Senang berlibur ke Bangkok karena tempat wisata yang penuh warna, kuliner yang enak dan harga murah? Nah, sekarang kamu harus mulai belajar menyebut nama barunya, Bela.

Melansir dari Bangkok Post, Kantor Royal Society (ORST) telah mengumumkan perubahan nama resmi Ibu Kota Thailand, dari Bangkok menjadi Krung Thep Maha Nakhon. Namun, nama Bangkok tetap dikenal, kok.

Kabinet pada hari Selasa kemarin (15/02/2022) menyetujui rancangan pengumuman Kantor Perdana Menteri tentang nama-nama negara, wilayah, zona administratif dan Ibu Kota yang diperbarui, seperti yang diusulkan oleh ORST.

Ini Alasan Bangkok Ganti Nama Menjadi Krung Thep Maha Nakhonunsplash.com/GeoffGreenwood

Nama Bangkok dalam bahasa Thailand sebenarnya adalah nama kota terpanjang di dunia, dan 'Krung Thep Maha Nakhon' hanyalah versi singkatnya. Jika kamu pikir perlu waktu untuk menghafalnya, bersiaplah membaca nama panjangnya dalam satu tarikan napas.

Ini dia: Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Artinya: “Kota para malaikat, kota besar keabadian, kota megah dari sembilan permata, tahta raja, kota istana kerajaan, rumah para dewa yang berinkarnasi, didirikan oleh Vishvakarman atas perintah Indra.”

Ini Alasan Bangkok Ganti Nama Menjadi Krung Thep Maha Nakhonunsplash.com/HannyNaibaho

Pejabat mengunggah pesan di Facebook untuk mengatakan bahwa kedua nama itu masih dapat digunakan, setelah perubahan itu menuai kritik. Nama Thailand Krung Thep Maha Nakhon, hanya akan digunakan sebagai nama resminya. Nama Bangkok masih akan dikenali dalam tanda kurung. 

Rancangan kantor Perdana Menteri mencakup daftar nama negara, wilayah, distrik administratif, dan ibu kota yang diperbarui yang diusulkan oleh Kantor Masyarakat Kerajaan Thailand, dengan nama Krung Thep Maha Nakhon sebagai salah satu perubahan utama.

Jadi sebenarnya, sebagai nama Ibu Kota sebagai nama kota terpanjang di dunia yang tercatat oleh The World Guinness Book of Records, Krung Thep Maha Nakhon sudah umum digunakan oleh orang Thailand. Sehingga, pejabat melegitimasinya menjadi sebutan resmi. 

Ini Alasan Bangkok Ganti Nama Menjadi Krung Thep Maha Nakhonunsplash.com/PeeraponChantharainthron

“Bangkok” sendiri telah digunakan sejak November 2001. Nama itu berasal dari daerah lama Bangkok, yang sekarang menjadi bagian dari wilayah metropolitan besar Ibu Kota, distrik Bangkok Noi dan Bangkok Yai.

Kamu bisa mencoba untuk mengatakan 'Krung Thep' daripada 'Bangkok' kepada orang Thailand. Mereka akan sangat terkesan dan menghargai keinginan kamu untuk belajar tentang Thailand.

Baca Juga: 10 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Berlibur ke Thailand

Baca Juga: 15 Hal yang Bikin Gagal Paham ini Cuma Ada di Thailand

Baca Juga: Wisata Kuliner di Bangkok? Kunjungi Daftar Tempat Ini