Kenalan dengan Bitcoin, Mata Uang Digital yang Naik Pamor

Punya nilai tukar hingga milyaran rupiah

Kenalan dengan Bitcoin, Mata Uang Digital yang Naik Pamor

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Tesla Inc, sebuah perusahaan mobil di Amerika Serikat, mengumumkan bahwa untuk pembelian mobil produksi perusahaan tersebut sudah dapat menggunakan Bitcoin. Hal itu disampaikan langsung oleh sang CEO, Elon Musk melalui cuitan di akun sosial medianya pada 25 Maret lalu.

Mengutip dari laman resmi jual-beli Bitcoin di Indonesia, Bitcoin.co.id, transaksi dengan Bitcoin bisa dilakukan dan dilindungi. Namun sebenarnya apa, sih, Bitcoin itu? Agar makin jelas, yuk, simak penjabarannya berikut ini!

Mata uang digital

Kenalan dengan Bitcoin, Mata Uang Digital yang Naik Pamor

Bitcoin adalah salah satu jenis dari Cryptocurrency; mata uang digital atau virtual. Jadi Bitcoin bisa dikatakan sebagai versi digital dari uang tunai. Sama seperti kegunaan uang tunai, pemilik Bitcoin dapat memakai uang digital tersebut untuk bertransaksi baik membeli produk atau jasa.

Bitcoin diciptakan di atas teknologi blockchain, yaitu sistem database berupa rangkaian blok yang berisi informasi digital dengan beberapa karakter. Karakter tersebut diantaranya:

  1. Data identik disimpan di banyak server atau disebut juga nodes.
  2. Data tidak dapat diedit atau dihapus.
  3. Data hanya dapat ditambahkan.
  4. Blok yang satu terhubung dengan blok sebelum dan sesudahnya secara kriptografik.

Bitcoin pertama kali diciptakan pada tahun 2009 oleh Penemu Satoshi Nakamoto. Namun, nama tersebut ternyata hanya merupakan nama alias dan sampai saat ini belum diketahui identitas asli dari nama tersebut.

Miliki nilai tukar tembus milyaran rupiah

Kini nilai tukar dari satu keping Bitcoin mencapai 916 juta rupiah. Nilai tersebut diprediksi akan semakin menguat. Karena nilainya yang berharga tersebut, Bitcoin harus disimpan dalam dompet yang aman dan efisien. Pastinya bukan seperti dompet biasa kamu di tas, ya. Dompet yang dipakai juga merupakan dompet digital atau dompet aset kripto.

Ada beberapa macam dompet Bitcoin yang bisa kamu pasang di laptop/pc, tablet, maupun smartphone. Layanan transaksi Bitcoin juga sudah bisa kamu lakukan melalui Paypal. Dalam transaksi Bitcoin, alamat Bitcoin menjadi hal wajib dan penting diketahui. alamat tersebut ibarat tanda pengenal sekaligus tempat untuk bisa menerima maupun mengirimkan Bitcoin.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here