Bencana alam erupsi Gunung Semeru, 4 Desember 2021 lalu menyisakan duka yang begitu mendalam. Sebanyak 22 orang meninggal dunia, serta ratusan lainnya kehilangan tempat tinggal akibat awan panas yang menyapu wilayah sekitar gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut.

Melihat kondisi warga Lumajang, Kabupaten Malang, serta sekitar kawasan Gunung Semeru, banyak pihak tergerak hatinya. Mereka menggalang dana untuk korban bencana alam tersebut. 

Jika kamu ingin menyalurkan bantuanmu juga, deretan bantuan sosial ini bisa kamu pilih. Siapa saja yang menggalang dana untuk korban erupsi Gunung Semeru? Berikut daftarnya.

1. Ashanty

Bekerja sama dengan ACT Foundation, Ashanty menyalurkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru kemarin, Selasa, 7 Desember 2021. Ia tidak sendirian, Ashanty membawa nama perusahaan miliknya, AExpert untuk menyalurkan bantuannya tersebut.

Dalam kunjungannya memberikan bantuan kepada korban bencana alam, Ashanty tidak hanya memberikan uang. Ia juga memberikan masker, kacamata, serta makanan instan.

Bukan hanya ke wilayah yang terdampak erupsi Gunung Semeru, Ashanty juga berkunjung ke lokasi bencana banjir bandang di Dusun Sambong Tengah Gintung, Desa Bulukerto, Batu.

2. Atta Halilintar

Atta Halilintar juga membuka donasi untuk para korban erupsi Gunung Semeru, nih, Bela. Menggunakan platform Kitabisa.com, Atta menargetkan donasi sebesar Rp100 juta. Namun, dalam waktu singkat, donasi tersebut telah terkumpul. Atta pun menambahkannya lagi menjadi Rp500 juta yang akan ditutup dalam waktu 10 hari dari hari ini.

Jika kamu ingin berdonasi melalui Atta, kamu bisa mengklik situs yang ada di laman profil Instagram Atta Halilintar atau ke link https://kitabisa.com/campaign/hatibaikpedulisemeru.

3. Melanie Subono

Selanjutnya ada Melanie Subono yang membuka donasi untuk para korban erupsi Gunung Semeru. Melalui akun Instagram khusus kegiatan sosialnya, Melanie mengajak followers-nya untuk berbagi kepada sesama. 

Bukan hanya bantuan berupa uang tunai yang bisa kamu salurkan melalui platform KitaBisa.com, kamu bisa menyumbangkan barang berupa pakaian, masker, obat tetes mata, hingga popok bayi.

Untuk menyalurkan bantuan, kamu bisa mengakses informasi lebih lengkapnya di akun Instagram @RumahHarapanMelanie.

4. Jonatan Christie

Ada Atta Halilintar, Ini Daftar Bansos Peduli Erupsi Semeru TerpercayaInstagram.com/jonatanchristieofficial

Meski tengah disibukkan dengan berbagai pertandingan, namun tak membuat Jonatan Christie atau yang akrab disapa Jojo untuk menggalang dana bagi korban Gunung Semeru. Melalui platform KitaBisa.com, Jojo menargetkan dana yang terkumpul sampai Rp350 juta untuk membantu korban erupsi di wilayah Lumajang dan Kabupaten Malang.

Penggalangan dana yang dibuat oleh Jojo dapat kamu akses melalui situs berikut ini https://kitabisa.com/campaign/bantuwargasemerubangkit.

5. IDN Media

Terakhir, kamu bisa menyalurkan bantuanmu kepada korban erupsi Gunung Semeru melalui IDN Media. Seluruh dana yang terkumpul melalui IDN Media ini nantinya akan disalurkan untuk pengadaan makanan, sembako, obat-obatan, serta keperluan ibu dan anak.

Kamu bisa menyalurkan bantuan dengan mengakses situs berikut ini https://kitabisa.com/campaign/kitaidnbantusemeru.

Itulah tadi daftar penggalangan dana yang bisa kamu pilih untuk menyalurkan bantuanmu kepada korban erupsi Gunung Semeru. Sekecil apapun bantuanmu, sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

Baca Juga: Meninggal Berpelukan, Kisah Rumini dan Ibunya di Tengah Erupsi Semeru

Baca Juga: Erupsi Tadi Sore, Ini Kabar Kondisi Terkini Gunung Semeru

Baca Juga: Semeru Kembali Aktif, Ini Erupsi Gunung yang Mengubah Peradaban Dunia