Fakta & Potret Banjir Dubai, Negara Kaya yang Kini Terendam

Jalanan hingga fasilitas penting kena dampaknya

Fakta & Potret Banjir Dubai, Negara Kaya yang Kini Terendam

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Banjir besar tengah melanda Dubai, Uni Emirat Arab sejak Selasa (16/4). Negara kaya tersebut kini terendam. Dari berbagai potret yang beredar di internet, jalanan yang dilintasi oleh kendaraan mewah itu, sudah layaknya sebuah sungai.

Lantas, apa penyebab banjir di negara yang curah hujannya terbilang rendah? Simak kumpulan fakta dan potretnya di bawah ini.

Hujan terbesar

Fakta & Potret Banjir Dubai, Negara Kaya yang Kini Terendam

Hujan yang mengguyur Uni Emirat Arab pada 16 April kemarin diklaim sebagai hujan terbesar yang pernah terjadi di negara ini. Mengutip CNN, curah hujan hari itu mencapai 250 mm. Jalanan perkotaan Dubai seketika terendam banjir hanya dalam waktu singkat.

Praktis, jalanan pun jadi tersendat karena banjir ini. Di beberapa titik, sejumlah warga bahkan harus rela meninggalkan mobilnya di jalan karena akses yang tak memungkinkan.

Transportasi umum lumpuh

Banjir Dubai 2024 kemudian menjadi banjir terparah sejak 1949. Bagaimana tidak? Curah hujan yang mengguyur beberapa hari terakhir ini disebut setara dengan curah hujan normal Dubai selama setahun.

Hal ini lantas menyebabkan transportasi umum ikutan lumpuh. Metro Dubai mengumumkan bahwa mereka beroperasi secara terbatas karena masih melakukan sejumlah perbaikan. Sebagai solusi, shuttle bus disediakan bagi penumpang yang ingin menempuh perjalanan lebih jauh.

Hal serupa juga terjadi di Bandara Internasional Dubai. Sebagai salah satu bandara tersibuk, menunda sekitar 300 perjalanan sekaligus jelas menimbulkan kekacauan operasional. Mengutip laporan terbaru BBC, terjadi penumpukan penumpang yang masif karena penundaan ini.

"Ini lebih buruk dari yang orang-orang bayangkan. Sistem di bandara sudah benar-benar terputus. Emirates, yang aku kira sebagai maskapai penerbangan terbaik, juga tidak ada staf, tidak ada informasi, tidak ada koordinasi, tidak ada profesionalisme, tidak ada kepedulian, tidak ada antisipasi bencana di Emirates. Ini aneh, perusahaan besar normalnya mempersiapkan hal seperti itu," ucap pasangan asal Kent, Inggris bernama Kate dan Andrew Golding.

Pasangan ini menambahkan, situasi di bandara pun kacau. Para calon penumpang tersebut akhirnya tidur di sembarang tempat mulai dari lounge, kursi, hingga lantai. Sampah makanan pun tampak berserakan. 

Kita doakan semoga bencana banjir Dubai ini bisa segera surut, ya, Bela.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here