4 Situs Profil Caleg untuk Bantu Tentukan Pilihan di Pemilu

Pilih dari sekarang, supaya nggak lama di kotak TPS!

4 Situs Profil Caleg untuk Bantu Tentukan Pilihan di Pemilu

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Pemilihan Umum (pemilu) sebagai pesta demokrasi di Indonesia, bakal terlaksana pada 14 Febuari 2024. Sebelum hari pencoblosan, terdapat masa tenang acalegara pemilih bisa mempertimbangkan berbagai aspek tentang calon legislatif (Caleg) di DPR, DPRD, DPD, hingga calon Presiden dan Wakil Presiden yang ikut dalam Pemilu 2024. 

Meski pada kenyataannya, masih ada beberapa pemilih yang belum membuat keputusan tentang nama yang akan dipilih saat hari pemungutan suara. Maka dari itu, lewat keberadaan situs rekam jejak bakal sangat berguna untuk membantu para pemilih mendapat informasi sebelum menentukan pilihan.

Berdasarkan situs rekam jejak paslon, pemilih dimudahkan mengakses informasi terkini mengenai visi-misi, ide-ide, evaluasi independen terhadap kinerja, serta pandangan pasangan calon terhadap isu yang menjadi keresahan masyarakat. Lantas, mana saja situs rekam jejak yang dapat menjadi sumber informasi untuk Pemilu 2024? Yuk, simak informasinya berikut ini, Bela! 

1. Goodkind

4 Situs Profil Caleg untuk Bantu Tentukan Pilihan di Pemilu

Kalau bicara situs rekam jejak, maka ada Goodkind sebagai salah satu rekomendasinya. Goodkind dikenal sebagai situs yang menyediakan informasi tentang setiap pasangan calon. Terutama, calon legislatif di berbagai tingkatan pemilihan, mulai DPR RI, DPD RI, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPRD Provinsi. 

Menurut Goodkind, informasi tentang semua pasangan calon ini dikumpulkan dari situs Info Pemilu KPU. Melalui situs ini pula, masyarakat dapat mengakses aspirasi dan gagasan dari calon legislatif dalam bentuk tulisan di kanal Tulisan. Lalu, melihat kegiatan seputar aktivitas sosial dan kehadiran dalam seminar di kanal Kegiatan. Serta, memeroleh rangkuman dari blusukan dan interaksi dengan warga di kanal Aksi Nyata.

Sejauh ini, Goodkind telah menerima banyak ulasan positif dari masyarakat, karena dianggap sebagai platform yang menghubungkan aspirasi masyarakat dengan pemerintah sebagai pelayan masyarakat dalam menghadapi berbagai permasalahan. Selain menyajikan profil dan rekam jejak para calon, Goodkind juga menyediakan kanal Komunitas yang memungkinkan masyarakat memilih berdasarkan isu-isu tertentu. 

Selain itu, terdapat pula kanal forum yang tersedia juga menjadi sarana bertukar pikiran. Kamu juga dapat mengemukakan pendapat dan diseminasi informasi kepada masyarakat, yang memungkinkan komunikasi langsung antara masyarakat dengan pemerintah. 

2. Bijak Memilih

Informasi seputar kandidat di Pemilu 2024, bisa pula kamu ketahui lewat situs Bijak Memilih. Keberadaan situs Bijak Memilih menjadi sebuah gerakan independen yang diinisiasikan oleh Think Policy dan What Is Up Indonesia (WIUI). 

Think Policy menyediakan fungsi sekretariat secara keseluruhan sebagai badan hukum, dan bersama dengan WIUI, menjalankan Bijak Memilih di bidang riset, platform, acara, media sosial, dan kemitraan. Pendanaan Bijak Memilih diketahui menjadi bagian dari inisiatif corporate citizenship Think Policy, yang dimiliki bersama oleh kedua organisasi tersebut dengan komitmen penuh dalam menjaga independensi tanpa afiliasi dengan kandidat atau partai mana pun. 

Situs ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari tahu rekam jejak, gagasan dari masing-masing pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden maupun calon legislatif. Selain itu, situs Bijak Memilih juga memuat 30 gagasan masing-masing paslon dari beberapa tema, mulai dari krisis iklim, korupsi, ekonomi, pendidikan, sampai inklusivitas yang sempat menjadi perdebatan panas selama masa kampanye.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here