Melansir dari Guardian, organisasi kesehatan dunia, WHO mengingatkan untuk kita lebih waspada saat melakukan kontak dengan beberapa benda yang disinyalir dapat menularkan Covid-19. 

Meskipun risikonya tergolong kecil, bertindak tetap waspada tentu tidak ada salahnya, ya. Lalu, benda apa saja ya yang diwaspadai dapat menularkan Covid-19 ini? Perhatikan ulasannya di bawah ini, yuk!

1. Uang

Waspada! 9 Benda Ini Berisiko Tularkan Virus Coronaunsplash.com/Josh Appel

Saat melakukan transaksi tunai, kita tidak bisa terhindar dari menyentuh uang, ya. Sayangnya, uang yang berasal dari tangan ke tangan ini punya risiko besar menjadi tempat bersarangnya kuman dan virus. 

"Kami tahu uang sering berpindah tangan sehingga bisa terpapar bakteri dan virus," jelas juru bicara WHO dilansir Guardian. 

Untuk meminimalkan risikonya, segera cuci tanganmu atau gunakan hand sanitizer. Kamu juga bisa memilih untuk bertransaksi secara cashless dengan menggunakan kartu atau dompet digital. 

2. Toilet

Waspada! 9 Benda Ini Berisiko Tularkan Virus Coronapexels.com/ Tim Mossholder

Salah satu cara penyebaran virus corona adalah melalui cairan atau tetesan. Di dalam toilet, biasanya orang-orang akan membuang atau membersihkan cairan dari tubuhnya. 

Jadi, pastikan kamu membersihkan tempat duduk di toiletmu sebelum menggunakannya. Jangan lupa juga untuk mencuci tanganmu setelah selesai menggunakan toilet. 

3. Mesin ATM

Waspada! 9 Benda Ini Berisiko Tularkan Virus CoronaMalwarebytes.com

ATM adalah fasilitas umum yang banyak digunakan. Orang-orang silih-berganti menekan tombol-tombol di mesin ATM. Jadi, mesin ATM juga berpotensi menjadi sarang kuman dan virus. 

"Jika anda menarik uang dari mesin, benda itu juga pasti sudah disentuh oleh banyak orang," ingat Haas. 

4. Telepon Kantor

Waspada! 9 Benda Ini Berisiko Tularkan Virus CoronaDok. Internet

Benda yang juga sering digunakan bersama secara bergantian adala telepon kantor. Tidak ada yang bisa menjamin apakah seluruh karyawan di kantormu menjaga kebersihan tangannya. Jadi, ada baiknya mengurangi kontak langsung antara telepon kantor dengan tangan atau kamu bisa memili untuk membersihkan tanganmu setelah menggunakannya. 

5. Dapur Kantor

Waspada! 9 Benda Ini Berisiko Tularkan Virus CoronaDokoruma.com

Dapur kantor juga menjadi tempat di mana banyak orang datang dan menggunakan peralatan dapur. Entah untuk menghangatkan makanan, sampai membuat kopi. Jadi, berbagai kuman dan virus juga bisa bersarang di sana.

6. Gagang Pintu

Waspada! 9 Benda Ini Berisiko Tularkan Virus CoronaTelegraph.com

Gagang pintu mungkin keliatannya adalah hal yang sepele, tapi tidak dengan kuman dan virus yang bersarang di sana. Baik kamu, ataupun orang lain bisa secara bergantian menyentuhnya. 

7. Rumah Sakit

Waspada! 9 Benda Ini Berisiko Tularkan Virus CoronaHealtcare.com

Jika berkunjung ke rumah sakit, kamu juga tetap harus memperhatikan kebersihan dirimu. Misalnya saja, saat berjabat tangan dengan tenaga medis disana. Menurut Haas, berjabat tangan, adalah rute penularan yang sering terjadi di rumah sakit.

"Itulah alasan tenaga medis harusnya sering membersihkan tangan mereka," jelasnya.

Jadi, segera bersihkan tanganmu setelah berkontak langsung dengan orang-orang di rumah sakit, ya!

8. Berjabat Tangan

Waspada! 9 Benda Ini Berisiko Tularkan Virus CoronaFoxnews.com

Meski kelihatannya sepele, berjabat tangan dengan orang lain juga bisa menjadi media penularan kuman dan virus, lho! Jadi, ada baiknya untuk kamu mengurangi intensitas kontak fisik melalui jabat tangan dengan orang lain. Kamu juga bisa memilih untuk rajin membersihkan tanganmu, ya!

9. Kursi Pesawat

Waspada! 9 Benda Ini Berisiko Tularkan Virus CoronaDok, Internet

Kursi dalam pesawat juga bisa diwaspadai sebagai media penularan covid-19, terutama pada pesawat rute internasional. Christine menjelaskan, perjalanan internasional menjadi faktor atau risiko penularan Covid-19.

Jadi, akan lebih baik untuk membersihkan kursi sebelum lepas landas atau diduduki, ya!

Meskipun covid-19 bisa ditularkan melalui benda mati, beruntungnya kemungkinan penularannya pada manusia sangat rendah.

"Jumlah virus yang berpotensi pada sebuah benda biasanya sangat kecil," ujar Christine Tait Burkard, Ahli Infeksi dan Kekebalan di Institut Roslin Universitas Edinburgh.

Christine mengatakan, tidak banyak virus corona yang bisa menempel di tangan dari benda mati. Kemungkinan terbesarnya masih melalui cairan atau tetesan dari si pengidap yang terpapar masuk ke dalam mata, hidung, dan mulut orang lain.

Tetapi meski resikonya rendah, tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan ya, Bela!

Itulah benda-benda yang berisiko tularkan virus corona. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : 

Jangan Asal, Begini Tahapan Mencuci Tangan Yang Benar  

7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Virus Corona 

Menurut WHO, Ini 7 Cara Efektif Hindari Penyebaran Corona di Kantor