Fakta Planet Baru, Hanya Berjarak 31 Tahun Cahaya dari Bumi

Wolf 1069 b jadi planet yang mirip bumi?

Fakta Planet Baru, Hanya Berjarak 31 Tahun Cahaya dari Bumi

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Exoplanet kiranya telah ditemukan ribuan kali oleh para astronom, bahkan tercatat hingga 5.200 temuan, namun 200 di antaranya berbatu. Berangkat dari sana, maka tak heran kalau ada penemuan exoplanet terestrial baru selalu jadi hal yang menarik. 

Terbukti, saat belakangan ini tersiar kabar kalau dalam sebuah studi baru yang beranggotakan 50 astronom dari seluruh dunia, telah mengkonfirmasi keberadaan planet ekstrasurya Wolf 1069 b. Planet ini diketahui yang mengorbit bintang kerdil merah, dan hanya berjarak 31 tahun cahaya dari bumi. 

Lantas sebenarnya, apa yang membuat penemuan para astronom kali ini sangat menarik? 

Temuan Wolf 1069 b sebagai planet mirip bumi

Fakta Planet Baru, Hanya Berjarak 31 Tahun Cahaya dari Bumi

Melansir dari Space, perlu diketahui kalau penemuan Wolf 1069 b berpotensi menjadi dunia berbatu, sekitar 1,26 kali massa bumi dan 1,08 kali ukuran bumi. Wolf 1069 b juga mengorbit di zona layak huni bintangnya, berpotensi memunculkan air cair pada bagian permukaannya. 

"Ketika menganalisis data bintang Wolf 1069, kami menemukan sinyal jelas dengan amplitudo rendah seperti planet dengan massa layaknya bumi. Planet itu mengorbit bintang dalam waktu 15,6 hari pada jarak yang setara dengan 1/15 jarak antara bumi dan matahari," pungkas Diana Kossakowski, seorang astronom di Institut Astronomi Max Planck di Jerman sekaligus yang memimpin penulisan pada penelitian kali ini. 

Kalau dibandingkan planet Merkurius yang memiliki posisi terdekat dengan matahari karena memiliki periode orbit 88 hari dan membuat suhu permukaannya mencapai 800 derajat Fahrenheit (430 derajat Celcius). Maka Wolf 1069 b memiliki posisi berbeda, karena planet ini berada di zona layak huni meskipun periode orbitnya jauh lebih pendek yaitu 15,6 hari. 

Kualifikasi Wolf 1069 b jadi planet layak huni

Kondisi tersebut karena bintang kerdil merah yang jauh lebih kecil dari matahari. Sehingga Wolf 1069 b menerima sekitar 65% pancaran matahari yang diterima bumi. Fakta demikian membuat Wolf 1069 b makin memenuhi nilai kelayakhunian. Apalagi, kalau melihat suhu permukaan yang berkisar antara minus 139,27 derajat Fahrenheit (minus 95,15 derajat Celsius) dan 55,13 F (12,85 C), dengan rata-rata minus 40,25 F (minus 40,14 C).

Wolf 1069 b juga memiliki keunikan, karena ia terkunci secara pasang surut ke bintang induknya, sehingga satu sisi selalu siang hari dan sisi berlawanan selalu gelap. Biasanya, atribut ini dimiliki oleh bulan saat orbitnya mengelilingi bumi, serta sebagian besar planet ekstrasurya yang dapat dihuni mengorbit bintang kerdil merah.

Kalau mengenai penguncian pasang surut sendiri, berarti planet tersebut tidak memiliki siklus siang atau malam seperti bumi. Meski demikian, para peneliti berharap masih ada kemungkinan adanya waktu siang hari agar planet ini sepenuhnya memiliki kualifikasi layak huni. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here