WhatsApp Diretas Lalu Ditangkap Polisi, Ini 5 Fakta Ravio Patra

Hingga kini keberadaannya tak diketahui

WhatsApp Diretas Lalu Ditangkap Polisi, Ini 5 Fakta Ravio Patra

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Nama Ravio Patra kini sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial. Kemarin (23/4) ia ditangkap oleh pihak yang diduga dari kepolisian setelah sebelumnya akun WhatsApp miliknya diretas oleh oknum tak bertanggung jawab.

"Ravio ditangkap semalam oleh intel polisi di depan rumah aman," kata Damar Juniarto kepada IDNTimes.com melalui pesan WhatsApp, Kamis (23/4).

Menurut Damar, Ravio sempat mengabarkan kepadanya bahwa WhatsApp-nya diretas pada Rabu (22/4) pukul 14.00 WIB.

"Kalau ia coba menghidupkan WA, muncul tulisan: 'You've registered your number on another phone.' Dicek ke pesan inbox SMS, ada permintaan pengiriman OTP," cerita Damar. Damar kemudian meminta Ravio melaporkan kasus ini kepada Whatsapp.

WhatsApp Diretas Lalu Ditangkap Polisi, Ini 5 Fakta Ravio Patra

Menurut Damar pelaku pembobolan menemukan cara untuk mengambil alih WhatsApp yang sebelumnya terdaftar dengan nomor Ravio. Dia menyebutkan besar kemungkinan pembobol sudah bisa membaca semua pesan masuk lantaran OTP dikirimkan ke nomor Ravio.

"Setelah dua jam, Whatsapp tersebut akhirnya berhasil dipulihkan," kata Damar.

Belum diketahui pasti siapa yang meretas WhatsApp Ravio. Menurut Damar selama sempat menguasai Whatsapp Ravio, pelaku menyebarkan pesan palsu atas nama Ravio yang isinya bersifat provokasi. Bunyinya pesan tersebut adalah sebagai berikut.

"KRISIS SUDAH SAATNYA MEMBAKAR! AYO KUMPUL DAN RAMAIKAN 30 APRIL AKSI PENJARAHAN NASIONAL SERENTAK, SEMUA TOKO YG ADA DIDEKAT KITA BEBAS DIJARAH." 

"Saya katakan motif penyebaran itu adalah plotting untuk menempatkan Ravio sebagai salah satu yang akan membuat kerusuhan," lanjut Damar lagi.

Damar telah meminta Ravio untuk mengumpulkan dan mendokumentasikan semua bukti agar pihaknya dapat membantu memeriksa perangkat lebih lanjut. Hingga saat ini, tak diketahui di mana keberadaan Ravio. Pihak kepolisian pun tak memberikan klarifikasi apapun terkait masalah ini. 

Siapa Ravio Patra sampai ia harus berurusan dengan pihak yang diduga kepolisian? Simak faktanya berikut ini.

1. Lulusan Hubungan Internasional Universitas Padjajaran Bandung

Berasal dari Sumatera Barat, Ravio diketahui menyelesaikan pendidikannya di Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat. Ravio disebut mengambil jurusan Hubungan Internasional.

Di akun LinkedIn-nya, Ravio diketahui bekerja di Westminster Foundation for Democracy (WFD). Dia juga dikenal sebagai peneliti kebijakan publik dan pegiat advokasi legislasi.

2. Peneliti dalam Pengembangan dan Implementasi Rencana Aksi Pemerintah di Indonesia

Ravio juga dikenal sebagai sosok yang melakukan penelitian dalam pengembangan dan implementasi rencana aksi pemerintah terbuka di Indonesia untuk Mekanisme Pelaporan Independen (IRM) dan Open Government Partnership (OGP).

Lewat akun LinkedIn-nya dijelaskan laporan-laporan ini fokus melihat implementasi komitmen rencana aksi pemerintah dan relevansinya dengan nilai-nilai OGP seperti akses informasi, partisipasi sipil, akuntabilitas publik, dan teknologi inovasi dan transparansi serta akuntabilitas.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here