Sejak kemunculannya sebagai keluarga dengan sebelas anak dan berpindah-pindah dari satu negara ke negara lainnya, keluarga Gen Halilintar seolah tak pernah sepi dari sorotan. Setiap hal yang mereka lakukan selalu mengundang perhatian dan bahkan tak jarang menimbulkan kontroversi.

Bukan lagi Atta Halilintar atau Saaih Halilintar, kini giliran sang ayah, Anofial Asmid Halilintar yang menjadi sorotan media. Setidaknya ada empat kontroversi yang beredar soal ayah Halilintar ini. Apa saja?

1. Dituduh menelantarkan anak

4 Kontroversi Ayah Gen Halilintar yang Menghebohkan PublikInstagram.com/Halilintarasmid

Pada bulan Oktober 2019, seorang perempuan bernama Happy Hariadi melaporkan Anofial Asmid Halilintar alias Ayah Halilintar, ke Polres Jakarta Selatan dengan tuduhan penelantaran anak. Karena tidak mendapat respon baik dan Ayah Halilintar tidak kooperatif, Happy melaporkan kembali ke Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) pada bulan November 2019.

Diketahui selain sebelas anak-anak yang dikenal dengan nama Gen Halilintar, Asmid memiliki anak perempuan lain bernama Mubarokah. Mubarokah merupakan anak dari Anofial dengan Happy, istri keduanya yang dinikahinya pada tahun 1998.

2. Poligami dengan istri lebih dari dua orang

4 Kontroversi Ayah Gen Halilintar yang Menghebohkan PublikInstagram.com/Halilintarasmid

Laporan yang dibuat Happy menguak fakta lain. Happy mengaku pernah menikah secara resmi dengan Asmid pada tahun 1998 dan bercerai di tahun 2006. Happy mengatakan setelah mereka bercerai, Asmid seolah menyembunyikan anak mereka. Bahkan Asmid dituduh menelantarkan Mubarokah selama 16 tahun.

Hal lain yang mengejutkan adalah kabarnya Asmid berpoligami bukan hanya dengan dua istri, melainkan tiga orang. Namun, kabar ini masih simpang siur.

3. Pernah ikut terlibat pengajian yang diduga ajaran sesat

Pada tahun 2018, sebuah akun Twitter mengungkapkan kalau Ayah Halilintar pernah terlibat pengajian yang diduga ajaran sesat Darul Arqam yang berlokasi di Malaysia. Ayah Halilintar merupakan perwakilan dari Indonesia.

Bahkan lewat pengajian ini pula, Ayah Halilintar pernah menerbitkan dua buku yang berjudul Pengembaraan Sang Duta dan Jejak Langkah Sang Duta.

4. Dituduh menggelapkan uang hingga ratusan juta

4 Kontroversi Ayah Gen Halilintar yang Menghebohkan PublikInstagram.com/Halilintarasmid

Terakhir di tanggal 30 Agustus 2020 kemarin, sebuah akun Facebook dengan nama Ummi Afif Piliang mengatakan kalau ia pernah ditipu oleh Asmid dan Lenggogeni Faruk yang menyebabkan kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Ummi Afif mengatakan ia ditipu hingga 40 ribu Euro atau setara dengan Rp700 juta. Akun tersebut juga melampirkan foto-foto masa lalu Asmid dan Geni Faruk sebelum terkenal menjadi YouTuber seperti saat ini.

Itulah beberapa kontroversi Ayah Gen Halilintar yang menghebohkan publik. Ternyata banyak juga ya, kontroversi yang dialami oleh keluarga Halilintar ini. Semoga masalah yang mereka alami bisa segera terselesaikan dengan baik. 

Baca Juga: Ayah Atta Halilintar Disebut Poligami & Telantarkan Anak, Ini Faktanya

Baca Juga: Disebut Penipu Licik, Ini 3 Pekerjaan Orangtua Atta Halilintar

Baca Juga: Intip 7 Adu Penampilan Ibu Aurel Hermansyah vs Ibu Atta Halilintar