oleh Komunitas Taman Baca Carita. Secara konsisten, komunitas ini melakukan kegiatan edukasi bagi anak-anak di lingkungan sekitar, seperti perpustakaan keliling dan pendampingan belajar gratis.

Tak hanya itu, IDN Foundation juga berkolaborasi dengan Indorelawan. Masyarakat pun turut andil dengan pembukaan donasi buku layak baca, seperti buku cerita anak, buku aktivitas (menggambar, mewarnai), buku umum (biografi, sains, motivasi), buku sastra dan ensiklopedia anak. 

Total buku terkumpul lebih dari 600 buku, yang selain dialokasikan untuk Saung Baca IDN Foundation, sebagian juga dikirimkan ke Komunitas Rumah Dongeng (Bekasi) dan Sekolah Teluk Bintuni (Papua).

Tingkatkan minat baca anak-anak

Jadi Sarana Edukasi, IDN Foundation Bangun Saung Baca KeduaDok. IDN Media

IDN Foundation berharap agar saung baca yang didirikan dapat mendukung kegiatan belajar, sambil terus meningkatkan minat baca bagi anak-anak di daerah tersebut melalui koleksi buku edukasi yang diberikan. Dengan demikian, wawasan baru, kemauan belajar, dan akses ke informasi yang lebih baik dapat diperoleh oleh anak-anak didik Saung Baca IDN Foundation.

Harapan kami, Saung Baca IDN Foundation juga dapat meningkatkan minat baca bagi anak-anak di daerah sekitar melalui koleksi buku yang diberikan. One step at a time, for a better Indonesia,” sambung Winston.

Baca Juga: Tambah Portofolio, IDN Pictures Segera Produksi 2 Film Terbarunya

Baca Juga: IDN Luncurkan Dana Rp50 Miliar untuk Program IDN Live Streamer Fund

Baca Juga: Bersama Instagram dan Ariel Tatum, Festival Pulih 2021 Resmi Dimulai