Telan 1 Korban Jiwa, Ini 8 Fakta Mengejutkan Virus Baru, Hantavirus

Tingkat kematiannya 10 kali lipat dari COVID-19

Telan 1 Korban Jiwa, Ini 8 Fakta Mengejutkan Virus Baru, Hantavirus

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Belum usai dengan pandemi virus corona, kini Tiongkok harus dihadapkan dengan virus baru, yaitu Hantavirus. Virus yang berasal dari hewan pengerat, tikus, ini bahkan telah memakan korban meninggal dunia. Lalu, bagaimana sebenarnya Hantavirus itu?

1. Telah Merenggut 1 Korban Jiwa di Tiongkok

Telan 1 Korban Jiwa, Ini 8 Fakta Mengejutkan Virus Baru, Hantavirus

Mengutip dari IDN Times, hanta virus ternyata sudah memakan korban jiwa di Tiongkok. Korban ini adalah seorang laki-laki asal Yunnan, Tiongkok. Setelah sebelumnya didiagnosis terjangkit hantavirus, pria ini kemudian meninggal dunia pada Selasa (24/3) kemarin. Melihat hal ini, 32 orang yang berada satu bus dengannya pun kemudian dicek kesehatannya.

2. Ditularkan Oleh Tikus

Virus yang bernama latin Hantavirus pulmonary syndrome (HPS) ini sebenarnya adalah virus yang berasal dari tikus dan termasuk dalam penyakit zoonosis. Virus ini bisa ditularkan melalui urine, air liur, dan kotoran tikus dan gigitan langsung.Di beberapa daerah yang masyarakatnya mengon sumsi daging tikus,  kebiasaan ini   patut diwaspadai karena hantavirus bisa menular melalui konsumsi daging tikus ini. 

Ada pula hantavirus jenis Hantaan (HTNV) dengan tingkat kematian (Case Fatality Rate/CFR) sebesar 10% dari yang positif terjangkit, jenis Seoul (SEOV) dengan tingkat kematian sebesar 1-2%, dan Puumala  (PUUV) dengan tingkat kematian terendah yakni sebesar 0,1%.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here