Apakah kamu masih menerapkan physical distancing, Bela? Karena kamu perlu tahu, bahwa per hari Senin (06/04), covid19.go.id mencatat kasus positif corona 2,273, sembuh 164, serta meninggal 198 di seluruh Indonesia. Data ini belum termasuk mereka yang masuk dalam ODP (Orang Dalam Pengawasan) dan suspect (pasien dalam pengawasan).

Minggu lalu, Presiden Joko Widodo menggencarkan aksi social distancing massal. Lalu kemarin (5/04), Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan seluruh masyarakat harus menggunakan masker ketika terpaksa harus beraktivitas di luar rumah—sebagaimana menurut rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Wajib! Mulai Hari Ini Seluruh Warga Indonesia Harus Pakai Maskercovid19.go.id

Mengutip dari covid19.go.id; “Mulai hari ini, sesuai dengan rekomendasi dari WHO, kita jalankan #MaskerUntukSemua. Semua harus memakai masker ketika berkegiatan di luar,” kata Yuri dalam jumpa pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Minggu (5/4).

“Kami meminta, mulai hari ini gunakan masker untuk semua. Saling mengingatkan kalau ada yang tidak pakai masker, menunda kepentingan di luar rumah, rencana kepergian, dan berkomunikasi sosial menggunakan jaringan telekomunikasi yang kita miliki,” tutup Yuri.

Wajib! Mulai Hari Ini Seluruh Warga Indonesia Harus Pakai Maskerunsplash.com/VictorHe

Lebih lanjut, Yuri menjelaskan bahwa kita juga bisa menggunakan masker kain yang dapat dicuci menggunakan air sabun, agar tetap bersih dan efektif mencegah penyebaran virus COVID-19—untuk penggunaan tidak lebih dari empat jam.

Penyebaran COVID-19 ini adalah hal serius, Bela. Jangan sampai karena diri sendiri lengah, orang terdekat kita yang menjadi korban. Mari semakin mawas diri, perluas wawasan dan lindungi diri dan lingkungan sekitar.

Baca Juga: 10 Istilah Seputar COVID-19 yang Perlu Kamu Ketahui

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan Masker Kain 

Baca Juga: 7 Kelurahan di Jakarta ini Memiliki Kasus Corona Tertinggi