Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Dijual Ratusan Juta, Berapa Harga Aslinya?

Punya uang koin ini, Bela?

Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Dijual Ratusan Juta, Berapa Harga Aslinya?

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Belakangan ramai di media sosial ramai soal uang koin pecahan Rp1.000 bergambar kelapa sawit. Di beberapa e-commerce uang koin tersebut dijual dengan harga bervariasi. Mulai dari Rp3.000 hingga yang paling mahal Rp200 juta per koinnya.

Uang tersebut dijual dengan harga tinggi lantaran dinilai sudah langka di pasaran dan pihak Bank Indonesia pun tak lagi memproduksinya. Terlebih, uang yang dijual merupakan uang yang diproduksi di tahun 1993.

Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Dijual Ratusan Juta, Berapa Harga Aslinya?

Karena dua alasan itulah, uang koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit inilah menjadi incaran kolektor atau menjadi pajangan mahar pernikahan, sehingga harganya melonjak tak terkendali.

Sebenarnya, berapa sih harga asli uang koin tersebut?

Ramai di media sosial, pihak Bank Indonesia pun mengklarifikasi setelah salah seorang warganet bertanya mengenai berlakunya uang koin Rp1.000 tersebut. Bank Indonesia mengatakan bahwa uang koin Rp1.000 kelapa sawit masih berlaku sebagai alat pembayaran seperti biasa. Koin tersebut juga masih beredar dan belum ditarik dari peredaran.

Semestinya, jika uang masih berlaku sebagai alat pembayaran, maka harga dari uang tersebut sama dengan nominal yang tertulis, bukan? Langkanya uang koin Rp1.000 kelapa sawit di pasaran saat ini membuat sejumlah pihak memanfaatkan untuk menjualnya dengan harga tinggi.

Bagi kolektor, mungkin uang koin Rp1.000 kelapa sawit adalah salah satu barang koleksi yang sangat berharga. Mereka akan berusaha memiliki uang koin tersebut untuk melengkapi koleksi. Tapi, kalau harganya sangat tinggi dan nggak masuk akal, kira-kira mereka akan tetap membelinya atau tidak, ya?

Berdasarkan pantauan Popbela.com hingga saat ini, di situs e-commerce yang menjual uang koin Rp1.000 kelapa sawit masih nol pembeli. Alias belum ada pembeli sama sekali dan rata-rata penjual uang koin dengan harga tinggi ini merupakan penjual uang kuno dadakan.

Jangan-jangan, mereka memang memanfaatkan keadaan saja untuk menjual uang koin dengan harga tinggi demi keuntungan semata yang tidak tahu harga pasar yang sebenarnya.

Kamu sendiri bagaimana, Bela? Berminat membeli uang koin Rp1.000 kelapa sawit ini atau malah memilikinya dan berniat menjualnya?

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here