Rabu, 26 Mei 2021, sebuah akun di TikTok dengan nama @Shinta84.66 mengunggah video yang memperlihatkan dirinya dan beberapa karyawan dari supermarket Giant tengah menyimak pemaparan di sebuah layar. Siapa sangka, pemaparan tersebut membawa kesedihan bagi dirinya dan karyawan Giant lainnya, karena dalam kesempatan itu disebutkan bahwa Giant akan resmi berhenti beroperasi pada akhir Juli 2021 mendatang.

Merangkum dari berbagai sumber, penutupan Giant oleh PT Hero Supermarket bukan tanpa alasan. Pihak manajemen menyebutkan akan mengubah konsentrasi bisnis mereka ke dalam tiga bentuk ritel lainnya, yakni IKEA, Hero Supermarket dan Guardian. Alasan ini dipilih karena tiga ritel tersebut berpotensi memiliki pertumbuhan bisnis yang lebih pesat dibandingkan Giant.

Perubahan Giant ke dalam tiga bentuk ritel lainnya ini akan dimulai pada 1 Juli 2021. Lima gerai Giant rencananya akan diubah menjadi IKEA. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh PT Hero Supermarket, meskipun tidak menyebutkan secara spesifik gerai Giant mana yang akan diubah menjadi IKEA.

Dengan ditutupnya Giant, itu artinya ada ratusan karyawan yang terdampak dan terpaksa dirumahkan. Padahal menurut salah satu karyawannya, Giant merupakan perusahaan terbaik yang selalu memenuhi kewajiban dan hak karyawan.

Apa saja kebaikan Giant untuk karyawannya? Simak faktanya berikut ini.

1. Tidak memotong gaji karyawan dan tetap memberikan THR, meski di saat pandemi

Resmi Tutup Akhir Juli 2021, Ini yang Membuat Giant Dipuji KaryawanTikTok.com/Shinta Puspita

Banyak yang menyangka bahwa pandemi adalah alasan terbesar Giant menutup gerai mereka. Seperti yang kita tahu, banyak perusahaan terdampak secara ekonomi karena pandemi COVID-19. Namun, menurut Shinta Puspita, melalui akun TikTok-nya, ia menyebutkan bahwa Giant tetap menggaji karyawannya secara penuh dan tetap memberikan THR tanpa potongan meski di masa pandemi sekalipun.

“Giant itu salah satu ritel yang sangat amat memanusiakan manusia dan selalu menyejahterakan karyawannya. Bahkan di saat Covid kemarin pun, gaji kita full, THR full dan bahkan bonus kita dikeluarin. Bener-bener parah banget. Semangat ya. Sedih, sih, sebenarnya tapi kita harus tetep semangat karena hidup tetep berjalan,” ungkap Shinta.

2. Karyawan akan diberikan pesangon

Resmi Tutup Akhir Juli 2021, Ini yang Membuat Giant Dipuji KaryawanDok. Internet

Merumahkan ratusan pekerja dari 395 gerai Giant yang ditutup, tentu merupakan keputusan berat. Namun, PT Hero Supermarket akan memberikan pesangon dengan jumlah lebih besar dari yang direkomendasikan dalam Undang-Undang Cipta Kerja.

3. Mempersilakan karyawan untuk melamar ke lini bisnis Hero Supermarket lainnya

Resmi Tutup Akhir Juli 2021, Ini yang Membuat Giant Dipuji KaryawanIkea.co.id

Menutup gerai Giant, tak serta merta menghentikan kegiatan bisnis PT Hero Supermarket. Perusahaan dengan kode saham HERO tersebut justru akan menciptakan peluang baru dengan lini bisnis lainnya yang diharapkan dapat berkembang lebih baik di masa saat ini, yakni dengan membuka gerai IKEA, Supermarket Hero dan Guardian.

Manajemen PT Hero Supermarket pun mempersilakan para karyawannya untuk melamar ke lini bisnis Hero Supermarket lainnya untuk mendapatkan kesempatan kerja yang baru.

Itulah tadi tiga kebaikan Giant yang dirasakan langsung oleh para karyawannya. Semoga saja keputusan ini merupakan yang terbaik dan semoga tidak ada pihak yang dirugikan, ya.

Baca Juga: Daftar 31 Kantor di Jakarta yang Tutup Karena COVID-19, Mana Saja?

Baca Juga: Menyatakan Bangkrut, Ini Sejarah Perjalanan Pizza Hut AS

Baca Juga: Nggak Ramai, 5 Bisnis Milik Seleb Ini Justru Harus Tutup Karena Bangkrut