5 Planet Akan Sejajar 24 Juni Besok, Ini Cara Terbaik Untuk Lihat

Catat jadwalnya, ya, Bela!

5 Planet Akan Sejajar 24 Juni Besok, Ini Cara Terbaik Untuk Lihat

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Fenomena langit yang langka akan nampak pada Kamis (24/6/2022) besok. Kali ini 5 planet di tata surya bersama dengan Bulan akan sejajar atau dalam satu garis yang sama. Fenomena ini disebut sebagai konjungsi kuintet atau konjungsi multiplanet.

Lima planet yang akan sejajar itu beraturan sesuai dengan urutan mereka mengelilingi Matahari, yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Lantas berapa lama fenomena berlangsung dan bagaimana cara melihatnya? Berikut selengkapnya!

Jadwal parade planet

5 Planet Akan Sejajar 24 Juni Besok, Ini Cara Terbaik Untuk Lihat

Parade planet yang langka ini berlangsung pada 23-27 Juni, dan formasi sejajar dari kelima planet dan Bulan akan tampak paling sempurna pada 23-24 Juni. Mengutip Sky and Telescope, kamu bisa menyaksikan fenomena deretan lima planet beserta Bulan selama satu jam. Berikut jadwal penampakan para planet yang sejajar.

1. Bulan

Bulan akan melengkapi urutannya di konjungsi mulai 18 Juni. Ia akan berada di enam derajat sebelah kanan lebih rendah dari Saturnus. Mengutip space.com, di fase ini bulan akan tampak terang pada sebagian besarnya (gibbous moon) dan beberapa bagian lainnya akan terlihat gelap. Pada 21 Juni, Bulan akan berpindah 5 derajat lebih rendah di sebelah kanan.

Pada fase ini, Bulan akan tampak setengahnya. Kita juga bisa melihat satelit milik Jupiter yakni bulan Galilea (Galilean Moons). Berbeda dengan Bumi, Jupiter memiliki empat bulan sebagai satelit. Sehari berikutnya, Bulan kembali bergerak 5 derajat ke sebelah kanan Mars.

Pada 23-25 Juni, bulan sabit akan muncul di antara Mars dan Venus. Bulan akan terus melengkapi deretan lima planet tersebut hingga akhirnya menemani Merkurius pada 27 Juni. Saat terbaik untuk melihat deretan Bulan beserta lima planet tersebut ada pada Jumat (24/6/2022).

Setelah tanggal 27 Juni, Bulan akan hilang dari deretan lima planet tersebut. Demikian dikatakan, Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang.

"Fenomena ini sampai 30 Juni. Yang tanggal 19-27 Juni disertai dengan Bulan. Kalau dari tanggal 4-19 dan 28-30 Juni tanpa kehadiran bulan," kata Andi.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here

‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌