Badai Meteor Langka Muncul 31 Mei 2022, Yuk Saksikan!

Pukul berapa kita bisa melihatnya?

Badai Meteor Langka Muncul 31 Mei 2022, Yuk Saksikan!

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Badai meteor didefinisikan sebagai meteor yang datang dari arah yang sama di langit dengan durasi tertentu. Waktu yang tepat untuk melihatnya ketika langit masih gelap di tempat yang jauh dari keramaian kota.

Ternyata, ada badai meteor langka yang akan mencapai puncaknya pada Selasa (31/5/2022) mendatang! Kapan dan di mana kita bisa melihatnya? Ketahui detailnya di sini!

1. Namanya Tau Herculids

Badai Meteor Langka Muncul 31 Mei 2022, Yuk Saksikan!

Badai meteor yang dimaksud ini disebut Tau Herculids. Mengutip Earth Sky, Tau Herculids berasal dari komet induk 73P/Schwassmann-Wachmann 3 atau SW3, yang ditemukan  para astronom pada 2 Mei 1930. Komet ini mengorbit matahari setiap 5,4 tahun.

Di tahun 1995, para astronom menyaksikan komet ini mulai "retak" dan mengotori orbitnya dengan puing-puing. Itulah yang dikenal sebagai Tau Herculids.

2. Kecepatannya memengaruhi kemunculannya

Menurut Bill Cooke, pemimpin Kantor Lingkungan Meteoroid NASA, badai meteor akan terjadi jika puing-puing komet SW3 melaju lebih dari 354 kilometer per jam.

Sebaliknya, jika puing-puing bergerak lebih lambat, maka tidak akan ada meteor yang bisa dilihat dari bumi. Tetapi, menurut kalkulasi ilmuwan, badai meteor Tau Herculids akan tampil singkat, namun intens!

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here