Diketahui, Kementerian Kesehatan sudah menemukan satu pasien terkonfirmasi varian Omicron yang merupakan pekerja pembersih di Rumah Sakit Wisma Atlet. Kasus positif Omicron ini awalnya terdeteksi pada 15 Desember 2021.

Kemudian pada hari ini, Kamis (16/12/2021), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kembali melangsungkan konferensi pers virtual yang melaporkan bahwa telah mendeteksi lima kasus probable Omicron, atau kemungkinan varian Omicron.

Omicron Sudah Masuk RI, 2 Kasusnya WNI Baru Pulang dari AS & InggrisDok IDN Times/ Biro Pers Kepresidenan

"Jadi belum pasti Omicron, tetapi karena kita melakukan tes PCR dengan spesifikasi yang khusus kita deteksi 5 kasus yang probable Omicron," ujar Budi dalam konferensi pers virtual, melansir dari IDN Times.

Budi menerangkan kalau kelima kasus probable tersebut berasal dari dua Warga Negara Indonesia yang baru pulang dari Amerika Serikat dan Inggris. Menurutnya, saat ini, Warga Negara Indonesia tersebut sedang isolasi di Wisma Atlet.

Omicron Sudah Masuk RI, 2 Kasusnya WNI Baru Pulang dari AS & InggrisIDN Times/ Dok. Angkasa Pura II

Sementara itu, tiga kasus probable Omicron terdeteksi di Warga Negara Asing asal Tiongkok yang datang ke Manado.

"3 kasus probable lain adalah Warga Negara Asing dari Tiongkok yang datang ke Manado, sekarang diisolasi karantina Manado," imbuh Budi.

Sementara satu pasien terkonfirmasi positif Omicron merupakan pekerja dari Rumah Sakit Wisma Atlet.

"Jadi ada 3 pekerja pembersih di Rumah Sakit Wisma Atlet yang positif PCR nya, tapi yang terkonfirmasi positif Omicron adalah 1 orang," kata Budi.

Omicron Sudah Masuk RI, 2 Kasusnya WNI Baru Pulang dari AS & Inggrisunsplash.com/RanggaCahyaNugraha

Lebih lanjut Budi menegaskan bahwa penyebaran varian Omicron ini terbukti sangat cepat. Dia mencontohkan, kasus Omicron di Inggris yang sebelumnya hanya 10-100 kasus per hari, sekarang sudah naik menjadi 70 ribu kasus per hari.

"Ini lebih tinggi dari puncak kasus pada Juli lalu di Indonesia yang 50 ribu per hari," tegas Budi.

Budi meminta agar masyarakat Indonesia tetap menjaga diri dengan pencegahan yang sudah umum dilakukan, seperti tetap memakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan, agar tidak perlu khawatir dan juga tidak panik menyikapi penemuan kasus varian Omicron.

Disclaimer: Artikel ini telah terbit di IDN Times dengan judul: "[BREAKING] Menkes: 5 Kasus Probable Omicron di RI, 3 di Antaranya dari WNA China", penulis Dini Suciatiningrum

Baca Juga: Ada Varian Omicron, Indonesia Sudah Tutup Penerbangan dari Afrika

Baca Juga: Anggapan yang Salah Seputar Vaksin COVID-19 untuk Kesehatan Perempuan

Baca Juga: Pakar Kesehatan Sebut COVID-19 Bisa jadi Endemik, Apa Artinya?