Lebih dari seminggu sudah pencarian Emmeril Khan Mumtaz, anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Atalia Kamil dilakukan. Namun, sampai saat ini, usaha pencarian tersebut belum membuahkan hasil.

Meski masih berharap, Ridwan Kamil dan pihak keluarga mengikhlaskan Eril dan segera akan kembali ke Indonesia. Untuk itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat mengajak umat Islam untuk mendoakan Eril dengan cara melakukan salat ghaib pada Jumat, 3 Juni 2022.

Keluarga telah ikhlas dan meyakini Eril telah meninggal dunia karena tenggelam

Sebelum Ditemukan, Ridwan Kamil Sudah Ikhlaskan Emmeril Khan MumtazInstagram.com/Ataliapr

Melansir dari Instagram RK Jabar Juara, setelah pertemuan keluarga Ridwan Kamil yang dilakukan pada Kamis, 2 Juni 2022 malam, pihak keluarga kemudian mengumumkan bahwa Ridwan Kamil dan Atalia telah mengikhlaskan sepenuhnya dan meyakini bahwa Eril meninggal dunia karena tenggelam.

Bahkan, pihak otoritas setempat, melansir dari pernyataan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Swiss telah mengubah status pencarian yang awalnya pencarian orang hilang, menjadi pencarian orang tenggelam.

MUI Jawa Barat ajak masyarakat untuk salat ghaib hari ini

Sebelum Ditemukan, Ridwan Kamil Sudah Ikhlaskan Emmeril Khan MumtazInstagram.com/RKjabarjuara

Karena telah meyakini bahwa Eril telah meninggal dunia, maka sesuai dengan ketentuan syara', jenazah harus segera disalatkan. Namun, karena jenazah belum ditemukan sampai saat ini, MUI Jawa Barat mengajak masyarakat Indonesia untuk melakukan salat ghaib pada Jumat, 3 Juni 2022 di setiap masjid dan musolah. Salat ghaib ini dapat dilakukan sebelum dan sesudah salat Jumat.

Ridwan Kamil telah berikhtiar penuh mencari putra sulungnya

Selain terus mendampingi tim SAR setempat saat melakukan upaya pencarian, Ridwan Kamil juga menyisir Sungai Aare sendiri dengan harapan dapat menemukan putranya. Momen ini sempat terekam dalam video yang banyak tersebar di media sosial ini.

Ridwan Kamil mengikhlaskan Eril dengan melantunkan azan terakhir seperti ia mengazankan Eril saat lahir dulu

Setelah semua upaya dilakukan, Ridwan Kamil akhirnya hanya bisa pasrah dengan kehendak Allah SWT. Ia pun mengikhlaskan Eril dengan melantunkan azan di pinggir Sungai Aare. Ridwan Kamil mengazankan Eril saat lahir, dan ia juga yang mengazankan Eril untuk terakhir kalinya.

Atalia ikhlaskan Eril dan siap pulang ke Indonesia

Sebelum Ditemukan, Ridwan Kamil Sudah Ikhlaskan Emmeril Khan MumtazInstagram.com/Ataliapr

Sama seperti Ridwan Kamil, Atalia pun mengikhlaskan Eril dan bersiap pulang kembali ke Indonesia. Dalam caption Instagram-nya, Atalia menuliskan pesan yang sangat menyentuh sekaligus mencoba kuat untuk mengikhlaskan anak sulungnya itu.

"Di sini, di Sungai Aare yang luar biasa indah dan cantik ini, mamah lepaskan kamu, untuk kita bertemu lagi cepat atau lambat."

Jenazah Eril akhirnya ditemukan pada 9 Juni 2022

Setelah ikhlas dan pencarian terus dilakukan, akhirnya pada Rabu (8/6/2022) pukul 6.50 waktu setempat atau 11.50 WIB, jenazah Eril berhasil ditemukan oleh Tim SAR Swiss. Berdasarkan  rilis yang diterbitkan Polisi Bern di situs resmi mereka pada Kamis (9/6/2022), spesialis dari polisi air Bern mendapati tubuh pria itu di cekungan luapan bendung dan kemudian menyelamatkannya.

Dipastikan bahwa pria itu sudah tak bernyawa. Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, diketahui bahwa korban meninggal adalah warga negara Indonesia (WNI) yang hilang di Sungai Aare sejak Kamis (26/5/2022).

Kabar ini dikonfirmasi oleh Ibunda Eril

Sebelum Ditemukan, Ridwan Kamil Sudah Ikhlaskan Emmeril Khan Mumtazinstagram.com/ataliapr

Kabar ditemukannya Eril tersebut kemudian dikonfirmasi oleh Atalia Atalia praratya, istri Ridwan Kamil yang juga ibunda dari Eril juga telah mengonfirmasi kabar yang beredar melalui Instagram Story miliknya. 

"Pada Kamis 9 Juni 2022 siang waktu Swiss pihak kepolisian konfirmasi bahwa hasil DNA adalah Eril," ungkap Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Swiss dan Liechtenstein Muliaman Dharmansyah Hadad dalam pernyataan resmi Kamis malam (9/5).

Rencananya, jenazah Eril akan dibawa pulang ke Indonesia pada Minggu, 12 Juni 2022 dan dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022.

Rest in peace, Eril...

Baca Juga: Fakta Hilangnya Emmeril, Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare, Swiss

Baca Juga: Hilang di Sungai Swiss, Profil Emmeril Khan Putra Sulung Ridwan Kamil

Baca Juga: Anak Ridwan Kamil Hilang, Ini 7 Potret Hangat Keluarganya