Ketika perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75 tahun ini akan banyak dilakukan secara daring, rasa persatuan pun terasa kian penting. Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mengisi dan memaknai hari lahir bangsa Indonesia tersebut. 

Untuk melengkapi momen spesial Hari Kemerdekaan RI tahun ini, Spotify bekerja sama dengan Yovie Widianto, Rossa, Raisa, dan Nadin Amizah, bersama dengan podcast Makna Talks, DESTAnya Siapa?, dan Dear Dearest, meluncurkan empat playlist audio terbaru bertajuk “Spesial 17an”.

Diluncurkan tepat pada Senin, 17 Agustus 2020, keempat playlist ini akan menjadi yang pertama di Asia Tenggara, mengombinasikan musik dan podcast dari sejumlah talenta ternama di Tanah Air dalam satu playlist. 

Terdiri dari para musisi yang telah memupuk perkembangan industri musik Indonesia sehingga lebih kaya dan beragam, hingga sejumlah story-teller terpopuler di Indonesia saat ini, keempat playlist tersebut akan menghadirkan konten audio terbaik untuk momen nasional ini.

Penasaran kan, playlist-nya akan berkisah seperti apa? Simak yuk penjelasan singkatnya berikut ini.

Makna Talks dan Rossa

Dari Raisa Hingga Rossa, Deretan Seleb Ini Ramaikan 17-an di SpotifyDok. Spotify

Tayang perdana tepat pada Hari Kemerdekaan, host dari salah satu Spotify Eksklusif Podcast Makna Talks Iyas Lawrence akan mewawancarai ikon musik Indonesia Rossa, tentang perjalanan panjang karier musiknya. 

Sebagai salah satu nama paling diperhitungkan di jagat musik pop Indonesia, Rossa berhasil menghimpun banyak penggemar setia di Asia Tenggara lewat hits-hits ballad seperti "Terlalu Cinta" dan sejumlah lagu pengiring sinetron populer di Indonesia. Para penggemar Rossa bisa menikmati episode podcast spesial dan lagu-lagu tersebut di playlist “Spesial 17an Makna Talks & Rossa”.

DESTAnya Siapa? dan Yovie Widianto

Dari Raisa Hingga Rossa, Deretan Seleb Ini Ramaikan 17-an di SpotifyDok. Spotify

Pembawa acara TV, penyiar radio dan mantan personel band Club Eighties, Deddy “Desta” Mahendra, dari DESTAnya Siapa? akan berbincang dengan Yovie Widianto tentang kariernya sebagai penulis lagu dan produser. 

Dari Raisa Hingga Rossa, Deretan Seleb Ini Ramaikan 17-an di SpotifyDok. Spotify

Melahirkan deretan hits sejak 1990-an, Yovie Widianto terus membuat terobosan di industri musik sebagai ikon dan pahlawan bagi banyak bintang baru. Buat kamu yang cinta banget sama dunia musik, wajib banget nih dengerin podcast yang satu ini.

Dear Dearest menampilkan Raisa dan Nadin Amizah

Dari Raisa Hingga Rossa, Deretan Seleb Ini Ramaikan 17-an di SpotifyDok. Spotify

Belum puas dengan dua konten di atas, Bela. Tenang aja, kamu juga bisa mendengarkan konten audio menarik dari dua bintang populer, yaitu diva Indonesia Raisa dan penyanyi serta penulis lagu muda berbakat Nadin Amizah, di Spotify Original Podcast Dear Dearest.

Dalam episode spesial Hari Kemerdekaan, kedua artis tersebut akan berbagi tentang pandangan pribadi mereka dalam sebuah surat yang didedikasikan untuk para pahlawan musik.

Dari Raisa Hingga Rossa, Deretan Seleb Ini Ramaikan 17-an di SpotifyDok. Spotify

Berkomentar tentang episode tersebut, Raisa menjelaskan kalau Hari Kemerdekaan mengingatkannya untuk terus melihat kembali sejarah dan menghormati perjuangan para pahlawan.

“Dalam episode “Dear Dearest”, aku akan membacakan surat yang aku dedikasikan untuk para pahlawan musik. Banyak di antara mereka yang merintis perkembangan industri musik Indonesia, termasuk Iwan Fals, Titi DJ, dan banyak lagi," ungkapnya.

Raisa juga berharap, semua musisi di Indonesia dapat terus berkarya dan menginspirasi pendengarnya.

"Musik Indonesia sangat kaya dan aku berharap musisi Indonesia bisa terus membuat karya-karya yang menginspirasi masyarakat untuk berkontribusi kepada negeri ini dengan caranya masing-masing.”

Dari Raisa Hingga Rossa, Deretan Seleb Ini Ramaikan 17-an di SpotifyDok. Spotify

Sebagai salah satu bintang muda Indonesia, Nadin Amizah, turut menjelaskan harapannya untuk Indonesia. Ia berharap, momen Hari Kemerdekaan ini bisa mengingatkan semua orang untuk tetap rendah hati dan selalu bersyukur.

“Menurutku, Hari Kemerdekaan adalah sebuah pengingat untuk menghargai mereka yang sudah memperjuangkan beribu hal untuk kita di masa lalu. Hal ini merendahkan hati kita untuk bersyukur dengan cara melanjutkan perjuangan mereka, walau mungkin dengan cara yang berbeda," ujarnya.

Nadin juga mengatakan sebagai musisi ia berharap musik bisa menyatukan segala perbedaan dan terus saling menghargai satu sama lain.

"Sebagai seorang musisi, aku bersyukur bisa belajar banyak hal dari para ikon musik Indonesia lainnya di usiaku yang sangat muda. Aku percaya musik adalah sebuah pengikat dan pemersatu bangsa dan aku berharap musik bisa merangkul kita untuk saling menghargai dan mencintai saudara sebangsa,” kata Nadin.

Wah, semakin penasaran bukan bagaimana serunya podcast mereka? Langsung saja dengarkan podcast-nya di Spotify dengan mengetik di kolom pencarian dengan keyword "Spesial 17-an". Selamat mendengarkan!

Baca Juga: Ada Pajak Digital, Biaya Langganan Netflix Hingga Spotify Bakal Naik

Baca Juga: Bebas Bosan #DiRumahAja, Dengarkan Podcast Terbaru Rilisan Spotify

Baca Juga: Penuh Kode, Cewek Ini Minta Putus Lewat Playlist Lagu Spotify