Setiap tanggal 30 Maret, Indonesia memperingati Hari Film Nasional. Peringatan ini lahir pertama kali pada 70 tahun lalu dan ditandai dengan produksi film pertama Indonesia oleh Usmar Ismail yang berjudul Darah dan Doa

Pada tanggal 30 Maret 1950, Usmar Ismail membuat film Indonesia pertama bercirikan Indonesia dengan segala lini diprakarsai oleh orang Indonesia sendiri. Sejak itu, telah banyak karya luar biasa yang telah mewarnai dunia perfilman dalam dan luar negeri dan film selalu menjadi salah satu pilihan hiburan bagi masyarakat di Tanah Air.

Hari Film Nasional, 10 Film Indonesia Paling Tren di Awal Tahun 2020jurnalfootage.net

Kini setelah 70 tahun berlalu sejak pertama kali rilis, film Indonesia telah berkembang sangat pesat. Beberapa bahkan bisa mengantongi predikat box office dan meraup jumlah penonton hingga lebih dari 5 juta.

Setiap bulannya selalu banyak karya film terbaru yang rilis di bioskop Tanah Air. Tak terkecuali di tahun 2020. Meski saat ini bioskop harus tutup sementara agar mengurangi penyebaran virus corona, namun antusias terhadap film Indonesia masih cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya tren pencarian yang dilakukan di mesin pencari Google.

Merangkum dari rilis yang dikirimkan oleh Google, inilah sepuluh film Indonesia paling trending di awal tahun 2020. Apa saja, ya?

1. Milea: Suara dari Dilan

Hari Film Nasional, 10 Film Indonesia Paling Tren di Awal Tahun 2020Instagram.com/dilanku

Tiga tahun berturut-turut sejak 2018, film Dilan selalu laris dan berhasil meraup lebih dari 5 juta penonton setiap filmnya. Duet Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Priscilla sebagai peran utama, Milea: Suara dari Dilan merupakan sekuel terakhir dari perjalanan cinta Dilan dan Milea yang harus berakhir di tengah jalan. Kamu sempat menonton film ini di awal tahun lalu, Bela?

2. Akhir Kisah Cinta Si Doel

Hari Film Nasional, 10 Film Indonesia Paling Tren di Awal Tahun 2020Instagram.com/falconpictures_

Sama seperti Dilan, Si Doel the Movie juga dibagi ke dalam tiga sekuel. Sekuel terakhirnya yang berjudul Akhir Kisah Cinta Si Doel menjadi film paling trending di awal tahun 2020. Kalau menurut Popbela sih, film ini menjadi trending karena penasaran siapa yang akhirnya Doel pilih. Sarah atau Zaenab? Kamu sendiri pilih siapa?

3. Mariposa

Hari Film Nasional, 10 Film Indonesia Paling Tren di Awal Tahun 2020Instagram.com/falconpictures_

Saat wabah corona mulai masuk ke Indonesia, film Mariposa masih tayang di bioskop. Film ini terpaksa berhenti dan tak lagi tayang demi keselamatan para penonton agar nggak tertular virus corona yang semakin menyebar. Namun sebelum akhirnya turun layar, Mariposa sempat menjadi trending karena dibintangi oleh duo Adisty Zara dan Angga Yunanda, pasangan yang sedang hit saat ini.

4. Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2

Hari Film Nasional, 10 Film Indonesia Paling Tren di Awal Tahun 2020Instagram.com/sebelumiblismenjemput

Siapa pun tahu kalau Timo Tjahjanto membuat film, pasti akan membuatmu nggak bisa bernapas sebelum filmnya selesai. Hal itulah yang akan kamu rasakan kalau kamu menonton Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2. Masih dibintangi oleh Chelsea Islan, Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 siap meneror kamu sampai kamu ketakutan setengah mati.

5. Imperfect

Hari Film Nasional, 10 Film Indonesia Paling Tren di Awal Tahun 2020instagram.com/film_imperfect

Bukan hanya menghibur, Imperfect juga sarat akan pesan moral. Film yang dibintangi oleh Jessica Mila dan Reza Rahadian ini memberikan pelajaran hidup bahwa setiap perempuan itu cantik dengan kelebihan serta kekurangan yang ia miliki. Jadi nggak perlu minder lagi ya Bela, because you're beautiful just the way you are.

6. Dignitate

Hari Film Nasional, 10 Film Indonesia Paling Tren di Awal Tahun 2020Instagram.com/filmdignitate

Film dengan tema kehidupan SMA masih menjadi favorit di Indonesia. Bermula dari film Ada Apa dengan Cinta?, kini setidaknya ada satu film setiap bulan yang rilis yang mengambil tema kehidupan remaja SMA. Dignitate menjadi film yang trending di awal tahun 2020. Dengan kehadiran Caitlin Halderman dan Al Ghazali, Dignitate merupakan adaptasi dari novel wattpad berjudul sama.

7. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Hari Film Nasional, 10 Film Indonesia Paling Tren di Awal Tahun 2020Instagram.com/filmnkcthi

Mengangkat dari buku berjudul sama karya Marcella FP, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini bisa dibilang sebagai film pembuka tahun 2020 yang manis. Bercerita tentang permasalahan keluarga, banyak penonton yang merasa relate dengan tiga karakter utama mereka, yakni Angkasa Si Sulung, Aurora Si Anak Tengah, dan Awan Si Bungsu. Kamu sendiri merasa mirip dengan karakter yang mana, Bela?

8. Pretty Boys

Hari Film Nasional, 10 Film Indonesia Paling Tren di Awal Tahun 2020instagram.com/prettyboyspictures

Selain bikin ketawa sepanjang menonton, film Pretty Boys juga menyisipkan kritik sosial terhadap dunia pertelevisian Indonesia. Film yang menjadi debut Tompi sebagai sutradara ini mampu menggambarkan bagaimana keadaan pertelevisian Indonesia yang penuh dengan sensasi namun sekaligus dicintai oleh para penikmatnya.

9. #temantapimenikah2

Hari Film Nasional, 10 Film Indonesia Paling Tren di Awal Tahun 2020Instagram.com/falconpictures_

Sejak film pertamanya tayang, film ini langsung mendapat sambutan positif. Hal tersebut menjadi alasan kuat mengapa rumah produksi Falcon Pictures membuat sekuelnya di tahun 2020 ini. Film #temantapimenikah2 masih berkisah tentang kehidupan Ayudya dan Ditto pasca mereka menikah dan akhirnya memiliki anak pertama.

10. Mangkujiwo

Hari Film Nasional, 10 Film Indonesia Paling Tren di Awal Tahun 2020Instagram.com/kuntilanakfilm

Kalau kamu sempat menonton film Kuntilanak 1 dan Kuntilanak 2, kamu nggak boleh melewatkan film yang satu ini. Kuntilanak Mangkujiwo merupakan versi spin off dari film sebelumnya yang mengisahkan bagaimana seseorang bisa berubah menjadi kuntilanak. Dibintangi oleh Sujiwo Tejo dan Asmara Abigail, kamu bukan hanya akan ketakutan saat menontonnya, tapi juga bisa mual karena adegan sadistik sepanjang film.

Dari sepuluh film nasional yang trending sepanjang awal tahun 2020 ini, adakah yang menjadi favorit kamu, Bela?

Baca Juga: 5 Film Hollywood yang Mengajarkan tentang Kehidupan Pernikahan