COVID Terus Bermutasi, Setelah Omicron Varian IHU Ditemukan di Prancis

Jadi, pandemi kapan selesainya, ya?

COVID Terus Bermutasi, Setelah Omicron Varian IHU Ditemukan di Prancis

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Beberapa hari belakangan jumlah kasus positif COVID-19 naik. Bahkan Wisma Atlet kembali diisi oleh pasien positif COVID. Jumlah yang terus naik kembali ini tak lepas dari varian Omicron yang sudah mulai banyak ditemukan di Jakarta. 

Bukan hanya di Indonesia, di dunia pun varian Omicron tengah menyebar dengan begitu cepat. Saking cepatnya, Amerika Serikat mencatat ada lebih dari satu juta kasus positif per hari di awal Januari 2022 ini. 

Belum selesai dengan varian Omicron, di Prancis ditemukan mutasi virus COVID baru yang diberi nama IHU. Sampai saat ini, sudah 12 orang yang dikabarkan terinfeksi IHU.

Pertama kali ditemukan di Prancis

COVID Terus Bermutasi, Setelah Omicron Varian IHU Ditemukan di Prancis

Vairan IHU pertama kali terdeteksi di Prancis. Seorang pria yang tinggal di bagian tenggara Prancis baru saja kembali dari perjalanannya ke Kamerun. Dua hari setelah tiba di Prancis, pria tersebut merasa sesak nafas dan demam ringan. 

Ia pun memeriksakan diri dan hasil tes laboratoriumnya menunjukan bahwa sampel nasofaringnya mengandung virus varian B.1.640.2 atau yang kemudian disebut dengan IHU. Padahal ia telah divaksinasi sebanyak dua kali.

Sejak varian itu ditemukan untuk pertama kalinya, 11 orang lainnya ditemukan mengalami infeksi varian yang sama.

Muncul bersamaan dengan Omicron?

Jika melihat waktu pertama kali ditemukannya, IHU dan Omicron bisa jadi muncul secara bersamaan. IHU pertama kali terdeteksi pada pertengahan November 2021 di Prancis. Sementara itu, Omicron pertama kali terdeteksi sekitar tanggal 19-23 November 2021 di Afrika Selatan. Namun, varian Omicron lebih mudah menyebar, sehingga kini Omicorn telah menjangkiti 89 negara per 29 Desember 2021.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here