#Google4ID Inisiasi Google Bantu Indonesia Bangkit di Tengah Pandemi

Kita bisa melewati masa sulit ini!

#Google4ID Inisiasi Google Bantu Indonesia Bangkit di Tengah Pandemi

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Tak dapat dipungkiri bahwa semua sektor mengalami pukulan keras di masa pandemi ini. Banyak bisnis yang terpaksa tutup, hingga kehilangan pekerjaan menjadi dampak nyata dari pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir.

Tak ingin terpuruk terlalu lama, banyak cara bisa kita lakukan untuk bangkit kembali di tengah pandemi. Salah satunya melalui #Google4ID yang diinisiasi oleh Google Indonesia. Bahkan lewat inisiasi ini, Google menjanjikan US$11 juta untuk bantu pemilik bisnis dan pencari kerja di Indonesia.

Seperti apa program yang telah disiapkan oleh Google untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional ini? simak penjelasannya berikut ini.

Presiden Joko Widodo: “Indonesia butuh 9 juta talenta digital nasional di tahun 2035”

#Google4ID Inisiasi Google Bantu Indonesia Bangkit di Tengah Pandemi

Hari ini (18/11), dalam Google for Indonesia kelima, Google mengumumkan komitmen senilai US$11 juta untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. Pinjaman modal sebesar US$10 juta akan diinvestasikan Google melalui kemitraan dengan Kiva untuk menyediakan pinjaman bagi UMKM di seluruh daerah. Sementara itu, hibah US$1 juta akan diberikan lewat Google.org kepada Plan International untuk melawan pengangguran anak muda di Indonesia.

“Kita butuh lebih banyak pelatihan-pelatihan untuk mengasah kemampuan SDM IT sehingga mampu memenuhi kebutuhan 9 juta talenta digital nasional hingga tahun 2035. Upaya untuk memenuhi target 9 juta talenta digital nasional tersebut tidak bisa hanya dikerjakan oleh pemerintah. Tapi harus dilakukan bersama-sama, baik oleh pemerintah, perguruan tinggi, maupun swasta,” Jokowi dalam virtual press conference yang diselenggarakan via YouTube Google Indonesia, Rabu (18/11).

Pinjaman modal sebesar US$10 juta untuk UMKM Indonesia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Google akan memberikan modal sebesar US$10 juta untuk UMKM di Indonesia. Modal tersebut diharapkan dapat membantu UMKM bangkit kembali setelah sempat terpuruk akibat pandemi yang melanda ini.

“Melalui kemitraan dengan Kiva, Google memberikan modal kepada para penyedia layanan keuangan untuk menyediakan pinjaman kepada UKM yang paling terdampak oleh pandemi COVID-19 di komunitas-komunitas yang kurang terlayani di Indonesia," ungkap Randy Jusuf, Managing Director, Google Indonesia.

Hal ini tentu disambut baik oleh Menko Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartanto. Menurutnya, pinjaman ini sangat dibutuhkan oleh UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional.

“Kami menyambut baik dan sampaikan apresiasi kepada Google yang selama ini telah mendukung pemerintah dalam melaksanakan dua agenda tersebut, khususnya dengan pelatihan digital dan bantuan pembiayaan berbunga rendah senilai 10 juta dolar kepada UMKM,” ujar Airlangga.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here