Kabar tidak menyenangkan datang dari Presiden Ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY. Berdasarkan informasi yang didapat dari Staf Pribadinya, Ossy Dermawan, saat ini SBY didiagnosa kanker prostat dan akan menjalani medical check up ke luar negeri dalam waktu dekat.

"Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari tim dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer)," kata Ossy dalam keterangan tertulis yang disampaikan Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, Selasa (2/11/2021), seperti dikutip dari IDNTimes.com.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal," dia menambahkan.

Bagaimana kondisi SBY saat ini, berikut penjelasannya lebih lanjut.

1. SBY akan menjalani pengobatan di luar negeri

Sakit Kanker, SBY akan Jalani Pengobatan di Luar NegeriANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Terkait penyakit yang diderita SBY ini, Ossy menjelaskan akan melakukan pemeriksaan di luar negeri. Namun, tak disebutkan di negara mana SBY akan menjalani pengobatan.

"Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan tim dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," ucapnya.

2. Dokter optimis bisa menyembuhkan penyakit SBY

Sakit Kanker, SBY akan Jalani Pengobatan di Luar NegeriInstagram.com/Aniyudhoyono

Ossy juga mengatakan bahwa selama ini, komunikasi antara tim dokter Indonesia dengan negara sahabat sudah terjadi dan dilakukan secara daring, serta berlangsung dengan baik.

"Ketua tim dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY," kata Ossy lagi.

3. Sampai saat ini, SBY masih beraktivitas secara normal

Sakit Kanker, SBY akan Jalani Pengobatan di Luar NegeriInstagram.com/Aniyudhoyono

Sambil menunggu proses pengobatannya yang masih belum diketahui waktunya secara pasti, Ossy menambahkan bahwa sampai saat ini SBY masih menjalani aktivitasnya seperti biasa. Ossy juga meminta doa kepada masyarakat Indonesia agar SBY diberikan kesembuhan dan kesehatan.

"Perlu kami sampaikan pula bahwa selama ini Bapak SBY tetap menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti menunggui klub bola voli Lavani berlatih, melukis, membaca, dan menulis, berolahraga, serta kegiatan-kegiatan lain," ujar dia.

Semoga saja pengobatan yang akan dijalani SBY berjalan lancar, ya, Bela. Supaya SBY bisa terus beraktivitas seperti biasa tanpa terganggu apapun.

Disclaimer: artikel ini ditulis ulang dari artikel yang pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "SBY Kena Kanker, Akan Menjalani Pengobatan di Luar Negeri" ditulis oleh Sachril Agustin Berutu

Baca Juga: Jadi Panutan, Potret SBY dan Keluarga yang Jarang Dilihat Publik

Baca Juga: Gaya Kompak Ani Yudhoyono Ditemani SBY yang Akan Selalu Kita Kenang

Baca Juga: Kisah Cinta SBY dan Ani Yudhoyono, Buktikan Setia Saat Suka dan Duka