Selain Corona, Ini 10 Pandemi Paling Fatal yang Pernah Ada di Dunia

Bahkan beberapa masih menyebar sampai saat ini

Selain Corona, Ini 10 Pandemi Paling Fatal yang Pernah Ada di Dunia

Virus corona telah ditetapkan sebagai pandemi karena menular hampir ke seluruh dunia. Bermula di akhir tahun 2019, virus ini kemudian menyebar luas seiring dengan pergerakan manusia sebagai tempat virus berkembang. Hingga saat ini, corona masih belum bisa dikendalikan dan angka kematian yang disebabkannya pun terus meningkat.

Berbicara soal pandemi, banyak penyakit yang menjadi wabah atau pandemi yang cukup mematikan di dunia. Pandemi apa saja yang pernah ada di dunia dan paling mematikan? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Wabah di zaman prasejarah (3000 tahun sebelum masehi)

Wabah mematikan ternyata sudah ada di zaman prasejarah. Para arkeolog menemukan bahwa ada satu penyakit mematikan mengancam populasi manusia pada masa itu. Sekitar 5000 tahun yang lalu atau 3000 sebelum masehi, sebuah wabah menyerang daratan Tiongkok.

Wabah yang tak diketahui namanya ini menyebar di sebuah wilayah bernama Hamin Mangha dan membuat banyak orang meninggal secara mendadak. Mayat dari korban wabah tersebut dibakar di sebuah rumah. Sayangnya, penyakit tersebut menyebar dengan sangat cepat sehingga seluruh penduduk di Hamin Mangha tak ada yang tersisa satupun.

2. Wabah Athena (430 sebelum masehi)

Tidak lama setelah perang antara bangsa Yunani dan Romawi, sebuah penyakit aneh menjangkiti penduduk di Kota Athena pada tahun 430 sebelum masehi. Menurut catatan yang dibuat oleh sejarawan Yunani, Thucydides, mereka tiba-tiba saja merasakan panas yang sangat menyengat di kepala, mata memerah, peradangan di bagian mata, tenggorokan, dan lidah, serta mimisan, sesak napas dan napas mereka berbau busuk.

Beberapa ahli berpendapat bawah wabah Athena merupakan asal muasal dari penyakit ebola, karena gejalanya yang cukup mirip. Wabah semakin menyebar luas lantaran perang antara Yunani dan Romawi dimulai lagi. Banyaknya orang yang berkumpul mencari tempat tertutup yang aman membuat penyakit ini menjangkiti banyak orang dan akhirnya menimbulkan korban jiwa yang jumlahnya tidak sedikit.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

See more horoscopes here

























Latest from News