Sinar UV Tak Efektif Bunuh Virus Corona, Ini Alasannya!

Tapi tetap rajin berjemur untuk dapat vitamin D, ya...

Sinar UV Tak Efektif Bunuh Virus Corona, Ini Alasannya!

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Baru-baru ini, sebuah studi dari sebuah perguruan tinggi di Thailand membuat heboh masyarakat yang saat ini sedang panik menghadapi pandemi corona. Ya, mereka dikabarkan telah membuat terowongan yang disinari oleh sinar UV, yang bertujuan untuk membuat para mahasiswanya dapat terdisinfeksi dari virus corona.  

Lalu, apa benar sinar UV dapat membunuh virus corona? 

1. Kenali dulu sifat-sifat sinar UV

Sinar UV Tak Efektif Bunuh Virus Corona, Ini Alasannya!

Sinar matahari mengandung tiga jenis UV, yaitu UVA, UVB, dan UVC. 

UVA 
Pertama ada UVA. Sinar inilah yang membentuk sebagian besar radiasi ultraviolet yang mencapai permukaan bumi. UVA Ini mampu menembus jauh ke dalam jaringan kulit dan dapat menyebabkan risiko penuaan kulit hingga 80%. Hasilnya, kulit kita bisa kehilangan elastisitasnya atau keriput, juga mengundang munculnya bintik hitam pada kulit. 

UVB 
Selanjutnya ada UVB yang dapat merusak DNA di kulit kita. Sinar UVB juga bisa menyebabkan kulitmu terbakar bahkan meningkatkan risiko kanker kulit. Meskipun begitu, penggunaan sunscreen dapat menjadi perisai dalam menangkal sinar UVA dan UVB.

UVC 
Sinar UVC terdiri dari panjang gelombang cahaya yang lebih pendek dan lebih energik. Sinar ini sangat baik dalam menghancurkan struktur genetik, baik pada manusia atau partikel virus. Untungnya, sinar UVC tidak mudah terpapar pada kulit manusia. Itu karena UVC disaring oleh ozon di atmosfer jauh sebelum sinar itu mencapai kulit kita yang rapuh. 

2. Peneliti telah memanfaatkan UVC untuk membunuh mikroorganisme, termasuk virus.

Sejak penemuan pada tahun 1878, UVC telah diproduksi secara artifisial dan menjadi metode sterilisasi utama yang digunakan rumah sakit, pesawat terbang, kantor, dan hingga pabrik. Sinar UVC ini juga penting dalam proses sanitasi air minum, karena sinar ini akan memberikan kegagalan fungsi parasit terhadap desinfektan kimia seperti klorin.  

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here